Paget’s Disease

Penyakit kanker paget payu*dar*, atau penyakit Paget puting susu – adalah jenis breast cancer dimana sel kanker terkumpul di dalam atau di sekitar puting susu.

Perjalanan sel kanker biasanya dimulai saluran puting terlebih dahulu, lalu menyebar ke permukaan puting susu dan areola (lingkaran gelap di kulit sekitar puting susu).

Puting dan areola menjadi bersisik, merah, dan gatal. Penyakit kanker paget payu*dar* terjadi pada kurang dari 5% wanita dengan breast cancer. Pria juga bisa terkena penyakit Paget tapi ini sangat jarang.

Penyakit Paget payu*dar* tidak sama dengan penyakit Paget pada tulang. Mengingat lebih dari 97% orang dengan penyakit Paget juga menderita breast cancer, baik jinak (DCIS – Duktal Carsinoma In Situ) atau kanker ganas (IDC – Invasive Duktal Karsinoma), sedikit perubahan pada puting susu dan areola sering merupakan indikasi pertama bahwa ca mammae hadir.

Diagnosis Dokter belum sepenuhnya kuat bagaimana penyakit Paget berkembang. Salah satu kemungkinannya adalah sel kanker mulai tumbuh di dalam duktus dan kemudian berjalan keluar ke permukaan puting susu.

Keadaan ini akan menjelaskan mengapa begitu banyak orang dengan penyakit Paget puting susu memiliki area kedua jenis breast cancer, yaitu karsinoma duktal invasif dan duktal karsinoma in situ.

Penyakit Paget pada puting susu lebih sering terjadi pada wanita, tapi juga bisa menyerang pria. Penyakit ini biasanya berkembang setelah usia 50 tahun. Menurut National Cancer Institute, rata-rata usia diagnosis pada wanita adalah 62, dan untuk pria, di 69.

Gejala Kanker Paget Payudara

Gejala penyakit kanker paget payu*dar* menyebabkan kulit di sekitar puting menjadi merah, sakit, dan bersisik. Pada awalnya, gejala ini cenderung datang dan pergi, hadir, hilang, lalu kambuh lagi.

Seiring waktu, gejala penyakit Paget biasanya memburuk dan menyebabkan berbagai gejala termasuk:

• gatal, gatal, dan / atau sensasi terbakar di puting susu
  • nyeri dan sensitivitas
  • penebalan kulit aerola
  • puting susu rata atau menyusut
  • Keluar cairan seperti nanah berwarna kekuningan atau keputihan dari puting susu

Karena penyakit Paget pada puting susu jarang terjadi, dokter sering kali menyalahartikannya sebagai penyakit eksim (ruam dan radang kulit yang parah), infeksi atau cedera, atau kondisi kulit lainnya.

Bagi banyak orang, diperlukan beberapa bulan untuk mendapatkan diagnosis yang benar. Jika Anda memiliki gejala di atas, segerakan mendapat perawatan oleh dokter spesialis kanker. Dalam kebanyakan kasus, penyakit Paget mempengaruhi salah satu mammae, jarang pada keduanya.

Paget’s Disease
5 (100%) 2 vote[s]