Papiloma Intraduktal

Kanker payudara papiloma intraduktal adalah sekelompok tumor jinak pada payudara yang berasal dari epitel duktus lactiferous, sebuah sistem yang menghubungkan lobulus kelenjar susu dengan ujung puting susu.

Jenis papiloma intraduktal

Ada dua tipe kanker payudara papiloma, yaitu

1. Papiloma sentral

Kanker payudara papiloma sentral adalah tumor yang muncul di daerah subareolar, biasanya muncul dalam mode soliter selama perimenopause.

2. Papiloma perifer.

Papiloma intraduktal perifer berkembang pada wanita muda, kanker muncul di dalam terminal duktus lobular

Gejala dan Manifestasi klinis

Secara klinis, papiloma intraductal ditandai inflamasi dan puting keluar cairan (nanah atau darah, nipple discharge) sebagai patologisnya akibat pendarahan intraductal.

Fitur utama sebagai pembeda antara papilloma jinak dan papiloma ganas adalah epitel.

Pada papilloma jinak, lapisan epitel didukung oleh sel myoepithelial yang masih normal, sedangkan papiloma ganas menunjukkan adanya lapisan sel myoepithelial yang terganggu atau rusak.

Diagnosa

Dokter mendiagnosis kanker payudara papiloma intraduktus dengan memeriksa sekresi susu serosa atau sekam atau dengan menggunakan aspirasi jarum halus dari lesi yang teraba.

Metode duktografi merupakan cara aman dan sederhana untuk memvisualisasikan sistem saluran yang terkena kanker.

Pada metode pencitraan menggunakan MRI (resonansi magnetik), papilloma intraductal tersusun dari massa luminal kecil hingga lesi yang tidak teratur yang menyulitkan untuk mengukur tingkat keganasan.

Teknik ultrasound 3D tampaknya bisa menjadi pelengkap diagnosa yang baik dalam memvisualisasikan gambar papiloma intraduktus dan gangguan lainnya di dalam saluran duktus.

Penanganan dan pengobatan

Kanker payudara papiloma intraduktus sentral yang tidak terkait dengan kerusakan mioepitel dianggap tumor payudara jinak.

Namun demikian, individu dengan beberapa papiloma intraduktal memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara ganas, jadi peninjauan tahunan dengan mamografi digital berulang harus direkomendasikan.

Microdochectomy adalah operasi penghapusan duktus laktiferus, organ patologis yang menyebabkan pelepasan puting susu, tetap merupakan prosedur operasi yang efektif untuk mengelola papiloma intraductal.

Biopsi intraduktal terpandu oleh endoskopi duktus merupakan pendekatan kuratif dan diagnostik, walaupun kadang memerlukan validasi tambahan dalam praktikal klinis kuantum untuk menegakkan diagnosa.

Sumber referensi

Karakas C, Resetkova E, Sahin AA. Papillary Lesions of the Breast. In: Palazzo JP, editor. Difficult Diagnoses in Breast Pathology. Demos Medical Publishing LLC, New York, 2011; pp. 56-87.
https://medlineplus.gov/ency/article/001238.htm
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4476356/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1395317/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3558092/

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!