8 Jenis Kanker Payudara Ganas Berdasarkan Diagnosis

Kanker Payudara Ganas

Ada banyak jenis kanker payudara ganas dan setiap kasus biasanya diklasifikasikan menurut jenisnya berdasarkan proses diagnostik, karena setiap jenis kanker payudara akan mempengaruhi pilihan perawatan yang tepat untuk setiap pasien.

8 Jenis kanker payudara ganas yang paling umum akan dibahas lebih rinci di bawah ini.

1. Karsinoma Ductal In Situ (DCIS)

Karsinoma Duktal In Situ (DCIS) adalah bentuk awal dari kanker payudara ganas dengan munculnya sel kanker di dalam saluran susu namun belum belum menyebar ke daerah lain.

Karsinoma Duktal In Situ kadang-kadang disebut sebagai kanker intraductal, non-invasif, atau pra-invasif. Tanpa perawatan, DCIS bisa menyebar ke daerah lain dan menjadi kanker payudara invasif.

2. Invasive Ductal Carcinoma (IDC)

Karsinoma duktal invasif adalah jenis kanker payudara yang paling umum didiagnosis. Jenis kanker payudara ini juga kadang disebut tidak ada tipe khusus (NST – No Special Type) atau tidak ditentukan (NOS – Not Otherwise Specified).

Ada berbagai subtipe karsinoma duktal invasif, yang meliputi:

– Tubular karsinoma.

Ciri-ciri: biasanya pertumbuhan kecil (kurang dari 1 cm) dan tersusun membentuk tabung, makanya dinamakan “tubulus”

– Karsinoma meduler

Ciri-ciri: massa lembut dan berdaging yang menyerupai medula otak.

– Karsinoma mucinous (atau koloid)

CIri-ciri: tumor terdiri dari sel abnormal yang muncul di genangan mucin.

– Papillary carcinoma

Ciri-ciri: tumor dengan proyeksi kecil dan batas yang jelas.

– Karsinoma Cribriform

Ciri-ciri: sel abnormal menyerang stroma antara saluran dan lobulus payudara.

3. Invasive Lobular Carcinoma (ILC)

Karsinoma lobular Invasive adalah jenis kanker payudara kedua yang paling umum didiagnosis, mengikuti Karsinoma duktal invasif. Pada tipe ini, sel kanker di lobulus payudara telah menyebar ke jaringan sekitarnya.

4. Kanker Payudara Inflamasi

Kanker payudara inflamasi adalah jenis kanker payudara langka yang melibatkan kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang terkena.

5. Lobular Carcinoma in Situ (LCIS)

Karsinoma Lobular In Situ adalah pertumbuhan sel abnormal yang dimulai pada lobulus payudara, yang merupakan kelenjar di ujung saluran yang bertanggung jawab untuk produksi susu.

In situ berarti bahwa pertumbuhan sel abnormal terbatas pada lobulus dan belum menyebar ke jaringan sekitarnya, walaupun hal ini bisa terjadi di masa depan.

6. Penyakit Paget puting susu

Penyakit Paget puting susu adalah jenis kanker payudara yang jarang ditemukan dengan ruam merah dan bersisik pada kulit dan puting susu.

7. Phyllodes Tumor Payudara

Tumor phyllodes, juga dikenal sebagai cystosarcoma phyllodes, adalah jenis kanker payudara langka yang melibatkan sel tumor tumbuh seperti pola daun.

Jenis ini cenderung tumbuh dengan cepat, namun biasanya terlokalisir di area payudara dan tidak menyebar ke seluruh tubuh.

8. Subtipe Molekuler Kanker Payudara

Ada beberapa subtipe molekuler kanker payudara sesuai dengan jenis gen yang diungkapkan sebagai sel kanker. Ini termasuk:

– Luminal A

Diagnosa: reseptor hormon positif, kadar protein Ki-67 rendah dan kadar HER2 rendah . Subtipe ini cenderung tumbuh perlahan dan dikaitkan dengan prognosis yang baik.

– Luminal B

Diagnosa: hormon reseptor positif dan kadar protein Ki-67 tinggi. Subtipe ini cenderung tumbuh lebih cepat daripada luminal B dan dikaitkan dengan prognosis yang lebih buruk.

– Triple negative

Diagnosa: reseptor hormon negatif dan HER2 negatif. Subtipe ini biasa terjadi pada wanita dengan mutasi pada gen BRCA1.

– HER2

Diagnosa: reseptor hormon negatif dan positif HER2. Subtipe ini cenderung tumbuh lebih cepat daripada subtipe luminal dan memiliki prognosis buruk tanpa pengobatan, namun terapi yang ditargetkan bisa memperbaiki hasil pengobatan untuk individu yang terkena.

– Normal like

Diagnosa: reseptor hormon positif, kadar protein Ki-67 rendah dan HER2 rendah. Subtipe ini mirip dengan luminal A namun memiliki prognosis yang sedikit lebih buruk

Sumber Referensi

http://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/type/breast-cancer/about/types/
http://www.cbcf.org/central/aboutbreastcancermain/diagnosis/pages/breastcancertypes.aspx
https://www.breastcancercare.org.uk/information-support/facing-breast-cancer/diagnosed-breast-cancer/primary-breast-cancer
http://www.nationalbreastcancer.org/types-of-breast-cancer
http://www.macmillan.org.uk/information-and-support/breast-cancer/understanding-cancer/types-of-breast-cancer.html

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 2 Dan Rumus TNM Kanker payudara stadium 2 menunjukkan bahwa ukuran dan bentuk kanker agak sedikit lebih maju. Pada kanker payudara tahap 2 ini, sel kanker telah menyebar di luar lokasi asalnya dan mulai masuk ke jaringan mammae di sekitarnya. Ukuran […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 3 Dan Sistem TNM nya Kanker payudara stadium 3 adalah bentuk kanker payudara ganas yang telah menyebar ke area sekitar, namun belum menyebar lebih jauh ke bagian tubuh lain. Ciri khas kanker payudara stadium 3 ini dilihat dari ukuran dan situs […]
  • Karakteristik Tahapan Kanker Payudara Berdasar Stadium 0, 1, 2,3,4 Tahapan atau kanker payudara stadium 0 1 2 3 4 menjadi penting karena digunakan dalam menentukan jenis apa pilihan pengobatan yang sesuai dan direkomendasikan. Stadium kanker payudara diberi ditandai dengan angka 0 1 2 3 sampai 4: – […]
  • Kanker Payudara Stadium 3: Sel Kanker Menyebar Ke Getah Bening Kanker payudara stadium 3 artinya sel-sel kanker telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening di daerah ketiak atau kelenjar getah bening di dekat tulang dada, namun belum ke organ lain Karena kelenjar getah bening mengalirkan darah, […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 4, Gejala Dan Rumus TNM Kanker payudara stadium 4 juga disebut kanker payudara stadium lanjut. Pada tahap 4 ini, kanker ditemukan di mamma dan telah menyebar ke area lain lebih jauh di tubuh Anda. Situs penyebaran sel kanker biasanya ditemukan di paru-paru, […]