Apa Itu Obat Kapesitabin – Xeloda – Capecitabine

Obat Kapesitabin (capecitabine) – Xeloda adalah obat kemo yang dikonsumsi sebagai tablet untuk mengobati kanker payudara rekuren setelah pengobatan dan kanker payudara sekunder telah menyebar ke daerah sekitar mammae.

Manfaat obat kemoterapi Xeloda

Obat kemoterapi Xeloda – Kapesitabin; digunakan untuk mengobati kanker payudara berulang atau rekuren setelah pengobatan dan telah menyebar ke daerah sekitar jaringan mammae, seperti kelenjar getah bening di atas atau di bawah tulang selangka, atau ke bagian lain dari tubuh – kanker payudara sekunder.

Bagaimana mekanisme dan cara kerja obat xeloda?

Obat xeloda (capecitabine) bekerja sebagai sitotoksik bagi sel kanker mammae yang ditujukan untuk menghancurkan dan mennghambat pertumbuhan sel kanker.

Xeloda (capecitabine) diambil sebagai tablet oral. Di pencernaan, obat kemo ini bergerak ke seluruh tubuh melalui aliran darah dan masuk ke sel-sel kanker payudara.

Bagaimana dosis obat kemoterapi Xeloda diambil

Obat xeloda (capecitabine) tersedia dalam dua dosis berbeda: 150mg atau 500mg. Anda akan diberi tahu berapa banyak dari masing-masing tablet yang harus diambil dikonsumsi.

Biasanya, tablet capecitabine dikonsumsi dua kali sehari (pagi dan sore ) selama 14 hari dan kemudian beristirahat selama tujuh hari sebagai bagian dari siklus pengobatan 21 hari.

Bagaimana jika lupa makan obat satu dosis?

Jika Anda lupa makan 1 dosis xeloda (capecitabine), jangan mengambil dosis tambahan, bicaralah dengan perawat kanker Anda.

Efek samping obat kemoterapi Xeloda dan solusinya

Obat xeloda (capecitabine) bisa menimbulkan efek samping. Semua orang bereaksi berbeda terhadap obat-obatan.

Efek samping yang umum dari Obat xeloda (capecitabine)

  • Diare

Diare biasa terjadi saat kemoterapi, dan terkadang ini bisa sangat parah. Beritahu perawat atau spesialis kemoterapi, atau menghentikan capecitabine untuk sementara waktu, jika

– Empat atau lebih episode diare dalam 24 jam
– Ada darah di tinja
– Sakit perut yang parah

  • Sindroma kaki tangan (sindrom palmar plantar)

Jika telapak tangan atau kaki bisa menjadi merah, sakit, panas, kesemutan,mati rasa, bengkak, Dokter akan memberi resep vitamin B6 (piridoksin) untuk mengatasi Sindroma kaki tangan.

Gunakan krim pelembab berbasis gliserin, untuk merawat kaki dan tangan.

  • Anemia dan trombositopenia

Capecitabine dapat mempengaruhi jumlah sel darah (anemia) dan sel darah putih (neutropenia/trombositopenia).

Tidak memiliki sel darah putih yang cukup dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. Ketika sel darah putih berkurang dan Anda mendapat demam tinggi (di atas 38 ° C), ini dikenal sebagai neutropenia demam

Kekurangan trombosit menyebabkan mudah memar, mimisan atau gusi berdarah saat menyikat gigi.

Beritahu tim spesialis jika Anda mengalami gejala-gejala ini. Anda akan menjalani tes darah secara teratur selama mengonsumsi obat kemo untuk memeriksa darah Anda.

  • Rambut rontok (alopecia)

Jika capecitabine dikonsumsi bersamaan dengan obat kemoterapi lainnya, misalnya docetaxel, kebanyakan orang mengalami rambut rontok termasuk alis, bulu mata dan rambut tubuh.

  • Reaksi alergi

Reaksi alergi akibat capecitabine dapat bervariasi dari ringan sampai berat. Reaksi alergi termasuk: mengi, nyeri dada atau sulit bernafas setelah minum capecitabine. Segera hubungi perawat kemoterapi.

Kontraindikasi obat kemoterapi Xeloda

Tanyakan pada dokter atau perawat tentang obat-obatan alternatif selain resep dokter sebelum Anda memakainya.

Wanita hamil dilarang minum capecitabine karena dapat berbahaya pada bayi yang sedang berkembang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]
  • Manfaat Dan Efek Samping Obat Kemoterapi Apa itu obat kemoterapi? Kemoterapi adalah jenis pengobatan standar untuk kanker payudara dengan menggunakan obat anti kanker sebagai sitotoksik. Tujuan kemoterapi adalah untuk menghancurkan sel kanker payudara secara sistemik. Apa […]
  • Apa Itu Obat Cisplatin? Apa itu obat Cisplatin? Sisplatin atau Cisplatin adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer. Biasanya, obat sisplatin diberikan dengan kombinasi obat kemo lainnnya. […]
  • Apa Itu Obat Gemcitabine (Gemzar)? Gemsitabin (Gemzar) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara tahap 4 atau kanker payudara stadium lanjut yang telah menyebar di luar payudara. Nama merek Gemzar. Obat kemoterapi gemcitabine biasanya diberikan sebagai […]
  • Apa Itu Obat Paclitaxel (Taxol)? Apa itu obat paclitaxel? Bagaimana mekanisme kerja obat paclitaxel? Obat Paklitaksel (Taxol) adalah obat kemo yang digunakan untuk mengobati kanker payudara primer yang belum menyebar termasuk DCIS dan LCIS. Paclitaxel adalah nama obat […]