Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Mammae / Apa Itu Kanker Payudara HER2 Positif?

Apa Itu Kanker Payudara HER2 Positif?

/
/
/
img
0
(0)

Tubuh manusia tersusun atas Gen yang mengatur perkembangan jutaan sel dalam tubuh. Setiap gen mengandung berbagai unsur protein untuk menjaga sel-sel tetap sehat dan berfungsi normal.

Beberapa perilaku gen dan protein dapat mempengaruhi bagaimana sel-sel menjadi berkembang tidak sewajarnya, dan berperilaku bagaimana ia merespons sebuah pengobatan tertentu.

Sebuah diagnosis kanker akan mengambil sampel jaringan untuk diuji, untuk melihat dan meneliti gen manakah yang normal dan mana yang abnormal. Gen HER2 (human epidermal growth factor receptor 2) adalah salah satu gen yang berperan dalam patologi kanker payudara.

Jika Anda mendapat diagnosis kanker payudara HER2 positif, laporan patologi akan memberi Anda informasi tentang status HER2. Status HER2 berarti memberi tahu apakah HER2 berperan dalam pengembangan kanker atau tidak.

Kadang, dokter menyebur Gen HER2 sebagai gen ERBB2 (Erb-B2 receptor tyrosine kinase 2), meskipun beda nama, namun bermakna sama. Salah satu fungsi Gen HER2 adalah membuat protein HER2. Protein HER2 adalah reseptor pada sel mammae.

Reseptor HER2 yang sehat dan normal akan menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu membantu mengendalikan bagaimana sel mamma sehat tumbuh, membelah, dan memperbaiki dirinya sendiri jika sakit.

Tetapi, pada penderita kanker payudara HER2 positif, sekitar 25% gen HER2 tidak bekerja dengan benar dan membuat terlalu banyak salinan dari dirinya sendiri, dikenal sebagai amplifikasi gen HER2.

Semua gen HER2 tambahan ini memberi tahu sel-sel mamma untuk memproduksi terlalu banyak reseptor HER2. Terlalu banyaknya reseptor yang diproduksi ini disebut overekspresi protein HER2.

Hal ini membuat sel mamma tumbuh dan membelah dengan cara yang tidak terkendali. Kanker payudara dengan amplifikasi gen HER2 atau overekspresi protein HER2 disebut kanker payudara HER2-positif.

Sel-sel pada kanker payudara HER2 positif cenderung tumbuh lebih cepat tumbuh dan lebih cenderung menyebar dan rekuren (berulang) dibandingkan dengan kanker payudara HER2-negatif.

Kemajuan teknologi sekarang telah membuat perubahan baru tentang pengobatan kanker payudara HER positif. Obat-obat terbaru itu termasuk: trastuzumab, pertuzumab, ado-trastuzumab emtansine, dll.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :