Bercak Merah Di Bawah Payudara Belum Tentu Gejala Kanker Payudara, Pelajari Lebih Lanjut…

Payudara muncul bercak-bercak merah, apa artinya? Ruam atau bercak merah di kulit bawah payudara ditandai kemerahan, bengkak, gatal, nyeri, kasar, atau gejala lainnya.

Banyak faktor menjadi penyebab bercak-bercak merah, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berbahaya. Seringkali, ruam muncul tanpa penyebab yang jelas namun bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Bercak-bercak merah ini membutuhkan perhatian khusus. Dalam beberapa kasus, ruam bisa menjadi gejala kanker payudara. Untuk alasan ini, setiap ruam payudara harus diperiksa oleh dokter.

Bercak-bercak merah bukan gejala kanker payudara

Beberapa ruam merah non kanker yang umum muncul di p4yudara dan area tubuh lainnya meliputi:

1. Infeksi jamur

Jamur pada kulit bisa menyebabkan ruam merah, sakit, atau gatal. Candida adalah infeksi jamur biasa yang bisa muncul di bawah payud4ra atau di lipatan kulit lainnya.

2. Reaksi alergi

Dermatitis, gatal-gatal, dan pembengkakan kulit sering disebabkan oleh alergen atau iritan yang menyentuh kulit. Jika kulit terpapar wewangian atau alergen yang bisa menyebabkan alergi, ada kemungkinan muncul bercak-bercak merah

Kondisi kulit lain seperti eksim, dermatitis seboroik, atau psoriasis; juga bisa menyebabkan ruam merah di p4yudara atau kulit tubuh yang lain.

3. Abses payudara

Ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui puting susu. Abses sering mempengaruhi ibu menyusui, akibat puting retak atau teriritasi.

Gejala termasuk benjolan, panas, merah, atau nyeri kadang keluar nanah. Pengobatan biasanya mencakup pengeringan abses dan antibiotik.

4. Mastitis

Wanita menyusui mungkin mengalami mastitis atau peradangan akibat penumpukan susu di saluran duktus.

Mastitis adalah infeksi pada saluran susu akibat tersumbat yang memungkinkan bakteri tumbuh.

Mastitis ditandai ruam merah, demam, dingin, dan perasaan seperti meriang.

Bercak-bercak merah akibat gejala kanker payudara

Sebagian besar, ruam merah belum tentu gejala kanker. Namun, itu bisa jadi bagian dari ciri-ciri kanker payudara. Ruam atau bercak-bercak merah di kulit payudara harus diperiksa oleh dokter.

Dibawah ini adalah beberapa kondisi bercak-bercak merah terkait penyakit kanker payudara

1. Kanker payudara inflamasi

Kanker payudara inflamasi (IBC) adalah bentuk kanker payudara ganas yang tumbuh dan menyebar dengan cepat, ditandai kulit bersisik, pembengkakan dan kemerahan.

Gejalanya sering tampak seperti iritasi kulit, meliputi:

– Pembengkakan
– Penebalan kulit
– Bersisik seperti warna kulit jeruk
– Rasa nyeri dan gatal
– Berat sebelah di salah satu payudara
– Perubahan puting susu, seperti inversi, perataan, atau pelepasan

2. Penyakit Paget payudara

Penyakit Paget adalah sejenis kanker payudara yang mempengaruhi kulit, dikenal dengan areola.

Penyakit Paget biasanya diobati dengan kemoterapi atau bedah pengangkatan sebagian atau seluruh payudara.

Gejala penyakit Paget meliputi:

– Puting atau lokasi areola terasa sangat gatal
– Perubahan kulit di sekitar puting susu, seperti kemerahan, pengerasan, pengelupasan, atau penebalan
– Puting yang menjadi rata
– Keluar nanah atau darah dari puting

Terakhir, semua wanita yang menggunakan obat atau menjalani perawatan kanker payudara harus bertanya kepada tim kesehatan tentang kemungkinan efek samping pengobatan, termasuk ruam atau bercak kemerahan.

Sumber referensi:

Inflammatory breast cancer. (2016, January 6). Retrieved from https://www.cancer.gov/types/breast/ibc-fact-sheet

Candidiasis. (2016, October 6). Retrieved from https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/

Breast abscess. (2014, August 14). Retrieved from http://www.nhs.uk/conditions/Breast-abscess/Pages/Introduction.aspx

Oakley, A. (2003). Candidiasis of skin folds. Retrieved from http://www.dermnetnz.org/topics/candidiasis-of-skin-folds/

Inflammatory breast cancer. (2016, August 18). Retrieved from https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/understanding-a-breast-cancer-diagnosis/types-of-breast-cancer/inflammatory-breast-cancer.html

Rash. (2017, February 18). Retrieved from http://www.breastcancer.org/treatment/side_effects/rash

Paget disease of the breast. (2012, April 10). Retrieved from https://www.cancer.gov/types/breast/paget-breast-fact-sheet

Understanding your eczema. (n.d.). Retrieved from https://nationaleczema.org/eczema/