Tahap-Tahap Penyebaran Sel Kanker Payudara Dan Pengobatannya

Pengobatan Kanker Payudara Ganas

Kanker payudara metastasis adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan stadium lanjut kanker payudara, dimana sel-sel kanker telah menyebar dari tempat asalnya ke jaringan di dekatnya dan organ lain di tubuh.

Tahap-Tahap Penyebaran Kanker Payudara

Ada beberapa fase dari sel kanker payudara yang bermetastasis meliputi:

1. Tahap pertama, sel-sel kanker ganas membelah dan melepaskan diri dari tumor primer kemudian menembus matriks ekstraselular di sekitarnya.
2. Selanjutnya, sel-sel kanker tersebut masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke semua organ seperti hati, ginjal, tulang dan otak. Penyebaran sel kanker melalui pembuluh darah disebut penyebaran hematogen.
3. Selain itu, sel kanker juga dapat memasuki sistem limfatik dan berjalan di sepanjang saluran getah bening ke bagian tubuh lainnya, disebut penyebaran limfatik.

Penyebaran sel kanker, baik menyebar melalui saluran darah atau saluran getah bening, mereka akan mencapai organ vital kemudian mulai tumbuh. Situs yang paling sering dijadikan target penyebaran oleh sel kanker payudara adalah paru-paru, hati, tulang dan otak.

Pengobatan Kanker Payudara Metastasis

Kanker payudara metastasis merupakan tahap lanjut paling maju dari kanker payudara di mana mengobati kanker bertujuan mencapai kelangsungan hidup jangka panjang.

Wanita dengan kanker payudara metastasis memiliki prognosis atau kelangsungan hidup 5 tahun lebih rendah dibandingkan wanita dengan kanker payudara stadium awal.

Tujuan pengobatan

Pengobatan bertujuan untuk wanita dengan kanker payudara ganas dan menyebar luas ini meliputi:

– Memperpanjang umur
– Mengurangi tingkat gejala
– Menjaga atau meningkatkan kualitas hidup

Hal-hal yang menentukan pengobatan

Pengobatan tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

– Lokasi penyebaran
– Jumlah situs yang terkena dampak metastasis
– Tingkat agresivitas metastasis
– Kondisi kesehatan, usia dan kemampuan pasien untuk menjalani disiplin terapi kanker
– Kegagalan dan keberhasilan saat menjalani pengobatan dini
– Tingkat keparahan gejala

Macam-macam pengobatan

Perawatan untuk kanker payudara yang  telah menyebar, ditawarkan meliputi:

1. Terapi Hormon

Ini cocok untuk wanita penderita kanker yang positif untuk reseptor estrogen (ER +), sebuah reseptor yang bisa ditargetkan untuk mencegah pertumbuhan kanker payudara akibat paparan estrogen.

Meskipun kanker payudara telah menyebar jauh ke bagian, kanker akan menyusut sebagai respons terhadap terapi hormon. Oleh karena itu, terapi hormon adalah pengobatan utama pada tahap ini.

2. Terapi biologis tertarget

Agen ini menargetkan reseptor permukaan sel tertentu, disebut reseptor HER2 (Human Epidermal Growth Factor Receptor 2). Sel kanker payudara dengan lebih dari dua salinan gen HER2 menampilkan lebih banyak protein HER2 di permukaannya dan sel-sel ini dapat ditargetkan dengan agen terapi seperti trastuzumab (Herceptin).

Herceptin dapat mengikat HER2 pada sel tumor primer serta sel kanker bermetastasis. Agen terapi biologis ini hanya dapat digunakan pada individu yang memiliki hasil posistif kanker yaitu HER2-positif.

3. Kemoterapi

Kemoterapi dengan obat kemo kanker tradisional cocok untuk mereka yang tidak positif ER. Agen kemoterapi dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan membunuh sel kanker.

4. Terapi radiasi

Terapi radiasi bisa diberikan sebagai tindakan paliatif untuk membunuh sel kanker dan meringankan gejala kanker menyebar ke organ lain, khususnya ke tulang.

5. Bedah

Pembedahan jarang digunakan pada kanker payudara metastatik, karena kanker sudah menyebar jauh ke organ dan biasanya operasi gagal untuk menghilangkan semua sel kanker.

Namun, operasi bedah ini bisa digunakan sebagai terapi paliatif untuk meringankan gejala kanker lanjut.

Sedangkan penanganan nyeri dan perawatan paliatif dapat digunakan untuk mengurangi gejala dan mengurangi rasa sakit akibat penyebaran sel-sel kanker payudara.