Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Lobular In Situ?

Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Lobular In Situ?

Karsinoma lobular in situ (LCIS – lobular carcinoma in situ) adalah nama sel abnormal yang terkandung dalam lobulus mammae. Lobulus adalah kelenjar penghasil susu di akhir saluran mammae.

In situ berarti “di tempat asalnya” menandakan bahwa pertumbuhan sel abnormal tetap berada di dalam lobulus dan tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. Orang yang didiagnosis dengan LCIS cenderung memiliki lebih dari satu lobulus yang terkena.

LCIS bukanlah kanker payudara yang sebenarnya. Namun, LCIS mengindikasikan bahwa seseorang berisiko tinggi terkena ca mammae di masa depan. LCIS didiagnosis sebelum menopause antara 40 dan 50 tahun. LCIS ​​sangat jarang terjadi pada pria.

Beda antara kanker payudara dan karsinoma lobular in situ

Lobular karsinoma (LCIS) mengacu pada sel abnormal yang tetap berada di dalam lobulus mammae dan tidak menyebar ke bagian lain mammae atau tubuh. Pada kanker payudara, sel kanker telah menyebar keluar dari saluran susu ke jaringan payudara di sekitarnya.

LCIS digambarkan sebagai tumor jinak atau perkembangan sel abnormal. LCIS tidak mengancam jiwa penderitanya. LCIS bisa mengancam jiwa jika telah berubah menjadi kanker payudara invasif/ganas, atau karsinoma lobular invasif (ILC – Invasive Lobular Carcinoma).

Apa saja gejala karsinoma lobular in situ?

LCIS ​​biasanya tidak didahului sebagai benjolan. Gejala dan perubahan karena LCIS terkadang muncul pada mammogram.

Sebagian besar kasus LCIS ditemukan saat seorang wanita memiliki biopsi karena alasan lain. Kebanyakan wanita tidak mengetahui adanya gejala pada saat diagnosis.

Apakah LCIS perlu diobati?

Karsinoma in situ (LCIS) ​​tidak sama dengan kanker payudara invasif. LCIS ​​biasanya tidak perlu diobati secara khusus jika tidak ada perubahan abnormal lainnya pada mammae.

Namun, wanita yang memiliki LCIS akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara jenis ILC (karsinoma lobular invasif). Jika seorang wanita memiliki LCIS, penting bahwa dia melakukan pemeriksaan rutin, termasuk:

– Pemeriksaan fisik oleh dokter setahun sekali
– Skrining mammogram / ultrasound setahun sekali.

LCIS ​​merupakan kondisi yang kurang umum sehingga para dokter tidak tahu persis berapa banyak orang yang terkena LCIS dan dampaknya.

Alasan ini karena Lobular karsinoma in situ tidak menimbulkan gejala dan biasanya tidak muncul pada mammogram. Ini cenderung didiagnosis sebagai hasil biopsi yang dilakukan pada mammae karena alasan medis lain.

Bagikan Pada Temanmu!