Faktor Risiko Kanker Payudara Yang Bisa Dicegah Dan Tak Bisa Dicegah

Faktor penyebab adalah segala sesuatu yang meningkatkan risiko untuk menyebabkan atau memicu kanker payudara. Ada 2 faktor risiko, yaitu faktor bisa dicegah dan faktor risiko yang tidak bisa dicegah.

Sebagai contoh, ada beberapa faktor penyebab kanker payudara di luar kendali kita atau sulit dicegah termasuk usia, riwayat keluarga, dan riwayat penyakit. Namun, ada beberapa faktor penyebab lain yang bisa kendalikan, seperti berat badan berlebih, aktivitas fisik, atau penyalahgunaan alkohol.

Faktor penyebab kanker payudara bisa dicegah

1. Berat badan berlebih

Jaringan lemak adalah sumber utama estrogen setelah menopause setelah ovarium berhenti memproduksi hormon. Memiliki berat berlebih atau obesitas berarti memiliki kadar estrogen tinggi.

2. Kesalahan Diet.

Studi mengaitkan antara diet lemak dan risiko kanker payudara. The Women’s Health Initiative Trial merekomendasi bahwa diet rendah lemak bisa mengurangi risiko penyakit

3. Minimnya Olahraga.

Banyaknya penelitian membuktikan bahwa aktifitas fisik dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker payudara. The American Cancer Society merekomendasikan untuk aktifitas fisik 45-60 menit sehari selama 5 kali atau lebih dalam seminggu.

4. Penyalahgunaan alkohol.

Alko mengurangi fungsi hati Anda untuk mengendalikan hormon estrogen darah, dampaknya akan meningkatkan risiko penyebab kanker payudara.

5. Paparan estrogen.

Hormon estrogen wanita merangsang perkembangan sel abnormal di mammae. Paparan estrogen jangka lama cenderung menyebabkan risiko kanker mammae.

6. Penggunaan kontrasepsi oral

Pil KB sedikit menyebabkan peningkatan resiko breast cancer. Wanita yang berhenti memakai lebih dari 10 tahun dinyatakan sedikit atau berkurang untuk risiko kanker payudara.

Faktor penyebab kanker payudara sulit dicegah

1. Jenis kelamin.

Jenis wanita adalah faktor penyebab karsinoma mammae paling signifikan karena aktivitas hormon estrogen dan progesteron.

2. Usia.

Pertambahan usia merupakan faktor penyebab karsinoma mammae terbesar. Dari usia 30 sampai 39, risikonya adalah 44%.

3. Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki kerabat kandung (ibu, saudara perempuan) yang pernah menderita kanker payudara atau kanker ovarium (sebelum berusia 50), Anda berisiko kanker payudara.

4. Terapi radiasi dada.

Riwayat terapi radiasi ke daerah dada saat kecil atau masa remaja dikaitkan dengan penyebab kanker payudara. Risiko penyakit lebih meningkat jika radiasi diberikan selama masa remaja.

5. Hiperplasia sel.

Biopsi bisa menjadi faktor risiko untuk mengembangkan kanker payudara akibat perubahan pertumbuhan berlebih dari sel (disebut hiperplasia).

6. Paparan estrogen alami dan lingkungan.

Beberapa faktor risiko ini tidak terkendali, seperti: – Menstruasi usia muda (sebelum usia 12) – Menopause setelah usia 55 – Paparan estrogen lingkungan seperti pestisida (DDT), menghasilkan zat mirip hormon estrogen saat disintesis oleh tubuh

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait