Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Mammae / Kerusakan Otak Akibat Kemoterapi Dan Solusinya

Kerusakan Otak Akibat Kemoterapi Dan Solusinya

(0)

Kerusakan Otak Akibat Kemoterapi. Setelah menjalani kemoterapi kanker, beberapa wanita merasa sulit berkonsentrasi atau pelupa, kondisi ini disebut kemo otak (chemo brain) atau kemo kabut (chemo fog)

Biasanya, efek ini segera membaik seiring berjalannya waktu setelah pengobatan selesai, tapi bagi sebagian orang bisa permanen.

Penderita kanker akan cenderung memiliki perubahan memori dan tingkat konsentrasi meskipun tanpa kemoterapi, pakar kesehatan menyebut sebagai gangguan kognitif, disfungsi kognitif atau perubahan kognitif terkait kanker.

Beberapa ahli berpendapat bahwa kemoterapi dapat mempercepat proses disfungsi kognitif. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Siapa yang berisiko?

Siapa pun yang memiliki pengobatan kanker mungkin terpengaruh oleh ‘chemo brain’, namun bagi beberapa orang tertentu mungkin lebih cenderung mengalaminya daripada yang lain.

Gejala Kerusakan Otak Akibat Kemoterapi

Gejala efek kemoterapi pada otak bervariasi antara individu satu dengan yang lainnya. Anda mungkin memiliki perubahan dalam ingatan, konsentrasi, kemampuan untuk berpikir jernih dan cara menerapkan hasil pemikiran.

Kadang, Anda kurang fokus dalam kehidupan sehari-hari, atau sulit menemukan kata-kata yang tepat, menyelesaikan kalimat ucapan, atau kadang kehilangan tempat suku kalimat saat membaca.

Solusi mengatasi efek samping kemoterapi pada otak

Membuat catatan

Catatan harian tentang bagaimana perasaan Anda, ini dapat membantu mengidentifikasi saat Anda berada pada posisi sulit. Catatan membantu Anda mengingat sesuatu.

Senam otak

Cobalah mengisi teka-teki atau aplikasi latihan otak untuk membantu meningkatkan memori. ATau, ikuti program senam otak

Bersantai

Stres dan kecemasan bisa mempengaruhi ingatan dan konsentrasi Anda. Teknik relaksasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, termasuk yoga, pijat relaksasi, senam pernafasan, liburan wisata dll.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :