Fibroadenoma Mammae

Fibroadenoma Mammae

Apa itu Fibroadenoma Mammae? Fibroadenoma mammae adalah tumor payudara jinak (non kanker) ditandai benjolan di mammae yang bisa bergerak saat disentuh, biasanya mempengaruhi wanita muda masa pubertas.

Fibroadenoma mammae sering berkembang selama pubertas wanita muda, tapi bisa terjadi juga pada wanita segala umur.

Apakah pria bisa menderita fibroadenoma

Ya, lelaki juga bisa menderita tumor payudara jinak fibroadenoma mamae, tapi ini sangat jarang. Pria lebih cenderung mengembangkan tumor ginekomastia (gynaecomastia) daripada fibroadenoma mammae

Apa Gejala fibroadenoma

Fibroadenoma mammae biasanya ditandai munculnya benjolan lentur seperti karet, mudah bergerak jika disentuh.

Fibroadenoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tapi kadang terasa sakit, terutama sesaat sebelum menstruasi.

Apa saja jenis-jenis fibroadenoma

1. Fibroadenoma simpel

Ciri-ciri: ukuran benjolan sekitar 1-3 cm, saat dilihat dengan mikroskop, fitur sel-sel fibroadenoma terlihat sama seluruhnya.

Simpel Fibroadenoma tidak meningkatkan risiko terkena breast cancer di masa depan.

2. Fibroadenoma Kompleks

Ciri-ciri: Saat ini terlihat dengan mikroskop, beberapa sel fibroadenoma kompleks memiliki fitur yang berbeda.

Menderita fibroadenoma kompleks bisa meningkatkan risiko terkena ca mammae di masa depan.

3. Fibroadenoma raksasa

Ciri-ciri: fibroadenoma raksasa dapat tumbuh lebih dari 5 cm Gadis remaja yang menderita Fibroadenoma raksasa disebut fibroadenomas remaja.

Penyebab tumor fibroadenoma

Diperkirakan, fibroadenoma terjadi karena kepekaan hormon estrogen meningkat. Namun, secara pasti, belum diketahui apa penyebab spesifik yang menyebabkan fibroadenoma.

Jaringan mammae terdiri dari lobulus (kelenjar penghasil susu) dan duktus (saluran susu) yang dikelilingi oleh jaringan kelenjar, fibrosa dan lemak.

Fibroadenoma berkembang dari lobulus. Kemudian, jaringan yang berada di atas lobulus akan membengkak, membentuk benjolan padat.

Fibroadenomas bisa bertambah besar selama kehamilan dan menyusui atau saat menjalani terapi sulih hormon (hormone replacement therapy / HRT), namun biasanya akan mengecil setelah itu selesai.

Diagnosa fibroadenoma

Diagnosa fibroadenoma mammae melibatkan tiga tahap pemeriksaan, yang dikenal sebagai ‘triple assessment’. 3 Penilaian ini terdiri dari:

  • pemeriksaan jaringan mammae
  • Pemindaian USG atau mammogram.
  • biopsi inti dan / atau aspirasi jarum halus (FNA – fine needle aspiration ).

Jika Anda berusia awal 20-an atau lebih muda, fibroadenoma didiagnosis dengan pemeriksaan mammae dan USG saja. Namun, jika tidak ada ketidakpastian diagnosis, uji biopsi inti atau FNA akan dilakukan.

Jika Anda berusia di atas 40 tahun, skrining mammogram diperlukan untuk menyelesaikan penilaian.

Pengobatan

Dalam kebanyakan kasus, fibroadenoma mamae tidak ada pengobatan khusus karena akan hilang sendiri. Namun jika bertambah besar atau ada perubahan, dokter akan merekomendasikan ke klinik payudara.

Terkadang, sebuah operasi yang disebut biopsi eksisi diperlukan untuk mengangkat fibroadenoma jika ukurannya membesar,seperti jenis fibroadenoma kompleks atau jenis fibroadenoma remaja. Prosedur bedah dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Dokter bedah menggunakan benang jahitan yang dapat menyatu dengan kulit, jadi tak perlu dilepas. Untuk jenis benang lain, maka perlu dilepas beberapa hari setelah operasi. Anda akan diberi informasi cukup tentang cara merawat luka setelah operasi, sebelum Anda meninggalkan rumah sakit.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Ektasia Duktus Apa itu Ektasia Duktus? Ektasia duktus adalah salah satu jenis dari tumor payudara jinak yang tidak berbahaya (bukan kanker) akibat oleh perubahan normal yang terjadi seiring bertambahnya usia, atau adanya infeksi di saluran duktus. […]
  • Ginekomastia Apa itu penyakit Ginekomastia? Ginekomastia adalah pembesaran jaringan payudara pria bersifat non kanker, menjangkit pada anak laki-laki dan remaja laki-laki, namun dapat mempengaruhi pria pada usia berapapun. Payudara bengkak pada […]
  • Adenoma Prolaktinoma Apa itu Prolaktinoma? Prolaktinoma adalah tumor penghasil prolaktin di kelenjar pituitari. Yakinlah bahwa ini adalah tumor jinak, dan bukan tumor atau kanker otak Dokter menggunakan kata 'tumor', 'adenoma' atau 'growth' yang berarti […]
  • Kista Payudara Kista payudara adalah satu jenis tumor payudara jinak (bukan kanker) ditandai benjolan berisi cairan di salah satu atau kedua mammae, terjadi akibat perubahan hormonal normal seiring pertambahan usia. Mammae terdiri dari lobulus […]
  • Papiloma Intraduktal Kanker payudara papiloma intraduktal adalah sekelompok tumor jinak pada payudara yang berasal dari epitel duktus lactiferous, sebuah sistem yang menghubungkan lobulus kelenjar susu dengan ujung puting susu. Jenis papiloma […]