Pengaruh Kanker Payudara Terhadap Kehamilan Dan Bayi

Pengaruh Kanker Payudara Terhadap Kehamilan Dan Bayi

Pengaruh Kanker Payudara Terhadap Kehamilan Dan Bayi. Banyak wanita dengan kanker payudara bisa hamil setelah menjalani pengobatan. Namun, ada beberapa pengobatan yang bisa membuat Anda lebih sulit mendapat kehamilan.

Jika Anda memiliki kanker payudara usia muda dan ingin punya bayi, pikirkan untuk berbicara dengan dokter tentang keinginan Anda sebelum memulai pengobatan.

Kanker payudara paling sering terjadi pada wanita diatas 40 th. Tapi jika Anda adalah wanita muda yang pernah menderita kanker payudara, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang bagaimana pengaruh kanker payudara terhadap kemampuan untuk hamil, dan apakah ada risiko untuk bayi.

Apakah penderita kanker payudara bisa hamil dan memiliki bayi?

Beberapa pengobatan kanker payudara dapat mempengaruhi kesuburan wanita (kemampuan untuk memiliki bayi). Misalnya, kemoterapi untuk kanker payudara bisa merusak ovarium, yang terkadang bisa menyebabkan kemandulan.

Meski begitu, banyak wanita yang bisa hamil setelah perawatan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kanker payudara dan kesuburan sebelum memulai pilihan pengobatan.

Obat kanker payudara apa saja yang menyebabkan kemandulan?

Sebagian besar kemoterapi dapat merusak sel telur yang membuat wanita sulit untuk hamil. Beberapa obat kemoterapi yang paling mungkin menyebabkan kerusakan telur dan ketidaksuburan adalah:

– Busulfan
– Carboplatin
– Carmustine (BCNU)
– Chlorambucil
– Cisplatin
– Cyclophosphamide (Cytoxan ®)
– Dacarbazine
– Doxorubicin (Adriamycin®)
– Ifosfamide
– Lomustine (CCNU)
– Mechlorethamine
– Melphalan
– Procarbazine
– Temozolomide

Obat kanker apa saja yang tidak menyebabkan kemandulan

Di sisi lain, ada obat kemo yang tidak menyebabkan kemandulan, meliputi:

– 5-fluorourasil (5-FU)
– Bleomycin
– Sitarabin
– Daktinomisin
– Daunorubisin
– Fludarabin
– Gemcitabine
– Idarubikin
– Metotreksat
– Vinblastine
– Vincristine

Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat kemoterapi yang akan Anda dapatkan jika Anda ingin punya bayi.

Apakah kehamilan dan menyusui membuat kanker payudara saya kambuh kembali?

Beberapa jenis kanker payudara sensitif terhadap estrogen, jadi ada kekhawatiran bagi wanita yang pernah menderita kanker payudara, karena kehamilan akan meningkatkan hormon estrogen yang bisa membuat kanker payudara kambuh kembali.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehamilan tidak meningkatkan risiko kanker kembali setelah pengobatan berhasil.

Juga tidak ada bukti bahwa menyusui bayi dapat membuat kanker payudara kambuh kembali. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui sebenarnya bisa menurunkan risiko kanker payudara kembali kambuh.

Berapa lama saya harus menunggu untuk hamil setelah pengobatan kanker payudara ?

Jika Anda ingin memiliki anak, beberapa dokter menyarankan agar penderita kanker payudara menunggu setidaknya 2 tahun setelah semua pengobatan selesai.

Waktu terbaik untuk menunggu tidak jelas, namun 2 tahun diperkirakan cukup waktu untuk mendeteksi, apakah ada sel-sel kanker payudara yang muncul kembali.

Jika saya hamil, apakah riwayat kanker payudara saya akan membahayakan bayi saya?

Tidak ada bukti bahwa riwayat masa lalu kanker payudara berdampak langsung pada bayinya. Periset tidak menemukan adanya peningkatan tingkat cacat lahir atau masalah kesehatan jangka panjang lainnya pada anak-anak yang lahir dari wanita yang pernah menderita kanker payudara.

Mungkinkah pengobatan kanker payudara mempengaruhi janin yang belum lahir?

Jika Anda masih menjalani pengobatan kanker payudara, termasuk kemoterapi, terapi hormon, atau terapi yang ditargetkan, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba hamil.

Obat ini bisa mempengaruhi janin yang sedang tumbuh, jadi lebih aman menunggu sampai semua pengobatan selesai sebelum Anda hamil. Namun, tidak boleh menghentikan pengobatan sebelum tuntas karena dapat meningkatkan risiko kanker tumbuh atau kembali.

Bolehkah saya menyusui setelah pengobatan kanker payudara?

Jika Anda pernah menjalani operasi payudara dan / atau radiasi, Anda mungkin mengalami masalah saat menyusui dari payudara yang terkena.

Studi telah menunjukkan penurunan produksi susu dan juga perubahan struktural yang dapat membuat menyusui terasa sakit, atau menyulitkan bayi untuk menyusui. Meski begitu, banyak wanita yang bisa menyusui bayinya

Jika Anda masih mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati kanker payudara Anda (seperti terapi hormon), sangat penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba menyusui. Beberapa obat bisa masuk ke dalam ASI dan bisa mempengaruhi bayi Anda

Sumber referensi

Hickey M, Peate M, Saunders CM, Friedlander M. Breast cancer in young women and its impact on reproductive function. Hum Reprod Update. 2009;15:323-339.

Kwan ML, Bernard PS, Kroenke CH, et al. Breastfeeding, PAM50 tumor subtype, and breast cancer prognosis and survival. J Natl Cancer Inst. 2015 Apr 28;107(7).

National Cancer Institute. Breast Cancer Treatment and Pregnancy (PDQ®). 2017. Accessed at www.cancer.gov/types/breast/hp/pregnancy-breast-treatment-pdq on July 27, 2017.

American Cancer Society medical information, https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/living-as-a-breast-cancer-survivor/pregnancy-after-breast-cancer.html

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Macam-Macam Kanker Payudara Berdasar Tingkat Keganasannya Ada beberapa jenis kanker payudara, yang dikategorikan menjadi 2 tingkat berdasar keganasannya, yaitu kanker payudara tidak ganas (non-invasif) dan kanker payudara ganas (invasif) Jenis Kanker payudara tidak ganas (non-invasif) Sel kanker […]
  • Penyebaran Kanker Payudara ke Otak – Metastasis Leptomeningeal Kanker payudara metastasis otak terjadi saat sel kanker payudara menyebar ke otak. Metastasis otak terjadi pada kanker payudara stadium lanjut, tumor sekunder, atau kanker payudara stadium 4. Setelah kanker payudara menyebar ke otak, ini […]
  • Paresthesia: Tangan Kesemutan Seperti Ditusuk Jarum Lengan paresthesia merupakan sensasi kesemutan yang nyeri di kulit, seperti ditusuk jarum. Bagi pasien kanker payudara yang telah menjalani bedah aksila dan kemoterapi, kadang mengalami paresthesia lengan namun akan sembuh sendiri pada […]
  • Lymphedema – Penyebab Tangan Bengkak Setelah Operasi Payudara Operasi kanker payudara termasuk pengangkatan kelenjar getah bening, Anda berisiko mengembangkan lymphedema (dibaca: limfedema) yang dapat menyebabkan pembengkakan tangan. Operasi bedah kalenjar getah bening dalam istilah medis dikenal […]
  • Mengapa Kanker Payudara Bisa Terjadi Pada Saya? Bagaimana proses mekanisme terjadinya kanker payudara? Terjadinya kanker payudara bermula dan dimulai di jaringan mammae. Kanker payudara terjadi ketika perkembangan sel abnormal di jaringan mammae yang tumbuh sangat cepat dengan cara […]