Komplikasi Dan Efek Samping Setelah Operasi Bedah Kanker Payudara

Apa saja efek samping operasi bedah kanker payudara? Operasi kanker payudara umumnya dianggap aman, namun seiring dengan operasi bedah apapun, ada risiko komplikasinya.

Kemungkinan masalah komplikasi yang muncul,meliputi:

– Infeksi.
– Hematoma. Penumpukan darah di bawah kulit Anda
– Penumpukan cairan di bawah kulit Anda
– Lymphedema. Bengkak di lengan
– Efek buruk terhadap anestesi

Bicaralah dahulu dengan dokter Anda tentang semua komplikasi dan efek yang muncul sebelum Anda menjalani operasi. Staf medis akan mengawasi semua masalah saat Anda berada di rumah sakit.

Efek samping bedah kanker payudara

Setelah Anda di rumah, Anda harus mengetahui gejala masalah:

1. Infeksi.

Tanda-tanda: ada kemerahan atau pembengkakan insisi dengan nanah, kadang berbau busuk. Gejala bisa demam. Biasanya, antibiotik bisa mengobati infeksi ini.

2. Lymphedema.

Ciri-ciri: pembengkakan lengan atau tangan di sisi operasi akibat pengangkatan kelenjar getah bening di bawah lengan. Namun, komplikasi ini bisa hilang dengan sendirinya.

Anda mungkin perlu fisioterapi atau beberapa perawatan meliputi:

– Pengeringan cairan
– Kompresi perban untuk menjaga pembengkakan
– Perawatan kulit
– Latihan lengan

3. Seroma

Ciri-ciri: ada pembengkakan dari penumpukan cairan di bekas operasi. Biasanya cairan diserap tubuh. Jika tidak segera hilang, dokter mungkin perlu menghilangkan cairan menggunakan jarum khusus.

Segera beritahu dokter, jika Anda merasa sakit dan kaku di bahu. Kadang, ada mati rasa atau sensasi yang tidak biasa di lengan atas atau ketiak. Biasanya efek samping ini hilang seiring berjalannya waktu.

Efek samping bedah rekonstruksi

Banyak wanita setelah operasi bedah kanker payudara memilih direkonstruksi dengan implan setelah kanker mereka diangkat.

Masalah yang sering terjadi, termasuk:

– Infeksi
– Kesembuhan yang buruk
– Kebocoran atau pecahnya implan
– Jaringan parut di sekitar implan

Sebelum menjalani operasi, dokter Anda akan memberi informasi tentang prosedur, pemulihan, dan perawatan lanjutan.

Bila Anda memahami prosedur pembedahan dan kemungkinan komplikasi, Anda akan lebih mampu merawat diri sendiri dan mengatasi efek samping sejak dini.