Kerusakan Saraf Akibat Kemoterapi Dan Solusinya

Kerusakan Saraf Akibat Kemoterapi. Obat kemoterapi bisa memberi efek samping terhadap kerusakan saraf di jari tangan dan kaki. Kerusakan saraf ini tidak selalu disebabkan efek samping kemo, tetapi juga bisa akibat pengaruh dari serangan sel kanker payudara itu sendiri.

Anda menderita neuropati perifer. Saraf perifer bertugas mengirim pesan ke/dari otak dan pesan ke/dari sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat) dan juga bagian tubuh lainnya.

Saraf perifer di tangan dan kaki adalah saraf yang paling rentan terhadap kerusakan. Neuropati perifer tidak selalu akibat terapi kemo, tapi juga bisa disebabkan oleh massa kanker yang menekan saraf atau perawatan kanker lain seperti radioterapi.

Jenis Obat kemoterapi yang menyebabkan kerusakan saraf

Neuropati perifer adalah kejadian paling umum pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Obat kemo yang paling merusak saraf adalah:

– vinorelin
– docetaxel
– eribulin
– paclitaxel
– carboplatin
– cisplatin

Obat ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf membuat Anda merasakan sensasi seperti rasa sakit, panas, peka terhadap sentuhan dan getaran (kerusakan saraf sensorik).

Bagaimana kemoterapi menyebabkan kerusakan saraf?

Anda mengalami neuropati perifer tergantung pada:

– obat atau kombinasi obat yang Anda miliki
– dosis yang diresepkan
– riwayat pengobatan yang menyebabkan neuropati perifer
– Anda juga penderita diabetes

Gejala Kerusakan Saraf Akibat Kemoterapi

Gejala neuropati perifer antara lain:

– Rasa sakit dan sensasi terbakar
– mati rasa
– reaksi kesemutan
– seperti tertusuk jarum
– Sangat sensitif terhadap sentuhan

Bagi beberapa individu, gejala segera hilang setelah berhenti pengobatan. Di sebagian orang lain, gejala akan bertahan lebih lama, namun berangsur membaik selama beberapa minggu dan beberapa bulan setelah perawatan rampung.

Dan di sebagian orang yang lain lagi, beberapa gejala mungkin permanen dan tidak hilang sama sekali. Kadang-kadang, gejalanya memburuk meskipun pengobatan dihentikan.

Solusi mengatasi efek samping kemoterapi pada saraf

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah atau mengobati neuropati perifer. Jika Anda telah mengalami neuropati perifer dan memerlukan perawatan kanker lebih lanjut, dokter akan mendiskusikan penggunaan obat-obatan yang sedikit efek samping.

Menghindari cedera

Jika kaki/tangan mengalami mati rasa, hindari aktifitas yang memicu cedera. Jangan berjalan tanpa alas kaki; lindungi tangan dan kaki Anda dari situasi terlalu panas atau dingin.

Penting memeriksa setiap luka pada tangan dan kaki untuk ditangani lebih cepat. Terlambat mengatasi luka, menyebabkan cedera semakin parah atau Anda akan mengalami infeksi.