Efek Samping Radioterapi Kanker Payudara Pada Jangka Panjang

Beberapa efek radioterapi bisa berkembang berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah akhir radioterapi. Namun, peralatan sekarang dilengkapi akurasi dalam menandai area kanker yang tepat untuk diobati, membuat efek samping jangka panjang ini berkurang.

Efek radioterapi breast cancer dalam jangka panjang yang serius, meskipun sangat jarang terjadi. Para ahli sepakat bahwa, meski radioterapi memberi efek sampingan, namun manfaat pengobatan kanker dengan radioterapi adalah lebih besar ketimbang risiko yang mungkin diterima penderitanya.

5 Potensi Efek radioterapi breast cancer dalam jangka panjang tersebut bisa diakses di lampiran bawah ini

1. Fibrosis payu*dar*

Radioterapi ke payu*dar* dan / atau di bawah lengan bisa menyebabkan pengerasan jaringan yang disebut fibrosis. Fibrosis terjadi karena penumpukan jaringan parut.

Jika fibrosis menjadi parah, payu*dar* bisa mengecil dan keras. Fibrosis payu*dar* terjadi beberapa bulan atau tahun setelah radioterapi selesai.

2. Telangiektasia kulit

Radioterapi di bawah kulit, pembuluh darah kecil bisa pecah, yang dikenal sebagai telangiectasia. Ini kondisi permanen dan tidak ada pengobatan untuk itu.

3. Kerapuhan tulang rusuk dan selangka

Tulang rusuk dan selangka bisa rapuh selama radioterapi. Pada beberapa orang, ini mungkin berlanjut lama tapi biasanya membaik secara bertahap dari waktu ke waktu.

Melemahnya tulang di daerah yang dirawat, bisa menyebabkan patah tulang.

4. Radang paru-paru

Terkadang setelah radioterapi kanker ke area dada, paru-paru bisa meradang menyebabkan batuk kering atau sesak napas. Ini biasanya sembuh sendiri meski butuh waktu relatif lama dari waktu ke waktu.

5. Neuropati perifer

Kerusakan pada saraf di lengan yang diobati dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, nyeri, kelemahan dan mungkin beberapa orang kehilangan fungsi mobilitas/gerakan.

Jika Anda khawatir dengan efek samping apa pun, bicarakan dengan ahli radiografi, ahli onkologi atau perawat breast cancer Anda

Efek Samping Radioterapi Kanker Payudara Pada Jangka Panjang
5 (100%) 1 vote[s]