Gejala Dan Proses Penyebaran Kanker Payudara Ke Paru-Paru

Kanker payudara metastatik mengacu pada kanker payudara yang telah menyebar di luar wilayah lokal atau regional ke tempat yang lebih jauh, disebut kanker payudara stadium 4. Situs penyebaran kanker selain tulang adalah paru-paru.

Proses penyebaran kanker payudara ke paru-paru

Kanker payudara mulai pertumbuhan sel abnormal di jaringan. Karena sel abnormal ini membelah dan berkembang biak, mereka membentuk tumor. Seiring pertumbuhan tumor, sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor primer dan melakukan perjalanan ke organ jauh atau menyerang jaringan terdekat.

Sel kanker bisa masuk ke aliran darah atau bermigrasi ke kelenjar getah bening terdekat di bawah lengan atau di dekat tulang selangka. Begitu berada dalam sistem aliran darah atau getah bening, sel kanker berjalan melalui tubuh dan mendarat di organ lebih jauh.

Setelah sel kanker mencapai paru-paru, mereka bisa mulai berkembang membentuk satu atau lebih tumor baru. Bisa jadi, bersamaan dengan itu, kanker payudara menyebar ke beberapa lokasi secara serempak.

Gejala Kanker Payudara Metastasis Paru-Paru

Beberapa tanda dan gejala kanker payudara menyebar ke paru-paru, seperti:

– Batuk terus-menerus
– Sakit dada
– Sesak napas
– Infeksi berulang di dada
– Kehilangan nafsu makan
– Penurunan berat badan
– Batuk darah
– Sakit dada
– Dada sesak
– Ada cairan antara dinding dada dan paru-paru, disebut efusi pleura

Anda mungkin tidak memiliki gejala yang pasti pada awalnya. Jika Anda mengalaminya, Anda mungkin cenderung menganggapnya itu sebagai gejala flu atau pilek biasa.

Jika Anda punya keluarga dekat sebagai penyandang kanker payudara, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan.

Mengobati Kanker Payudara Metastatik Paru-paru

Pengobatan kanker payudara tergantung pada banyak faktor, seperti jenis kanker payudara, perawatan sebelumnya, dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Faktor penting lainnya adalah di mana kanker telah menyebar dan beberapa lokasi penyebaran

1. Kemoterapi

Kemoterapi bisa efektif dalam membunuh sel kanker metastatik. Pengobatan ini juga dapat membantu mengecilkan tumor dan menghentikan pembentukan tumor baru.

2. Terapi Hormonal

Ini adalah obat-obatan yang menghambat hormon estrogen dan progesteron, dimana kedua hormon ini terkait pertumbuhan kanker.

3. Terapi Tertarget

Beberapa jenis kanker payudara telah menargetkan perawatan seperti:

– Trastuzumab
– Pertuzumab
– Lapatinib
– Penghambat tirosin kinase
– Palbociclib

4. Radiasi

Ini bisa membantu menghancurkan sel kanker di daerah tertentu dan mengurangi gejala kanker payudara menyebar di paru-paru.

5. Pengobatan kanker payudara terbaru

Periset sedang mempelajari berbagai jenis pengobatan baru yang lebih potensial, termasuk:

– Poli (ADP-ribosa) polimerase, atau PARP, inhibitor
– Phosphoinositide-3 (PI-3) kinase inhibitor
– Bevacizumab (Avastin)
– Imunoterapi

Perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko kekambuhan. Rekomendasi untuk skrining kanker payudara bervariasi, tergantung pada usia dan faktor risiko Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang informasi lainnya.