Mekanisme Kanker Payudara – Proses Terjadinya Sel-sel Normal Menjadi Kanker

Mekanisme Kanker Payudara. Bagaimana proses mekanisme terjadinya sel-sel menjadi breast cancer? Terjadinya breast cancer bermula dan dimulai di jaringan mammae. Kanker payu*dar* terjadi ketika perkembangan sel abnormal di jaringan mammae yang tumbuh sangat cepat dengan cara yang tidak terkendali.

Kanker payu*dar* bisa berkembang pada usia berapapun, lebih sering menyerang wanita tetapi juga mempengaruhi sejumlah kecil pria di setiap tahunnya. Jaringan mammae terdiri dari lobulus dan saluran duktus yang dikelilingi oleh lemak dan jaringan di sekitarnya. Lobulus menghasilkan ASI dan saluran duktus membawa susu ke puting susu.

Bagaimana breast cancer bisa tumbuh berkembang

Mekanisme Kanker payu*dar* bisa dimulai di saluran duktus atau lobulus. Terkadang sel kanker tetap berada di duktus dan lobulus, disebut breast cancer non-invasif atau breast cancer lokal.

Jika sel kanker menyebar ke jaringan sekitarnya, ini disebut breast cancer invasif atau kanker ganas. Situs di mana kanker dimulai tumbuh disebut kanker primer.

Sedangkan jika sel kanker telah menyebar ke daerah lain, situs penyebaran itu disebut kanker sekunder. Dalam perkembangan dan pertumbuhannya, sel kanker bergerak di dalam aliran darah atau aliran getah bening dalam sistem limfatik masuk ke bagian tubuh lain seperti tulang atau hati. Ini disebut breast cancer metastatik (breast cancer sekunder atau breast cancer stadium lanjut).

Apa itu sistem limfatik?

Sistem limfatik adalah pembuluh jaringan kecil yang bertugas mengumpulkan cairan getah bening dan produk limbah dari jaringan tubuh.

Pembuluh limfatik membawa cairan getah bening ke kelenjar kecil yang disebut kelenjar getah bening dimana suatu zat berbahaya, seperti bakteri atau sel kanker, terjebak dan dibuang. Kerja sistem ini membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Kemudian, kelenjar getah bening masuk kembali ke dalam darah. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar bulat kecil yang berukuran dari sekitar 1 mm sampai 25 mm.

Ada kelenjar getah bening di sekujur tubuh, termasuk ketiak, selangkangan, perut, dada dan leher. Jumlah kelenjar getah bening bervariasi pada orang yang berbeda. Biasanya ada sekitar 15-30 kelenjar getah bening di ketiak.

Apa kaitan breast cancer dengan kalenjar getah bening?

Kelenjar getah bening di ketiak (kalenjar axilla) mengalirkan cairan getah bening dari daerah terdekat. Kelenjar getah bening di ketiak seringkali merupakan tempat pertama dimana sel kanker menyebar ke luar.

Sekitar satu dari tiga wanita dengan breast cancer memiliki sel kanker di kelenjar getah bening di ketiak saat breast cancer mereka didiagnosis.

Jika ada sel kanker di kelenjar getah bening ketiak, ada kemungkinan merasakan benjolan di ketiak. Namun, banyak wanita tidak sadar akan adanya perubahan ini.

Sel kanker di kelenjar getah bening biasanya hanya bisa dilihat di bawah mikroskop atau dilihat pada sinar-X atau scan, sulit dirasakan hanya dengan meraba.

Kelenjar getah bening bisa membesar karena berbagai alasan, termasuk demam atau infeksi. Jika Anda merasa ada benjolan di ketiak, ini tidak berarti bahwa Anda memiliki breast cancer yang telah menyebar ke ketiak. Mungkin ada beberapa penyebab, selain kanker.

Mekanisme Kanker Payudara – Proses Terjadinya Sel-sel Normal Menjadi Kanker
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: