Apa Itu Kanker Payudara Sekunder?

Kanker payu*dar* sekunder adalah sel breast cancer menyebar dari kanker primer (situs asal pertama) ke bagian tubuh yang lain melalui sistem limfatik.

Jadi, Secondary breast cancer diistilahkan lain sebagai breast cancer metastastik. Informasi di bawah ini dapat membantu Anda lebih memahami tentang apa saja terkait breast cancer sekunder.

Tanda dan gejala breast cancer sekunder

Banyak tanda dan gejala yang serupa dengan kondisi lainnya. Sulit untuk mencantumkan semuanya, namun beberapa gejala yang harus diperhatikan meliputi:

• Nyeri pada tulang Anda (misalnya di punggung, pinggul atau tulang rusuk) yang tidak sembuh meski diobati penghilang rasa sakit. Rasa sakit tulang berlangsung lebih dari satu sampai dua minggu dan seringkali lebih buruk pada malam hari.
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan kehilangan nafsu makan
  • Rasa mual yang terus menerus
  • Ketidaknyamanan atau pembengkakan di bawah tulang rusuk atau di perut bagian atas
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Batuk kering atau sesak nafas
  • Sakit kepala parah yang sering hadir
  • Gangguan penglihatan dan cara bicara.

Belum tentu gejala breast cancer sekunder

Adalah wajar untuk mengkhawatirkan Secondary breast cancer akibat sel breast cancer menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Namun, penting melaporkan gejala ke dokter karena kadang rasa sakit dan nyeri pada tulang bisa disebabkan oleh penuaan, artritis atau efek samping pengobatan kanker.

Sesak napas dan batuk bisa menjadi gejala penyakit flu atau demam. Kadang, orang mengalami kelelahan dan kehilangan nafsu makan setelah mendapat efek samping perawatan kanker.

Pandangan terkait breast cancer sekunder

Salah satu hal pertama yang banyak ditanyakan oleh penderita Ca Mammae sekunder adalah berapa lama mereka akan bertahan hidup.

Jika ada tanda-tanda perbaikan setelah pengobatan, semakin banyak orang yang hidup lebih lama setelah diagnosis.

Namun, prosentase atau tingkat harapan hidup sulit diprediksi karena kasus per individu masing-masing berbeda dan tidak ada dua jenis kanker yang berkembang dengan cara yang sama.

Pengobatan untuk breast cancer skunder

Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan dan memperlambat penyebaran kanker, menghilangkan gejala dan memberi kualitas hidup terbaik selama mungkin.

Sejumlah pengobatan breast cancer sekunder, antara lain

• Terapi hormon
  • Kemoterapi
  • Terapi biologis
  • Bifosfonat.
  • Radioterapi.
  • Operasi.
  • Elektrokhemoterapi

Pengobatan breast cancer sekunder tergantung pada:

• Letak dimana situs penyebaran breast cancer ada di dalam tubuh
  • Seberapa luas daerah yang terkena penyebaran kanker
  • Gejala apapun yang muncul
  • Riwayat pengobatan yang pernah dijalani
  • Status kanker (seperti reseptor estrogen)
  • Kondisi kesehatan Anda saat ini

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan yang paling tepat. Setiap pilihan pengobatan yang direkomendasi, perlu diskusi antara Anda dengan tim medis (tim multidisiplin)

Apa Itu Kanker Payudara Sekunder?
5 (100%) 2 vote[s]