Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Mammae / Apa Itu Kanker Payudara Duktal Karsinoma In Situ

Apa Itu Kanker Payudara Duktal Karsinoma In Situ

/
/
/
img
0
(0)

Duktal karsinoma in situ adalah tumor di saluran payudara saat sel-sel membelah tak terkendali namun belum berkembang ke jaringan di dekatnya atau di luar saluran.

Duktal karsinoma in situ (DCIS – Ductal Carcinoma In Situ) bersifat non invasif, artinya belum atau tidak mampu berkembang ke jaringan lain. DCIS juga dikenal sebagai kanker payudara lokal.

Makna in situ adalah berada di tempat asalnya. Sedangkan makna duktal atau duktus adalah sebuah tabung payudara yang terdiri dari saluran-saluran dan kalenjar lobulus yang mengeluarkan air susu.

Karena fitur ini, DCIS juga disebut kanker pra-invasif atau kanker non-invasif. Kadang DCIS juga disebut sebagai kanker intraductal, karena tetap terkurung di dalam duktus.

Meski tidak invasif, namun bisa menjadi kanker payudara ganas. Penting untuk wanita dengan DCIS untuk mendapat perawatan medis. Para ahli percaya bahwa 30% wanita dengan DCIS akan mengembangkan kanker payudara ganas dalam waktu 10 tahun.

Gejala

Duktal karsinoma in situ memiliki sedikit atau tidak ada gejala. Tapi, beberapa orang mungkin mengalami benjolan atau lepasnya puting susu. Kadang, ada ruam di sekitar puting yang disebut penyakit Paget.

Kanker payudara tipe duktus karsinoma in situ dapat menyerang pria dan wanita. Meski resiko pria lebih sedikit dibanding wanita.

Diagnosa

Sekitar 80% kasus Duktus karsinoma in situ didiagnosa oleh mammogram. Jika mammogram menunjukkan gejala, dokter akan menggunakan biopsi untuk menganalisis sel dan mengkonfirmasi diagnosisnya.

Selain mammogram, uji diagnosa juga meliputi ultrasound atau MRI. Berdasarkan hasil berbagai tes, dokter akan bisa mengetahui ukuran tumor dan seberapa luas bagian yang terkena kanker payudara.

Pengobatan

Tujuan pengobatan DCIS adalah untuk menyingkirkan keseluruhan kanker dari jaringan payudara, baik mendekati atau seluruhnya untuk mencegah risiko kekambuhan.

Jenis pengobatan untuk duktus karsinoma meliputi:

1. Operasi pembedahan

Yang paling umum adalah lumpektomi yang diikuti oleh radiasi. Dalam operasi lumpektomi, ahli bedah menghilangkan seluruh kanker dan area kecil jaringan sehat di sekitarnya

Ini adalah perawatan yang paling umum direkomendasikan mencakup pengangkatan seluruh kanker. Sampel kelenjar getah bening juga dapat diangkat dari axilla atau arm pit untuk memeriksa keterlibatan kelenjar getah bening.

Beberapa wanita kemungkinan kambuhnya kanker sangat kecil setelah operasi lumpektomi. Jika kanker kembali kambuh, radiasi bisa diberikan untuk menghilangkan sisa-sisanya.

2. Pengobatan tambahan

Ini termasuk radioterapi dan terapi hormonal. Kemoterapi biasanya tidak diperlukan pada pasien dengan DCIS. Terapi radiasi bisa digunakan setelah operasi untuk membersihkan sisa-sisa sel kanker.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :