Apa Itu Obat Carboplatin? Apa Fungsinya?

Obat Kemoterapi Carboplatin adalah jenis obat kemo untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer (belum menyebar). Obat carboplatin tersedia di beberapa rumah sakit kanker

Manfaat obat kemoterapi carboplatin

Carboplatin efektif mengobati:

  1. Kanker payudara metastatik atau sekunder
  2. Kanker payudara lokal stadium lanjut yang telah menyebar ke kelenjar getah bening sekitar dada, leher dan di bawah tulang dada
  3. Kanker payudara primer – kanker yang belum menyebar di luar jaringan mammae atau dan belum sampai ke kelenjar getah bening di bawah lengan, termasuk kanker payudara tipe LCIS dan DCIS.

Siklus obat kemoterapi carboplatin

Obat diberikan setelah operasi (kemoterapi ajuvan) atau diberikan sebelum operasi (kemoterapi primer atau neo-adjuvant)

Carboplatin diberikan sebagai infus ke pembuluh darah (intravena) di tangan atau lengan, diberikan setiap tiga minggu sekali dalam satu siklus kemoterapi.

Jumlah siklus kemoterapi dengan obat Carboplatin tergantung pada kebutuhan. Spesialis perawat kemo akan membicarakan hal ini dengan Anda.

Efek samping obat kemoterapi carboplatin dan solusinya

Semua orang menanggapi berbeda terhadap efek obat-obatan dan beberapa orang memiliki lebih banyak efek samping daripada yang lain.

Efek samping karboplatin yang dijelaskan di sini belum tentu mempengaruhi semua orang.

  • Anemia dan neutropenia

Carboplatin dapat mempengaruhi jumlah sel darah merah (anemia), dan jumlah sel darah trombosit (neutropenia)

Anda akan menjalani tes darah secara teratur untuk memeriksa jumlah darah Anda. Jika jumlah sel darah terlalu rendah, pengobatan mungkin ditunda atau dosis kemoterapi dikurangi.

Jika Anda mendapat anemia, tim spesialis akan memberi transfusi darah.

Kekurangan jumlah trombosit atau sel darah putih menyebabkan tubuh rawan infeksi dan mengganggu penggumpalan darah.

  • Mual dan muntah

Anda akan diberi obat anti-mual sebelum kemoterapi diberikan untuk mengurangi mual

  • Kelelahan (kelelahan)

Kelelahan adalah defek samping umum dari pengobatan kanker. Kelelahan bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah perawatan selesai, namun akan berangsur-angsur pulih sehat kembali.

  • Gangguan kognitif

Kemampuan untuk berkonsentrasi atau berpikir jernih juga bisa terpengaruh, kondisi sering disebut sebagai ‘chemo brain’ atau ‘chemo kabut’, namun spesialis Anda mungkin menyebutnya gangguan kognitif.

  • Efek pada kesuburan

Carboplatin mengganggu ovarium, dapat menyebabkan kemandulan pada wanita yang belum mengalami menopause.

  • Gejala menopause

Gejala umum bisa meliputi:

– hot flushes dan keringat malam
– perubahan mood
– nyeri sendi
– kekeringan miss V

  • Kesemutan

Mati rasa dan kesemutan di tangan atau kaki akibat karboplatin bisa merusak saraf, disebut neuropati perifer.

Dalam kebanyakan kasus, efek ini bisa hilang setelah berhenti pengobatan, dan dalam beberapa kasus lain, neuropati perifer.bisa bersifat permanen. Anda perlu mengurangi dosis carboplatin atau stop sepenuhnya.

  • Rambut rontok (alopecia)

Carboplatin menyebabkan rambut rontok. Beberapa orang memiliki rambut kepala yang menipis, termasuk alis, bulu mata dan rambut tubuh.

Rambut rontok biasanya bersifat sementara dan akan mulai tumbuh kembali beberapa minggu setelah perawatan berakhir.

  • Pendengaran atau telinga berdengung

Carboplatin dapat menyebabkan telinga mendengung, disebut tinnitus. Efek Ini bersifat sementara dan segera membaik setelah perawatan selesai.

  • Masalah hati atau ginjal

Karena carboplatin dapat mempengaruhi hati dan ginjal Anda, Dokter akan memantau kerja hati dan ginjal dengan tes darah baik sebelum dan selama kemoterapi.

  • Gejala alergi

Gejala reaksi alergi meliputi:

– kulit mengelupas
– ruam kulit
– gatal
– sakit punggung
– sesak napas
– pingsan

Jika Anda mengalami reaksi alergi yang parah, pengobatan akan segera dihentikan. Atau, obat anti alergi dapat diberikan sebelum siklus kemoterapi berikutnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Kemoterapi CMF? Obat Kemoterapi CMF adalah kombinasi dari tiga obat kemoterapi yaitu: cyclophosphamide, methotrexate dan 5 fluorouracil (5FU). Banyak rumah sakit kanker menyediakan kombinasi kemo CMF. Perawat kanker akan mengatur sesi kemoterapi Apa […]
  • Apa Itu Obat Cisplatin? Apa itu obat Cisplatin? Sisplatin atau Cisplatin adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer. Biasanya, obat sisplatin diberikan dengan kombinasi obat kemo lainnnya. […]
  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]
  • Apa Itu Obat Gemcitabine (Gemzar)? Gemsitabin (Gemzar) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara tahap 4 atau kanker payudara stadium lanjut yang telah menyebar di luar payudara. Nama merek Gemzar. Obat kemoterapi gemcitabine biasanya diberikan sebagai […]
  • Mastektomi Radikal Modifikasi Mastektomi Radikal Modifikasi (MRM) adalah prosedur operasi kanker payudara untuk menyingkirkan semua kanker sebanyak mungkin. Ini merupakan salah satu pengobatan utama untuk kanker payudara yang sekarang menjadi terapi bedah standar […]