Apa Itu Biopsi Kanker Payudara? Bagaimana Caranya?

Biopsi Kanker Payudara dilakukan jika dokter mencurigai adanya benjolan selama pemeriksaan payu*dar* rutin baik skrining mammogram atau USG. Jika itu terjadi, tim dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan biopsi.

Dokter mengambil sel atau sampel jaringan mammae dari daerah yang dicurigai seperti benjolan untuk diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui dengan pasti ada atau tidaknya sel-sel kanker mammae.

Prosedur biopsi breast cancer

Prosedur dan proses biopsi breast cancer bergantung pada:

– Adanya benjolan atau adanya area mencurigakan
– Dimana letak benjolan
– Jika ada lebih dari satu area yang abnormal
– Jika Anda memiliki masalah medis lainnya
– Itu memang keinginan Anda

Ada tiga jenis biopsi untuk breast cancer, nomor 2 & 3 adalah yang paling umum digunakan pada biopsi breast cancer, yaitu:

  • Aspirasi jarum halus

Biopsi aspirasi jarum halus dipilih saat benjolan berisi cairan seperti kista. Jika benjolan itu mudah dijangkau atau jika dokter menduga bahwa itu adalah kista payu*dar*, dokter mungkin memilih untuk melakukan aspirasi jarum halus (FNA – fine-needle aspiration)

  • Biopsi jarum inti

Biopsi jarum inti adalah prosedur untuk menghilangkan sejumlah kecil jaringan (kanker) yang mencurigakan. Selama prosedur, dokter memasukkan penanda untuk menandai lokasi biopsi. Penanda dimaksudkan untuk memudahkan dokter bedah untuk menemukan area kanker.

  • Biopsi bedah

Biopsi bedah juga dikenal sebagai biopsi terbuka atau operasi lumpektomi. Selama prosedur biopsi bedah, Dokter membuat potongan satu sampai dua inci bagian benjolan payu*dar* yang dicurigai yang dikenal sebagai “margin.”

Jika benjolan tersebut hanya bisa dilihat pada mammogram atau ultrasound, ahli radiologi dapat memasukkan kawat tipis untuk menandai titik yang mencurigakan sebelum melakukan biopsi. Penanda biasanya ditempatkan secara internal di lokasi biopsi pada akhir prosedur.

Bagaimana hasil biopsi breast cancer?

Jika tidak ada sel kanker yang ditemukan, hasil biopsi akan menunjukkan bahwa itu sel-sel non-kanker, mungkin itu tumor saja. Namun, beberapa jenis tindak lanjut atau perawatan mungkin masih diperlukan, seperti yang direkomendasikan oleh profesional kesehatan.

Jika ada sel kanker ditemukan, hasil laporan tersebut akan memberikan informasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Laporan patologi hasil biopsi breast cancer butuh waktu satu atau dua minggu. Bagi pasien, menunggu hasil adalah tantangan. Dokter akan membahas laporan ini bersama Anda. Jika perlu, diskusikan juga tentang pilihan pengobatan breast cancer.

Apa Itu Biopsi Kanker Payudara? Bagaimana Caranya?
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: