Ektasia Duktus

Ektasia Duktus

Apa itu Ektasia Duktus? Ektasia duktus adalah salah satu jenis dari tumor payudara jinak yang tidak berbahaya (bukan kanker) akibat oleh perubahan normal yang terjadi seiring bertambahnya usia, atau adanya infeksi di saluran duktus.

Memiliki ektasia duktus tidak meningkatkan risiko terkena kanker payudara di masa depan. Namun, mengobati tetap menjadi bagian penting jika Anda melihat ada perubahan lainnnya.

Apa penyebab Ektasia Duktus?

Usia

Mammae terdiri dari lobulus (kelenjar penghasil susu) dan duktus (saluran yang membawa susu ke puting), yang dikelilingi oleh jaringan kelenjar, fibrosa dan lemak.

Saat usia wanita semakin tua dengan menopause (dari 35 tahun ke atas), duktus di belakang puting memendek dan melebar, membentuk benjolan.

Terkadang, cairan hasil sekresi mengumpul di duktus dan membuatnya melebar. Pelebaran ini bisa mengiritasi lapisan duktus, ditandai rasa sakit yang tidak biasa.

Infeksi

Ektasia Duktus juga bisa disebabkan adanya cairan kental atau encer melalui puting susu yang terinfeksi. Cairan bisa bervariasi dalam warna, dan kadang-kadang kuning, kadang merah karena bercampur darah.

Terkadang, benjolan berada di belakang puting susu. Ini karena jaringan di belakang puting susu sudah terinfeksi atau ada bekas luka.

Akhirnya, puting bisa menjadi terbalik (tertarik ke dalam) saat duktus memendek dan melebar.

Gejala Ektasia Duktus

Ada benjolan lunak di belakang puting susu disertai rasa nyeri atau sakit. Kadang, puting keluar cairan bening, kadang kental, kadang merah bercampur darah.

Diagnosa Ektasia Duktus

Kemungkinan Anda akan diarahkan ke klinik payudara untuk menjalani pemeriksaan mammogram (rontgen mamae) dan / atau USG (mengambil gambar saluran mammae menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi).

Jika Anda memiliki cairan becampur darah di puting susu akan diuji langkah lanjut seperti biopsi untuk membantu menegakkan diagnosisnya.

Pengobatan ektasia duktus

Sebagian besar kasus tumor jinak ektasia duktus tidak memerlukan perawatan karena ini adalah perubahan normal seiring penambahan usia dan munculnya gejala apapun akan sembuh sendiri.

Anda memiliki rasa sakit dan tidak bisa menahannya, obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol bisa diambil dengan petunjuk dokter.

Jika cairan terus keluar dari puting susu, bisa jadi pertanda ada yang tidak beres. Dokter biasanya menyarankan operasi untuk mengangkat hanya saluran atau duktus yang terinfeksi disebut prosedur mikrodoksibutomi; atau pengangkatan semua saluran duktus, disebut eksisi total saluran duktus.

Operasi dilakukan dengan anestesi umum, Anda mungkin akan menginap untuk beberapa hari. Jika ada luka kecil di dekat areola (area kulit gelap di sekitar puting susu) dengan jahitan diluar atau jahitan di dalamnya, dan dokter akan memberi bagaimana merawatnya setelah operasi

Anda akan diberi tahu tentang obat penghilang rasa sakit yang harus dikonsumsi setelah operasi, karena setelah operasi akan menyebabkab rasa sakit dan memar. Bekas operasi akan meninggalkan bekas luka yang akan memudar pada waktunya nanti

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kista Payudara Kista payudara adalah satu jenis tumor payudara jinak (bukan kanker) ditandai benjolan berisi cairan di salah satu atau kedua mammae, terjadi akibat perubahan hormonal normal seiring pertambahan usia. Mammae terdiri dari lobulus […]
  • Fibroadenoma Mammae Apa itu Fibroadenoma Mammae? Fibroadenoma mammae adalah tumor payudara jinak (non kanker) ditandai benjolan di mammae yang bisa bergerak saat disentuh, biasanya mempengaruhi wanita muda masa pubertas. Fibroadenoma mammae sering […]
  • Adenoma Prolaktinoma Apa itu Prolaktinoma? Prolaktinoma adalah tumor penghasil prolaktin di kelenjar pituitari. Yakinlah bahwa ini adalah tumor jinak, dan bukan tumor atau kanker otak Dokter menggunakan kata 'tumor', 'adenoma' atau 'growth' yang berarti […]
  • Ginekomastia Apa itu penyakit Ginekomastia? Ginekomastia adalah pembesaran jaringan payudara pria bersifat non kanker, menjangkit pada anak laki-laki dan remaja laki-laki, namun dapat mempengaruhi pria pada usia berapapun. Payudara bengkak pada […]
  • Papiloma Intraduktal Kanker payudara papiloma intraduktal adalah sekelompok tumor jinak pada payudara yang berasal dari epitel duktus lactiferous, sebuah sistem yang menghubungkan lobulus kelenjar susu dengan ujung puting susu. Jenis papiloma […]