Benjolan kanker payudara seperti apa dan dimana letaknya?

benjolan kanker payudara

Gejala kanker payudara paling jelas adalah benjolan yang berada di ketiak. Bentuk benjolan digambarkan dengan ukuran dan teksturnya.

Bentuk benjolan kanker payudara

Bentuk dan tekstur benjolan kanker payudara mungkin terasa keras dan tidak bergerak jika disentuh. Benjolan kanker payudara bisa berubah ukuran secara bertahap yang tidak segera hilang dalam waktu lama.

Wanita usia 40an ke atas butuh skrining mammogram rutin jika menemukan benjolan di ketiak mereka. Untuk wanita muda, pemeriksaan bisa menggunakan USG.

Bentuk benjolan menjadi peringatan dini kanker payudara apabila:

– Benjolan membesar secara bertahap
– Benjolan tidak sakit jika ditekan.
– TIdak segera hilang untuk beberapa lama

Jika Anda mengalami atau memperhatikan gejala-gejala ini, segera menemui dokter untuk mengindetifikasi dan mengevaluasi penyebabnya.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pandangan seseorang terkait benjolan dan kanker payudara adalah:

– Diagnosis kanker payudara saat pertama kali.
– Apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti kalenjar getah bening di bawah ketiak

Namun, benjolan yang muncul belum tentu gejala kanker, Kadang, penyebab paling umum dari benjolan di ketiak adalah infeksi. Infeksi dapat dilokalisasi ke ketiak itu sendiri; atau bisa lebih luas lagi.

Ada kemungkinan infeksi lokal seperti menggunakan antiperspirant atau deodoran; antiperspirant mencegah kelenjar keringat sehingga kuman tertanam di lokasi, menyebabkan infeksi. Atau Anda mungkin memiliki bisul atau abses tepat di bawah kulit.

Bentuk benjolan yang bukan kanker payudara

Sebagian besar benjolan ketiak tidak berbahaya jika langsung dari perubahan jaringan abnormal di ketiak itu sendiri. Namun, ketiak bengkak juga mengindikasikan masalah kesehatan lebih serius jika ada pemicunya.

Misalnya:

• kista, infeksi atau tumpukan lemak terasa lembut dan bergerak ketika disentuh.
  • Benjolan terasa sakit jika disentuh dikaitkan dengan infeksi atau reaksi alergi, namun tekstur benjolan lebih lembut jika ditekan.
  • Infeksi kelenjar getah bening juga bisa menyebabkan bisul yang menyakitkan.
  • Benjolan ketiak akibat infeksi virus biasanya akan hilang setelah infeksi diobati
  • Benjolan akibat alergi akan pergi jika alergen dihilangkan
  • Benjolan di ketiak tidak segera hilang jika akibat lipoma. Lipoma ini bersifat non kanker, namun perlu diangkat.

Saat Anda menemukan benjolan, selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapat pengobatan. Baca penjelasan di lain artikel : Benjolan Di Ketiak Indikasi Bukan Kanker