Kanker Payudara Stadium 3: Sel Kanker Menyebar Ke Getah Bening

Kanker payudara stadium 3 artinya sel-sel kanker telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening di daerah ketiak atau kelenjar getah bening di dekat tulang dada, namun belum ke organ lain

Karena kelenjar getah bening mengalirkan darah, ini memungkinkan tumor menyebar lebih jauh. Tanpa pengobatan segera, kanker ini bisa menyebar ke otak, paru-paru, hati atau tulang, dikenal sebagai stadium lanjut (stadium 4).

Gejala Kanker Payudara Stadium 3

Gejala metastasis kanker payudara ke getah bening di stadium 3 yang mungkin terjadi:

– Ada bentangan kanker lebih dari 5 cm.
– Sel kanker mulai menginfeksi kelenjar getah bening
– Sel kanker sudah melekat pada kulit payudara.
– Warna kulit menjadi hitam.
– Kulit mengeriput atau mengkerut.
– Ada pembengkakan
– Ada luka sulit diobati, membusuk, dan menjadi borok

Tidak semua wanita dengan kanker payudara pada stadium 3 mengalami semua gejala, dan beberapa mungkin tidak memiliki gejala sama sekali.

Klasifikasi kanker payudara stadium 3

Klasifikasi dibagi 3 tahap: Tahap 3A, Tahap 3B, dan Tahap 3C. Perbedaannya ditentukan oleh ukuran tumor; dan apakah kanker payudara telah bermetastasis ke kelenjar getah bening dan di jaringan sekitarnya, atau belum

Kanker payudara stadium 3A

Karakteristik: tumor ini lebih besar lebih dari 5 sentimeter dan sel kanker ditemukan di kelenjar getah bening di bawah lengan atau di dekat tulang dada; antara ukuran perkiraan jarum suntik dan selebar sebutir beras. (1.5mm – 2.0mm.)

Kanker payudara stadium 3B

Karakteristik: kanker telah menyerang dinding dada atau kulit payudara ditandai pembengkakan atau borok. Kanker mungkin telah menyerang sampai 9 kelenjar getah bening di dekatnya.

Kanker payudara stadium 3C

Karakteristik: kanker mungkin telah menyerang dinding dada atau kulit payudara ditandai pembengkakan, atau borok, menyerang 10 atau lebih kelenjar getah bening di bawah lengan
dan area tulang selangka.

Pengobatan

Pengobatan untuk kanker payudara stadium 3 yang telah menyebar ke getah bening biasanya dimulai dengan terapi neoadjuvant (sebelum operasi) untuk mengecilkan tumor di payudara; dan tumor di kelenjar getah bening.

Kombinasi dari mastektomi dan radiasi untuk terapi pengobatan lokal; sedangkan terapi hormon dan kemoterapi untuk pengobatan sistemik.

Hampir setiap orang dengan diagnosis kanker payudara tahap 3 bisa mendapatkan kesembuhan dengan kombinasi dua atau lebih perawatan