Seputar Pengobatan Alami Asma Menurut Dokter Ahli

Seputar Pengobatan Alami Asma Menurut Dokter Ahli

Pengobatan secara alami untuk asma menjadi trend akhir-akhir ini dengan alasan karena biaya pengobatan medis yang yang mahal. Mungkin Anda akan melakukan apa saja untuk mengobati asma, cari tahu apa pendapat para ahli tentang masalah ini.

Ketergantungan pada obat-obatan memang menyiksa Anda. Jika Anda sedang mencari cara alami untuk pengobatan asma atau sedang mencari cara alternatif untuk memperbaiki gejala asma Anda, Anda mungkin perlu berpikir dua kali tentang penggunaan obat alami untuk asma Anda.

Sebelum Anda berfikir untuk ke toko herbal, pastikan bahwa Anda mempertimbangkan, karena syarat sebuah obat tidak hanya efektif, tapi juga aman bagi tubuh Anda sendiri.

Apakah Pengobatan Alami Untuk Asma Bisa Bekerja Baik?

Sejumlah orang penderita asma mencari pengobatan alternatif untuk meningkatkan kontrol gejala asma mereka.

“Banyak orang menggunakan obat alternatif, terutama untuk penyakit alergi,” kata Dr. Anju Peters, MD, profesor dan spesialis alergi dan asma di Northwestern Memorial, rumah sakit Chicago.

” Bahkan, sebanyak 40 persen orang dengan penyakit alergi akan mencoba dan mencari pengobatan alternatif. Kebanyakan orang menggunakannya dalam hubungannya dengan pengobatan tradisional.”

” Banyak bukti dari penelitian terkait pengobatan alami menunjukkan manfaat sebagai anti-inflamasi pada hewan, tapi sayangnya, pengobatan alami tersebut belum tentu menjadi efektif ketika diaplikasikan untuk orang-orang dalam beberapa studi,” Kata Dokter Peter.

Pengobatan Alami Asma Dengan Mandi Uap

Sementara, mandi uap hangat sering digunakan untuk membantu meringankan hidung tersumbat dan iritasi saluran napas yang berhubungan dengan asma.

Peters menunjukkan bahwa tidak pernah ada penelitian yang membuktikan bahwa pengobatan asma dengan mandi uap membantu memperbaiki gejala asma.

Sangat penting untuk memahami bahwa “itu bukan obat untuk asma,” kata Peter.

Meski begitu, hanya karena beberapa penelitian belum menetapkan manfaat yang pasti, namun bukan berarti bahwa mandi uap tidak memberi bermanfaat bagi beberapa pasien Asma.

Peters mengatakan ” Mandi uap dapat meredakan beberapa gejala karena memberikan kelembaban dan kehangatan di saluran pernafasan, tapi mandi uap bukan obat asma”

Studi tentang solusi alami untuk asma

Sejumlah herbal telah disebut-sebut sebagai solusi alami untuk asma, tetapi Peters menunjukkan bahwa orang harus waspada sebelum menggunakan perawatan ini.

Beberapa manfaat pengobatan alami dan risiko efek samping yang terkait, antara lain:

1. Bawang putih.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengelola berbagai penyakit, khususnya penyakit kardiovaskular, karena sifat anti-inflamasi.

Asma adalah penyakit inflamasi, akan masuk akal bahwa bawang putih juga dapat membantu meringankan gejala asma.

Dr. Peters memperingatkan, bagaimanapun, bahwa pernah ada studi kontrol yang menyelidiki efek dari bawang putih pada gejala asma, namun perannya dalam pengobatan asma tidak diketahui, hingga saat ini sedang dipelajari.

2. Jahe.

Jahe juga bisa mengurangi peradangan. Sebuah studi baru-baru ini memang menunjukkan bahwa suplemen jahe dikaitkan dengan perbaikan gejala asma.

