Apa Itu Kanker Payudara Sekunder?

kanker payudara sekunder

Kanker payudara sekunder adalah sel kanker payudara menyebar dari kanker primer (situs asal pertama) ke bagian tubuh yang lain melalui sistem limfatik.

Jadi, Secondary breast cancer diistilahkan lain sebagai kanker payudara metastastik. Informasi di bawah ini dapat membantu Anda lebih memahami tentang apa saja terkait kanker payudara sekunder.

Tanda dan gejala kanker payudara sekunder

Banyak tanda dan gejala yang serupa dengan kondisi lainnya. Sulit untuk mencantumkan semuanya, namun beberapa gejala yang harus diperhatikan meliputi:

• Nyeri pada tulang Anda (misalnya di punggung, pinggul atau tulang rusuk) yang tidak sembuh meski diobati penghilang rasa sakit. Rasa sakit tulang berlangsung lebih dari satu sampai dua minggu dan seringkali lebih buruk pada malam hari.
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan kehilangan nafsu makan
  • Rasa mual yang terus menerus
  • Ketidaknyamanan atau pembengkakan di bawah tulang rusuk atau di perut bagian atas
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Batuk kering atau sesak nafas
  • Sakit kepala parah yang sering hadir
  • Gangguan penglihatan dan cara bicara.

Belum tentu gejala kanker payudara sekunder

Adalah wajar untuk mengkhawatirkan Secondary breast cancer akibat sel kanker payudara menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Namun, penting melaporkan gejala ke dokter karena kadang rasa sakit dan nyeri pada tulang bisa disebabkan oleh penuaan, artritis atau efek samping pengobatan kanker.

Sesak napas dan batuk bisa menjadi gejala penyakit flu atau demam. Kadang, orang mengalami kelelahan dan kehilangan nafsu makan setelah mendapat efek samping perawatan kanker.

Pandangan terkait kanker payudara sekunder

Salah satu hal pertama yang banyak ditanyakan oleh penderita Ca Mammae sekunder adalah berapa lama mereka akan bertahan hidup.

Jika ada tanda-tanda perbaikan setelah pengobatan, semakin banyak orang yang hidup lebih lama setelah diagnosis.

Namun, prosentase atau tingkat harapan hidup sulit diprediksi karena kasus per individu masing-masing berbeda dan tidak ada dua jenis kanker yang berkembang dengan cara yang sama.

Pengobatan untuk kanker payudara skunder

Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan dan memperlambat penyebaran kanker, menghilangkan gejala dan memberi kualitas hidup terbaik selama mungkin.

Sejumlah pengobatan kanker payudara sekunder, antara lain

• Terapi hormon
  • Kemoterapi
  • Terapi biologis