Mastitis Periduktal

Mastitis periduktal adalah pembengkakan atau munculnya benjolan non kanker di sekitar mammae akibat saluran atau duktus di bawah puting susu terinfeksi, ditandai kemerahan, panas, sakit dan nyeri.

Mastitis periduktal dapat mempengaruhi wanita dari segala usia namun lebih sering terjadi pada wanita yang lebih muda.

Memiliki mastitis periduktal tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, penting untuk diobati dan merujuk pada pengobatan dokter terlepas dari seberapa cepat perubahan terjadi setelah menderita mastitis periduktal.

Gejala mastitis periductal

Gejalanya meliputi:

– Benjolan terasa nyeri dan panas saat disentuh
– Kulit memerah
– keluar cairan dari puting susu, kadang merah darah atau kadang cairan seperti nanah
– puting tertarik ke belakang

Penyebab mastitis periductal

Infeksi kadang-kadang menyebabkan abses (kumpulan nanah) atau fistula duktus mammary – hubungan abnormal yang berkembang di antara duktus dan kulit.

Orang yang merokok memiliki peningkatan risiko terkena mastitis periductal, karena zat dalam asap rokok dapat merusak saluran (duktus) di belakang puting susu.

Tindikan puting dapat meningkatkan kemungkinan infeksi dan membuat mastitis periduktal lebih sulit diobati.

Diagnosa mastitis periductal

Spesialis penyakit mammae yang dapat membuat diagnosis yang pasti. Diagnosis meliputi pemeriksaan fisik mammae, mammogram atau ultrasound (USG).

Sampel cairan yang keluar dari puting susu akan dilihat di bawah mikroskop, terutama jika berdarah, untuk membantu memastikan diagnosisnya.

Pengobatan mastitis periductal

Pengobatan biasanya melibatkan antibiotik dan obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol.

Jika Anda pernah menderita abses payudara atau fistula duktus mammary, pengobatan melibatkan jarum suntik untuk menarik nanah (jarum aspirasi). Kadang-kadang, kulit dibuka untuk membuang nanah secara tuntas. Operasi kecil ini dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Jika mastitis periduktal tidak segera membaik setelah minum antibiotik, Anda mungkin melakukan operasi untuk mengangkat beberapa saluran duktus yang terinfeksi.

Setelah pengobatan, kadang penyakit mastitis periductal bisa kambuh lagi karena sulitnya menemukan semua duktus yang terinfeksi. Bisa jadi, Anda akan menjalani operasi pengangkatan lebih banyak saluran duktus.