Pelajari 5 Hal: Benjolan Di Ketiak Belum Tentu Gejala Kanker Payudara

Jika Anda memiliki benjolan di ketiak terasa sakit bila ditekan, berwarna merah, dan tumbuh, belum tentu itu gejala kanker payudara karena infeksi juga menyebabkan benjolan di ketiak.

Penyebab paling umum dari benjolan di ketiak adalah infeksi. Infeksi dapat dilokalisasi ke ketiak itu sendiri; atau bisa lebih luas lagi.

Ada kemungkinan infeksi lokal seperti menggunakan antiperspirant atau deodoran; antiperspirant mencegah kelenjar keringat sehingga kuman tertanam di lokasi, menyebabkan infeksi. Atau Anda mungkin memiliki bisul atau abses tepat di bawah kulit.

Benjolan di ketiak bukan tanda-tanda kanker payudara

Tanyakan 5 hal pertanyaan berikut; Jawabannya akan membantu Anda menentukan seberapa serius benjolan itu, dan kapan harus pergi ke dokter.

1. Umur benjolan

Apakah benjolan itu baru? Atau tetap di sana selama bertahun-tahun, tanpa berubah?

Jika benjolan yang Anda rasakan tetap memiliki ukuran dan konsistensi yang sama, di tempat yang sama, selama bertahun-tahun, mungkin itu hanya jaringan parut, atau bagian alami dari anatomi Anda.

Benjolan yang bersifat kanker akan tumbuh lambat ukurannya seiring berjalannya waktu; atau kadang menghasilkan benjolan sekunder lainnya.

2. Infeksi sistemik

Apakah Anda sedang sakit akhir-akhir ini? Kelenjar getah bening adalah sistem pembersihan tubuh; mereka menyaring dan melawan kelainan pada sistem limfatik Anda, termasuk sel kanker, infeksi, atau bahkan sel yang rusak akibat reaksi obat.

Jadi, jika Anda terkena infeksi sistemik seperti: herpes zoster, cacar air; atau ketiak terluka akibat gigitan serangga atau pisau cukur, Anda mungkin memiliki kelenjar getah bening yang bengkak sebagai akibat dari pertempuran.

Pembengkakan di ketiak itu terjadi akibat pertempuran antara sel limfe dan benda asing. Jika memang Anda sakit atau terluka, tunggulah beberapa minggu untuk melihat apakah benjolan itu mulai menyusut; atau hilang sendiri.

3. Vaksinasi atau alergi obat

Apakah Anda melakukan vaksinasi baru-baru ini? Apakah Anda alergi terhadap obat apapun?

Vaksin rubella, cacar, tifoid, serta alergi penisilin atau yodium, dapat menyebabkan benjolan ketiak. Jika Anda baru saja divaksinasi, atau mungkin memiliki reaksi alergi obat, tanyakan pada dokter Anda.

4. Warna, tingkat rasa sakit dan kecepatan ukuran benjolan

Apakah benjolan itu berwarna merah dan terasa sangat menyakitkan? Apakah itu tumbuh terasa cepat dari hari ke hari?

Kanker tidak tumbuh cepat seperti secepat infeksi, juga tidak menyebabkan kemerahan pada kulit. Jika benjolan yang Anda rasakan seperti jerawat – mungkin itu memang infeksi biasa.

Jaga agar area tetap bersih dan kering, dan oleskan kompres hangat; Jika tidak mulai mereda dalam beberapa hari, temui dokter Anda untuk perawatan.

5. Karakteristik benjolan

Kelenjar getah bening yang terinfeksi biasanya akan cukup lembut, nyeri, dan mudah digerakkan; Anda bisa mendorongnya sedikit dengan jari Anda.

Sebuah benjolan akibat kanker lebih cenderung keras, tidak menimbulkan rasa sakit, dan tetap pada tempatnya. Kadang, terhubung atau ada benjolan lain yang lebih kecil.

Jadi, intinya: Jika benjolan di ketiak berwarna merah, terasa sakit jika ditekan, dan cepat tumbuh, temui dokter Anda untuk mendapat obat anti infeksi.

Benjolan di ketiak disebabkan kanker payudara

Namun, jika benjolan itu keras dan tidak menyakitkan, tetap pada tempatnya atau terhubung dengan benjolan keras lainnya; sama ukurannya dari hari ke hari (berkembang lambat), bisa jadi itu gejala kanker kanker payudara.

Ada 2 alasan bahwa benjolan yang muncul di ketiak sebagai pertanda kanker payudara, yaitu:

1. Pertama, jaringan payudara kadang sampai ke daerah ketiak. Benjolan yang tampak di ketiak Anda sebenarnya adalah benjolan sebagai ciri khas kanker payudara.

2. Kedua, kelenjar getah bening di ketiak bertugas menyaring benda asing seperti: infeksi, reaksi terhadap obat-obatan, kanker.

Jadi benjolan tersebut sebagai reaksi bahwa kelenjar getah bening telah mengidentifikasi adanya sel kanker payudara.

Average rating 5 / 5. Vote count: 1