Namun, studi ini tidak menunjukkan bahwa penggunaan jahe bisa memperbaiki fungsi paru-paru secara nyata.

Akibatnya, Dr. Peters memperingatkan terhadap penelitian ini untuk menarik kembali kesimpulan yang dibuat terkait penggunaan jahe sebagai pengobatan alternatif untuk asma.

3. Kunyit.

Kunyit telah menjadi subyek dari sejumlah studi dan telah ditemukan memiliki beberapa sifat anti-alergi.

Namun, kunyit memiliki efek samping pada histamines yang dapat menyebabkan peradangan.

4. Madu.

Madu adalah solusi alami untuk batuk dan demam, digunakan untuk membantu tenggorokan teriritasi dan menenangkan batuk.

Banyak orang dengan asma mencoba mencampur madu dengan minuman panas atau bawang putih.

Tapi sekali lagi, Dr. Peters mencatat bahwa tidak ada studi untuk mendukung penggunaan madu sebagai pengobatan alternatif untuk gejala asma.

5. Omega-3.

Asam lemak omega-3 yang sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung.

Meskipun ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan saluran napas dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Namun, masih ada banyak yang tidak diketahui tentang peran mereka dalam pengobatan asma. “Ada beberapa literatur mengatakan bahwa minyak ikan bermanfaat dalam penderita asma,” tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan,”Kata Dr. Peters memperingatkan.

Apakah Solusi Alami Untuk Asma Itu Aman

” Kami tidak tahu banyak tentang kemungkinan efek samping dari solusi pengobatan alami tersebut, mencari aman itu lebih baik daripada menyesal.

Kami tidak ada cukup data secara rutin dari pasien yang menggunakan solusi alami. Meski banyak pilihan pengobatan alami yang bisa ditoleransi dengan baik, mungkin masih ada efek samping jangka panjang yang belum banyak diketahui.

Banyak dari suplemen alami, belum dipelajari dengan baik, namun berpotensi menyebabkan kerugian.

Jika Anda akan mencoba cara alami untuk mengobati asma Anda, berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu. Sangat penting untuk diingat bahwa “solusi alami” tidak selalu berarti bahwa itu aman untuk Anda,” terang Dr. Peter, seorang ahli alergi dan asma, di RS Chicago.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Obat Metformin HCL Merk pasaran: Glucophage. Nama generik: metformin. Apa manfaat obat metformin? Bagaimana cara kerja obat metformin? Apa saja efek sampingnya? Apa saja gejala jika overdosis metformin? Metformin adalah obat diabetes untuk mengontrol […]
  • Benarkah Penyakit Asma Adalah Resiko Seumur Hidup? Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh SKRT atau Survey Kesehatan Rumah Tangga, mulai dari tahun 1986 sampai dengan 1995, insiden penyakit asma di Indonesia semakin meningkat dan masuk dalam sepuluh besar penyebab kesakitan dan […]
  • Penyakit Alzheimer Usia Remaja 20 an Kebanyakan orang muda tidak terlalu banyak perhatian terhadap risiko Alzheimer karena mereka menganggap bahwa itu adalah penyakit umum yang menyerang orang tua. Namun, penelitian terbaru telah menemukan bahwa protein amyloid, penyebab […]
  • 7 Cara Mencegah Asma Pada Bayi Baru Lahir Ada kabar baik bahwa ibu hamil penderita asma tidak meningkatkan kesempatan untuk memiliki bayi cacat lahir atau memiliki penyakit asma. Banyak studi menunjukkan bahwa asma dapat dikontrol dengan obat-obatan selama kehamilan dengan […]
  • Definisi Penyakit Asma Menurut WHO Menurut organisasi kesehatan dunia - WHO dan para ahli, penyakit Asma adalah penyakit paru-paru kronis (jangka panjang) yang mempersempit saluran udara pada pernafasan. Asma menyebabkan mengi berulang (suara siulan ketika Anda bernapas), […]