Apa Itu Obat Cisplatin?

Apa itu obat Cisplatin? Sisplatin atau Cisplatin adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer.

Biasanya, obat sisplatin diberikan dengan kombinasi obat kemo lainnnya. Dibutuhkan waktu lebih lama antara 30 dan 120 menit jika obat cisplatin diberikan secara tunggal.

Apa manfaat obat sisplatin?

Obat kemoterapi Cisplatin dapat digunakan untuk mengobati penderita:

  1. Mengobati kanker payudara sekunder, sel kanker telah menyebar dari jaringan mammae ke bagian tubuh yang lain atau kanker payudara metastatik.
  2. Mengobati kanker payudara lokal stadium lanjut, kanker payudara primer yang bersifat invasif, atau telah menyebar ke kelenjar getah bening sekitar dada, leher dan di bawah tulang dada
  3. Mengobati Kanker payudara primer, atau kanker lokal yang belum menyebar di luar mammae atau belum berjalan ke kelenjar getah bening di bawah lengan. Lihat : kanker payudara tipe DCIS dan kanker payudara tipe LCIS

Obat kemoterapi Cisplatin juga untuk mengobati jenis kanker payudara triple negative atau kanker payudara yang telah berkembang karena mutasi gen BRCA..

Kapan obat kemo sisplatin di berikan?

Cisplatin dapat diberikan setelah operasi (kemoterapi ajuvan) atau diberikan sebelum operasi (kemoterapi primer atau neo-adjuvant)

Obat kemo Cisplatin diberikan sebagai infus intravena ke pembuluh darah di tangan atau lengan.

Siklus obat kemoterapi Cisplatin

Cisplatin diberikan setiap tiga minggu sekali sebagai ‘siklus kemoterapi’ Jumlah siklus kemoterapi sisplatin tergantung pada situasi kesehatan Anda. Masalah ini akan ditentukan oleh dokter kanker dan Anda sendiri.

Efek samping obat sisplatin dan solusinya

Semua orang menanggapi berbeda terhadap efek samping cisplatin. Efek samping yang dijelaskan di sini mungkin tidak sama dengan pengalaman individu lain.

Beritahu spesialis kemoterapi atau spesialis kanker (ahli onkologi). Jika mendapat gejala efek berikut

1. Anemia dan neutropenia

Cisplatin mengurangi jumlah sel darah merah, menyebabkan anemia. Dan, juga mengurangi sel darah putih (trombosit), Anda berisiko neutropenia.

Hubungi rumah sakit Anda segera jika:

– Anda memiliki demam tinggi (lebih dari 37,5 ° C) atau suhu rendah (di bawah 36 ° C).

– Anda memiliki gejala infeksi, misalnya sakit / radang tenggorokan, batuk, sering buang air kecil atau merasa demam dan / atau menggigil.

Dokter akan menjalankan tes darah secara teratur untuk memeriksa tingkat darah Anda. Jika jumlah sel darah terlalu rendah, pengobatan akan ditunda atau dosis kemoterapi dikurangi.

Cisplatin dapat mengurangi jumlah trombosit, menyebabkan darah sulit membeku. Anda berisiko mudah memar, mimisan atau gusi berdarah. Beritahu tim spesialis Anda jika Anda memiliki gejala-gejala ini.

2. Mual dan muntah

Anda akan diberi obat anti-mual sebelum kemoterapi diberikan, dan obat anti-nyeri untuk dibawa pulang.

3. Kelelahan (kelelahan)

4. Kemo brain

Cisplatin menyebabkan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi, ini disebut sebagai ‘chemo brain’. Biasanya membaik setelah perawatan selesai.

5. Gejala menopause

Gejala umum bisa meliputi:

– hot flushes dan keringat malam
– perubahan mood
– nyeri sendi
– kekeringan miss V

5. Sakit mulut dan perubahan indera perasa

Anda akan diberi obat kumur untuk mengurangi rasa sakit pada mulut dan gusi (tukak mulut) Jaga Kebersihan mulut Anda selama kemo.

6. Tinnitus

Cisplatin dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau dering di telinga (tinnitus), yang bersifat sementara dan membaik setelah perawatan selesai.

7. Gangguan hati atau ginjal

Dokter akan memeriksa tes darah untuk cek fungsi hati dan ginjal sebelum memulai kemoterapi dan selama kemo.

8. Neuropati perifer

Cisplatin menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki mereka disebabkan oleh efek cisplatin pada saraf dan dikenal sebagai neuropati perifer.

Dalam kebanyakan kasus, kesemutan akan hilang setelah berhenti pengobatan. Jika parah, dokter akan mengurangi dosis cisplatin atau menghentikan sepenuhnya.

9. Diare atau konstipasi

Dokter akan memberi obat anti diare. Hubungi tim spesialis kemoterapi jika Anda memiliki empat atau lebih episode diare dalam waktu 24 jam.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]
  • Apa Itu Obat Gemcitabine (Gemzar)? Gemsitabin (Gemzar) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara tahap 4 atau kanker payudara stadium lanjut yang telah menyebar di luar payudara. Nama merek Gemzar. Obat kemoterapi gemcitabine biasanya diberikan sebagai […]
  • Apa Itu Obat Paclitaxel (Taxol)? Apa itu obat paclitaxel? Bagaimana mekanisme kerja obat paclitaxel? Obat Paklitaksel (Taxol) adalah obat kemo yang digunakan untuk mengobati kanker payudara primer yang belum menyebar termasuk DCIS dan LCIS. Paclitaxel adalah nama obat […]
  • Apa Itu Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide adalah dua jenis obat kemoterapi yang dikombinasi, disebut Kemoterapi AC. Adriamycin dan Cyclophosphamide ini tersedia di beberapa rumah sakit kanker. Tentang manfaat, kapan kemo AC diberikan dan […]
  • Prosedur Dan Proses Kemoterapi Kanker Payudara Proses kemoterapi kanker payudara dilakukan dengan beberapa cara. Untuk kanker payudara, proses pemberian obat kemoterapi biasanya diberikan melalui intravena dan secara obat oral. 1. Proses Kemoterapi secara intravena Selang kecil […]