Apa Itu Biopsi Kanker Payudara? Bagaimana Caranya?

Biopsi Kanker Payudara dilakukan jika dokter mencurigai adanya benjolan selama pemeriksaan payudara rutin baik skrining mammogram atau USG. Jika itu terjadi, tim dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan biopsi.

Dokter mengambil sel atau sampel jaringan mammae dari daerah yang dicurigai seperti benjolan untuk diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui dengan pasti ada atau tidaknya sel-sel kanker mammae.

Prosedur biopsi kanker payudara

Prosedur dan proses biopsi kanker payudara bergantung pada:

– Adanya benjolan atau adanya area mencurigakan
– Dimana letak benjolan
– Jika ada lebih dari satu area yang abnormal
– Jika Anda memiliki masalah medis lainnya
– Itu memang keinginan Anda

Ada tiga jenis biopsi untuk kanker payudara, nomor 2 & 3 adalah yang paling umum digunakan pada biopsi kanker payudara, yaitu:

  • Aspirasi jarum halus

Biopsi aspirasi jarum halus dipilih saat benjolan berisi cairan seperti kista. Jika benjolan itu mudah dijangkau atau jika dokter menduga bahwa itu adalah kista payudara, dokter mungkin memilih untuk melakukan aspirasi jarum halus (FNA – fine-needle aspiration)

  • Biopsi jarum inti

Biopsi jarum inti adalah prosedur untuk menghilangkan sejumlah kecil jaringan (kanker) yang mencurigakan. Selama prosedur, dokter memasukkan penanda untuk menandai lokasi biopsi. Penanda dimaksudkan untuk memudahkan dokter bedah untuk menemukan area kanker.

  • Biopsi bedah

Biopsi bedah juga dikenal sebagai biopsi terbuka atau operasi lumpektomi. Selama prosedur biopsi bedah, Dokter membuat potongan satu sampai dua inci bagian benjolan payudara yang dicurigai yang dikenal sebagai “margin.”

Jika benjolan tersebut hanya bisa dilihat pada mammogram atau ultrasound, ahli radiologi dapat memasukkan kawat tipis untuk menandai titik yang mencurigakan sebelum melakukan biopsi. Penanda biasanya ditempatkan secara internal di lokasi biopsi pada akhir prosedur.

Bagaimana hasil biopsi kanker payudara?

Jika tidak ada sel kanker yang ditemukan, hasil biopsi akan menunjukkan bahwa itu sel-sel non-kanker, mungkin itu tumor saja. Namun, beberapa jenis tindak lanjut atau perawatan mungkin masih diperlukan, seperti yang direkomendasikan oleh profesional kesehatan.

Jika ada sel kanker ditemukan, hasil laporan tersebut akan memberikan informasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Laporan patologi hasil biopsi kanker payudara butuh waktu satu atau dua minggu. Bagi pasien, menunggu hasil adalah tantangan. Dokter akan membahas laporan ini bersama Anda. Jika perlu, diskusikan juga tentang pilihan pengobatan breast cancer.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Bagaimana Prosedur USG Kanker Payudara Apa itu USG kanker payudara? USG kanker payudara adalah pemindaian jaringan menggunakan alat yang mengandung gelombang suara. Gelombang suara diolah oleh komputer menjadi sebuah gambar yang disebut sonogram. Bila ada situs yang […]
  • Apa Itu Tes Status HER2? Tes status HER2 Kanker Payudara adalah sebuah uji laboratorium untuk mencari jenis protein tertentu yang ditemukan pada beberapa jenis sel kanker dan gen yang menghasilkannya. HER2 kependekan dari Human Epidermal Growth Factor […]
  • Mengapa Saya Harus Menjalani Skrining Kanker Payudara – Mammografi? Skrining kanker payudara atau Mammografi adalah cara terbaik untuk melawan kanker payudara karena bisa mendeteksi penyakit pada tahap awal. Penelitian telah menunjukkan bahwa skrining mamografi dapat meningkatkan kelangsungan hidup […]
  • Kenapa Saya Harus Uji Reseptor Hormon? Apa Alasannya? Apa itu uji reseptor hormon? Uji reseptor hormon adalah sebuah tes untuk menguji apakah hormon estrogen dan progesteron (positif atau negatif) sebagai pemicu kanker payudara. Pengujian reseptor hormon umumnya direkomendasikan untuk […]
  • Scan MRI Untuk Diagnosa Kanker Payudara MRI kanker payudara (magnetic resonance imaging) adalah tes yang bukan untuk membedakan tumor jinak (non-kanker) atau ganas (kanker), namun untuk melengkapi hasil biopsi payudara. Karena kadang hasil positif palsu, melakukan tes MRI ini […]