Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere)

Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak.

Docetaxel adalah nama obat generik, salah satu dari nama mereknya seperti Taxotere.

Manfaat Obat kemoterapi docetaxel

Docetaxel dapat digunakan untuk mengobati kanker payudara primer – kanker payudara yang belum menyebar di luar payudara atau kelenjar getah bening (kelenjar) di bawah lengan. Lihat: duktal karsinoma in situ dan lobular karsinoma in situ.

Kemoterapi Docetaxel juga diberikan untuk mengurangi risiko kanker payudara rekuren atau menyebar.

Obat Docetaxel juga diberikan kepada penderita:

– Mengobati kanker payudara lokal berulang- kanker payudara berulang di daerah dada / payudara, namun belum menyebar ke bagian tubuh yang lain.
– Mengobati kanker payudara lokal stadium lanjut – kanker payudara rekuren/berulang dan telah menyebar ke jaringan getah bening di sekitar dada, leher dan di bawah tulang dada
– Kanker payudara metastasis – kanker payudara yang telah menyebar ke bagian tubuh yang lain

Kapan obat kemoterapi docetaxel diberikan

Siklus docetaxel biasanya dimulai beberapa minggu setelah operasi, sebagai kemoterapi adjuvant (tambahan). Bisa juga diberikan sebelum operasi, disebut kemoterapi neo-adjuvant. Jika Anda ingin menjalani terapi radioterapi atau terapi hormon, Anda biasanya akan menyelesaikan docetaxel terlebih dahulu.

Mekanisme kerja obat kemoterapi docetaxel

Obat kemoterapi docetaxel mengganggu proses sel kanker kanker berkembang dan tumbuh.

Docetaxel bekerja dengan menghentikan sel kanker untuk membelah dan bereplikasi, menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Docetaxel diberikan melalui infus intravena ke pembuluh darah (intravena) di tangan atau lengan.

Obat docetaxel digunakan secara tunggal atau kombinasi kemoterapi, atau kombinasi dengan obat anti kanker lainnya.

Siklus kemoterapi Docetaxel

Docetaxel biasanya diberikan setiap satu jam per tiga minggu sekali.

– Untuk mengobati kanker payudara primer, tiga sampai enam siklus kemoterapi.
– Untuk kanker payudara lokal invasif dan sekunder, jumlah siklus akan bervariasi tergantung pada individu.

Waktu jeda antara setiap siklus kemoterapi memberi waktu tubuh Anda pulih kembali, tergantung pada tingkat normal jumlah sel darah Anda per siklus.

Efek samping obat kemoterapi docetaxel dan solusinya

Seperti pengobatan kanker apapun, kemoterapi docetaxel dapat menyebabkan efek samping. Semua orang bereaksi berbeda terhadap obat-obatan dan beberapa orang memiliki lebih banyak efek samping daripada orang lain.

Efek samping pengobatan kanker bisa ditangani dengan obat dokter dan perubahan gaya hidup.

Beberapa efek samping yang kami sebutkan di sini, tidak mempengaruhi semua orang.

Jika Anda khawatir dengan efek samping obat kanker apa pun, terlepas dari apakah itu mereka tercantum di sini, bicarakan dengan spesialis kemoterapi atau spesialis Onkologi

Efek samping obat docetaxel yang paling umum

– Anemia dan neutropenia
– risiko infeksi
– rambut rontok (alopecia)
– mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki
– Nyeri otot dan sendi
– retensi cairan dan penambahan berat badan
– reaksi kulit
– reaksi kuku
– sakit mulut
– perubahan rasa
– diare
– kelelahan (extreme fatness)
– gangguan kognitif atau ‘chemo brain’
– mual dan muntah
– Sakit di bekas tempat suntikan
– efek pada kesuburan dan keguguran

Risiko infeksi

Obat docetaxel mengurangi jumlah sel darah putih, dikenal sebagai neutropenia. Tidak memiliki cukup sel darah putih dapat meningkatkan risiko terkena infeksi.

Risiko infeksi biasanya berada pada sekitar 7-14 hari setelah docetaxel diberikan.

Hubungi rumah sakit kanker jika:

– Anda memiliki suhu demam tinggi (lebih dari 37,5 ° C) atau suhu demam rendah (di bawah 36 ° C).
– Anda tiba-tiba merasa tidak sehat badan, meskipun suhu badan normal
– Anda memiliki gejala infeksi, misalnya sakit/radang tenggorokan, batuk, sering buang air kecil, merasa sangat kedinginan dan / atau menggigil.

Efek samping docetaxel yang jarang terjadi

Edema

Anda bisa mengembangkan pembengkakan dan penumpukan cairan di tubuh (edema), di pergelangan kaki, bawah kaki bengkak dan nafas terasa sesak. Obat steroid berikan untuk mencegah kemungkinan terjadinya edema.

Perubahan kuku

Setelah beberapa siklus docetaxel, kuku menjadi getas, retak atau perubahan bentuk (cekung). Beberapa orang mengalami kuku lepas di jari tangan atau jari kaki selama atau sesaat setelah kemo, namun akan tumbuh kembali.

Perubahan denyut jantung dan tekanan darah

Docetaxel mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah. Jika ada perubahan pada denyut jantung dan tekanan darah, Dokter akan memebri obat dan tidak perlu menghentikan pengobatan

Reaksi alergi

Gejalanya alergi meliputi kulit mengelupas, ruam kulit, gatal, nyeri punggung, sesak napas, pingsan, demam atau menggigil. Jika Anda mengalami reaksi yang parah, perawatan akan segera dihentikan dan Anda mungkin tidak diberi docetaxel lagi.

Anda akan dipantau secara ketat selama perawatan di rumah sakit kanker, reaksi alergi apapun akan ditangani dengan segera.

Sesak nafas

Obat kemo docetaxel memberikan bekas luka, jaringan parut atau pembengkakan jaringan paru-paru. Jika Anda merasa sesak napas atau mengalami batuk kering selama atau dalam beberapa minggu setelah kemo, beri tahu tim Dokter.

Emboli paru-paru

Obat docetaxel meningkatkan risiko pembekuan darah seperti deep vein thrombosis (DVT). Orang dengan DVT berisiko mengalami emboli paru yang terjadi saat bekuan darah terlepas, berjalan dan mampir di paru-paru.

Bekuan darah bisa berbahaya tapi bisa diobati, jadi penting untuk melaporkan gejala sesegera mungkin ke Dokter Anda.

Hubungi rumah sakit kanker segera, jika:

– Ada rasa nyeri, kemerahan / perubahan warna, panas dan pembengkakan pada betis, kaki atau paha
– Ada pembengkakan, kemerahan atau nyeri di di lengan, area dada atau sampai ke leher.
– Anda sesak napas
– Dada merasa tertekan
– Ada batuk terus-menerus dengan sebab yang tidak dapat dijelaskan, seperti batuk darah