Bagaimana Prosedur Radioterapi Kanker Payudara

Radioterapi breast cancer adalah pengobatan kanker menggunakan sinar x energi tinggi untuk menghancurkan sel kanker yang mungkin tertinggal di daerah mammae setelah operasi.

Radioterapi biasanya sangat efektif untuk membasmi sisa-sisa sel-sel kanker meskipun kadang memiliki efek samping yaitu bisa mempengaruhi jaringan sehat.

Apa manfaat radioterapi breast cancer?

Radioterapi bermanfaat untuk mengobati breast cancer primer (breast cancer belum menyebar), terutama jika Anda memiliki breast cancer sekunder (kanker matastasis, telah menyebar).

Radioterapi diberikan tergantung pada situasi Anda. Anda tidak bisa menjalani radioterapi jika Anda memiliki kondisi sensitif terhadap efek sinar X, dan Anda tidak akan diberi radioterapi jika Anda hamil.

Apa saja jenis radioterapi breast cancer?

Radioterapi adalah perawatan khusus kanker yang tidak selalu tersedia di setiap rumah sakit. Ada beberapa jenis radioterapi seperti terlampir di bawah ini

1. Radioterapi sinar eksternal

Radioterapi sinar eksternal adalah jenis radioterapi yang paling umum digunakan untuk mengobati breast cancer primer. Sinar-X dikirim oleh mesin yang disebut akselerator linier (linac) dengan sinar yang diarahkan ke tubuh melalui kulit.

2. Radioterapi Intensitas termodulasi.

Intensitas modulasi radioterapi (IMRT – Intensity modulated radiotherapy ) adalah cara lain untuk memberikan radioterapi sinar eksternal.

Dengan IMRT, kekuatan (intensitas) sinar radiasi bisa dimodulasi untuk mengatur jumlah radiasi pada ke daerah perawatan yang berbeda. Hal ini memungkinkan sel sehat menjadi tidak terpapar radiasi.

3. Brachytherapy

Brachytherapy melibatkan penempatan sumber radiasi di dalam tubuh di daerah yang akan dirawat. Biasanya hanya diberikan sebagai bagian dari percobaan klinis.

4. Radioterapi intraoperatif

Metode lain untuk memberikan radioterapi adalah radioterapi intraoperatif. Ini belum banyak digunakan dan tidak cocok untuk semua orang.

Radioterapi intraoperatif menggunakan sinar-x energi rendah yang diberikan dari mesin di ruang operasi selama operasi breast cancer.

Radioterapi diberikan langsung ke daerah internal di bekas tempat kanker diangkat. Satu dosis radiasi diberikan dalam satu perawatan namun kadang perlu radioterapi sinar eksternal ke seluruh payu*dar*.

Prosedur radioterapi breast cancer

Radioterapi breast cancer primer diberikan setelah operasi. Jika Anda menjalani kemoterapi setelah operasi, radioterapi biasanya diberikan pada akhir kemo.

Persiapan dan selama radoterapi

Anda akan diminta untuk berbaring di sofa perawatan dengan lengan di atas kepala Anda. Radiografer terapeutik akan membantu mencari posisi Anda.

Jika Anda mengalami gangguan pernapasan, radiografer terapeutik Anda akan memberi tahu kapan harus menahan napas.

Pengobatan kanker hanya butuh waktu beberapa menit. Accelerator linier (linac) membuat suara berdengung saat prosedur berjalan.

Setelah radioterapi selesai

Setelah selesai pengobatan kanker, diperlukan beberapa waktu istirahat sebelum memulai rutinitas sehari-hari Anda. Anda mungkin merasa lelah untuk beberapa waktu, namun itu akan segera membaik. Bagi beberapa orang lain, rasa lelah terkadang lebih lama.

Efek samping radioterapi breast cancer

Semua orang memiliki efek samping berbeda terhadap radioterapi. Meskipun sebagian besar efek samping bersifat sementara, beberapa mungkin bersifat permanen dan beberapa mungkin muncul beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah perawatan kanker selesai.

Beberapa penjelasan terkait efek samping radio terapi dapat anda akses melalui internal link dibawah ini

Bagaimana Prosedur Radioterapi Kanker Payudara
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: