Penyebaran Kanker Payudara ke Otak – Metastasis Leptomeningeal

Kanker payudara metastasis otak terjadi saat sel kanker payudara menyebar ke otak. Metastasis otak terjadi pada kanker payudara stadium lanjut, tumor sekunder, atau kanker payudara stadium 4.

Setelah kanker payudara menyebar ke otak, ini bisa dirawat tapi sulit disembuhkan. Pengobatan bertujuan untuk mengendalikan dan memperlambat penyebaran kanker, menghilangkan gejala dan memberi Anda kualitas hidup terbaik selama mungkin.

Kanker payudara metastasis ke otak adalah berbeda dengan kanker otak, atau tumor yang dimulai di otak.

Meningitis Karsinomatosa

Metastasis leptomeningeal atau meningitis karsinomatosa adalah kanker payudara sekunder yang menyebar ke selaput leptomeninges yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Leptomeninges merupakan dua lapisan otak paling dalam.

Gejala meningitis karsinomatosa mirip dengan kanker payudara metastasis otak, namun lebih sulit untuk didiagnosis. Biasanya didiagnosis mengikuti pemindaian MRI, atau biopsi untuk mendapatkan sampel cairan untuk pemeriksaan di bawah mikroskop.

Cairan ini adalah cairan serebrospinal (CSF), cairan bening yang mengelilingi dan mendukung otak dan sumsum tulang belakang.

Gejala penyebaran kanker payudara ke otak

Beberapa gejala kanker payudara metastasis otak, bisa meliputi

1. Kejang-kejang

Kejang-kejang adalah periode jangka pendek aktivitas abnormal di otak, ketika penderita mengalami kehilangan kesadaran, otot kejang-kejang, pandangan ke atas, dan sulit bicara.

2. Mual dan muntah

Jika Anda mengalami mual atau muntah, itu mungkin karena kanker payudara sekunder di otak, itu bisa jadi efek samping pengobatan.

Mual dan muntah dapat dikontrol dengan obat benzodiazepin (obat yang bekerja pada saraf otak untuk menghasilkan efek menenangkan).

3. Sakit kepala

Sakit kepala yang terjadi karena adanya penumpukan tekanan di dalam otak yang disebabkan oleh kanker sekunder. Semakin lama, sakit kepala akan semakin memburuk yang sulit hilang sama sekali.

4. Kelelahan yang sangat ekstrem

Kelelahan terkait kanker adalah salah satu gejala paling umum pada orang dengan kanker payudara sekunder. Kelelahan mungkin efek dari kemampuan Anda untuk mengatasi diri Anda sendiri dan lingkungan sekitar.

5. Ada bekuan darah

Orang dengan kanker payudara metastasis otak memiliki risiko lebih tinggi dengan gumpalan darah.

Anda mungkin berisiko penyakit bekuan darah yang dikenal sebagai deep vein thrombosis (DVT). Orang dengan DVT berisiko mengalami emboli paru-paru dimana bekuan darah terlepas dan berjalan ke paru-paru.

Gejala DVT seperti: nyeri, pembengkakan pada betis, kaki atau paha, sulit bernapas, dada sesak, dan kadang batuk-batuk tanpa sebab hingga batuk darah

Pengobatan metastasis otak

1. Radioterapi

Ini adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk kanker payudara sekunder di otak yang melibatkan penggunaan sinar-x energi tinggi untuk menghancurkan sel kanker.

2. Radioterapi

Radioterapi dapat dipertimbangkan untuk orang kanker sekunder kecil di otak.

3. Operasi

Meski operasi bedah belum tentu menyembuhkan kanker payudara metastasis otak, namun pembedahan lebih mungkin dilakukan jika ada satu atau beberapa daerah kanker di otak yang bisa diakses dengan aman oleh ahli bedah.

4. Terapi hormon (endokrin)

Terapi hormon digunakan untuk mengobati kanker payudara reseptor estrogen positif (ER +).

5. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang ditujukan untuk menghancurkan sel kanker dengan menggunakan obat sitotoksik kanker.