Apa Itu Kemoterapi CMF?

Apa Itu Kemoterapi CMF?

Obat Kemoterapi CMF adalah kombinasi dari tiga obat kemoterapi yaitu: cyclophosphamide, methotrexate dan 5 fluorouracil (5FU). Banyak rumah sakit kanker menyediakan kombinasi kemo CMF. Perawat kanker akan mengatur sesi kemoterapi

Apa manfaat obat kemoterapi CMF?

Kombinasi obat kemoterapi antara cyclophosphamide, methotrexate dan 5 fluorouracil untuk mengurangi risiko kanker payudara rekuren setelah pengobatan.

Kemoterapi CMF juga digunakan untuk mengobati kanker payudara primer – termasuk duktal karsinoma in situ dan lobular karsinoma in situ. Tipe kanker payudara yang belum menyebar di luar mammae atau kelenjar getah bening axila bawah ketiak

Kapan obat kemoterapi CMF digunakan

Kemo CMF biasanya diberikan beberapa minggu setelah operasi, yang dikenal sebagai terapi adjuvant (tambahan). Jika Anda ingin menjalani terapi radioterapi atau terapi hormon, program kemo CMF akan dijalani terlebih dahulu.

Obat-obatan ini diberikan sebagai infus intravena ke pembuluh darah di tangan atau lengan, walaupun kadang cyclophosphamide (siklofosfamid) dapat diberikan sebagai tablet oral.

Kemo CMF diberikan setiap tiga atau empat minggu, meski hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, Anda mungkin berada di rumah sakit lebih lama dari ini.

Siklus obat kemoterapi CMF

Anda mungkin memiliki empat atau enam siklus kemoterapi dalam rencana pengobatan empat sampai enam bulan. Jeda waktu per siklus kemo untuk memberi waktu tubuh pulih.

Bagaimana obat kemo CMF bekerja

Obat kemoterapi CMF (cyclophosphamide, methotrexate dan 5 fluorouracil) berfungsi mengganggu perkembangan sel kanker dan menghentikan sel kanker untuk membelah.

Efek samping obat kemo CMF dan solusinya

Semua pengobatan akan menyisakan efek samping. Jika Anda khawatir dengan efek samping obat kemoterapi CMF (cyclophosphamide, methotrexate dan 5 fluorouracil), bicarakan dengan dokter kemoterapi atau spesialis onkologi.

  • Efek pada darah

Kemo CMF mempengaruhi jumlah sel darah putih dan merah, menyebabkan anemia dan neutropenia.

Anda akan menjalani tes darah secara teratur untuk memeriksa jumlah darah Anda. Jika jumlah sel darah terlalu rendah, pengobatan sementara ditunda atau dosis obat kemoterapi dikurangi.

  • Rambut rontok

Anda mungkin kehilangan semua rambut kepala, namun akan tumbuh kembali setelah perawatan selesai. Rambut rontok akibat efek kemo lebih cenderung ketika Anda menjalani suntikan siklofosfamid ketimbang siklofosfamid oral.

  • Mual dan muntah

Obat anti-mual ke pembuluh darah Anda akan diberikan sebelum prosedur kemoterapi dimulai, dan Anda akan diberi obat untuk dibawa pulang guna mengurangi mual.

  • Sakit mulut, gusi dan perubahan indera perasa.

Anda akan diberi obat kumur untuk mengurangi sakit mulut dan gusi. Jaga kebersihan mulut selama dan setelah perawatan.

Jika Anda memerlukan perawatan gigi selama kemoterapi, berbicara dengan ahli onkologi.

  • Kelelahan (kelelahan)

Bagi sebagian orang, kelelahan bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah kemo selesai, namun energi akan kembali seiring berjalannya waktu.

  • Iritasi kandung kemih

Minum banyak cairan selama menjalani kemoterapi karena karena obat siklofosfamid dapat mengiritasi lapisan kandung kemih.

Beritahu perawat kanker jika Anda melihat adanya iritasi atau rasa sensasi terbakar / menyengat saat buang air kecil.

  • Efek pada kesuburan

Kemoterapi CMF menyebabkan perubahan ovarium yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita yang belum mengalami menopause.

Penting untuk berbicara dengan tim Dokter kanker sebelum kemoterapi dimulai jika ANda ingin hamil ke depan.

  • Gangguan penglihatan

Mata agak terasa sakit atau sayu. Obat tetes mata akan diresepkan. Mata sakit akibat kemoterapi akan membaik seiring berjalannya waktu. Biarkan tim dokter yang tahu tentang masalah mata Anda.

  • Kulit kering dan gatal

Kemoterapi CMF dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Dokter akan meresepkan obat gatal. Daerah yang dulu pernah terkena radioterapi bisa menjadi merah dan sakit.

Kulit bisa gelap atau menghitam karena kelebihan produksi pigmen (warna), biasanya kembali normal beberapa bulan setelah perawatan berakhir.

Gunakan tabir surya karena kulit Anda akan lebih sensitif. terhadap sinar matahari.

  • Gangguan jantung

Obat kemo 5-fluorouracil (5FU) dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak tengah dada, tapi ini jarang terjadi. Namun, nyeri dada bisa memiliki banyak penyebab. Tanyakan pada dokter, adakah sesuatu telah terjadi?

Bagikan Pada Temanmu!