Kriteria Kanker Payudara Stadium 4, Gejala Dan Rumus TNM

Kriteria Kanker Payudara Stadium 4, Gejala Dan Rumus TNM

Kanker payudara stadium 4 juga disebut kanker payudara stadium lanjut. Pada tahap 4 ini, kanker ditemukan di mamma dan telah menyebar ke area lain lebih jauh di tubuh Anda.

Situs penyebaran sel kanker biasanya ditemukan di paru-paru, tulang, hati, otak, atau organ tubuh lainnya. Sel kanker menyebar dan melakukan perjalanan melalui sistem limfatik dan aliran darah.

Kanker payudara stadium 4 adalah tahap akhir kanker payudara yang paling serius dan mengancam jiwa. Sebagian besar kasus kanker payudara tahap 4 berkembang lama setelah Anda pertama kali didiagnosis.

Dalam kasus yang jarang terjadi, karsinoma mammae stadium 4 didiagnosis pertama kali, tanpa Anda menyadari bahwa Anda terkena serangan kanker ganas ini.

Gejala Kanker Payudara Stadium 4

Kanker payudara tahap 4 dianggap memiliki prognosis lebih buruk dan merupakan stadium paling maju. Bagi wanita yang mendapatkan diagnosis Ca Mammae stadium 4, mungkin memiliki beberapa gejala yang yang tercantum di bawah ini

  • Benjolan payudara

Wanita berisiko kadang memiliki benjolan di mammae, meskipun kadang bisa diraba atau kadang tidak bisa dirasakan sama sekali. Maka itu, pentingnya skrining mammogram pada semua wanita berisiko.

  • Perubahan kulit

Beberapa jenis penyakit Paget payudara biasanya disertai tumor yang ditandai kulit gatal, kemerahan, ruam, kulit kering dan terkelupas.

  • Puting keluar cairan

Ini diistilahkan sebagai Nipple discharge. Cairan apapun yang keluar dari puting susu, apakah berwarna putih, atau bening, atau kuning nanah, atau seperti merah darah ini sebagai tanda bahwa ada masalah di jaringan mammae Anda.

  • Pembengkakan

Ada pembengkakan di daerah mammae dan / atau pada lengan karena kelenjar getah bening di bawah lengan mengandung sel kanker. Biasanya terkait payudara inflamasi

  • Sakit dan nyeri

Tumor bisa tumbuh atau menyebar ke kulit dan menyebabkan luka atau borok. Kadang, otot dada dan tulang dada terasa sangat nyeri dan sakit akibat kanker membuat enzim di situ.

  • Kelelahan ekstrem

Meskpiun kelelahan adalah bagian efek pengobatan, tetapi kanker itu sendiri juga biang rasa lelah yang ekstrem. Pada kanker payudara stadium 4, kelelahan bisa membuat kehidupan lebih sulit.

  • Insomnia

Karsinoma mammae tahap 4 bisa menyebabkan gejala ketidaknyamanan dan nyeri yang mengganggu kualitas tidur.

Penelitian terus meneliti hubungan kanker dan gangguan tidur, dan cara membantu pasien untuk mengatasinya.

  • Kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan

Kanker bisa menyebabkan mual, muntah, diare, dan sembelit. Kecemasan dan kurang tidur juga bisa mengganggu sistem pencernaan.

Sakit perut dan mual membuat beberapa wanita mengalami penurunan nafsu makan menyebabkan kekurangan serat dan nutrisi.

Seiring waktu, wanita memiliki gejala kanker payudara tahap 4 akan kehilangan nafsu makan dan mengalami kesulitan mendapatkan kalori yang dibutuhkan. Dampak akhir, kehilangan berat badan dan malnutrisi

Apa artinya memiliki kanker payudara tahap 4?

Memiliki diagnosa ca mammae di tahap ini berarti kanker telah bermetastasis daerah lain seperti otak, tulang, paru-paru, hati hingga area lainnya.

Pada stadium 4, kanker dianggap sulit untuk disembuhkan, meskipun bisa diobati. Namun, dengan perawatan standart, dukungan dari semua pihak, dan motivasi pribadi, kanker mammae stadium 4 dapat merespons pengobatan yang dapat memperpanjang hidup Anda lebih lama.

Gambaran kanker payudara stadium 4

Kanker payudara tahap IV berarti kanker telah menyebar ke tempat lain seperti tulang, otak, paru-paru, hati, dan mungkin lebih.

Pada stadium 4, kanker dideskripsikan:

– Ukuran Tumor atau ukuran kanker bervariasi yang ditemukan di payudara.
– Kelenjar getah bening bisa terlibat atau mungkin juga tidak mengandung sel kanker
– Ditemukan sel kanker berada bagian lain tubuh seperti tulang, paru-paru, hati atau otak, diistilahkan kanker payudara metastasis.

Rumus TNM untuk kanker payudara stadium 4

Sistem TNM membantu menggambarkan tingkat kanker dengan nilai angka. Semakin tinggi nilai, maka semakin tinggi tingkat keganasan kanker.

T: T1, T2, T3 atau T4: ukuran kanker berapapun.
N1: Kanker ditemukan di ke kelenjar getah bening aksila dan nodus payudara
M1: Sel kanker telah menyebar dan meluas ke tempat lain

Prognosis kanker payudara stadium 4

Kanker payudara stadium 4 mempunyai prognosis yang lebih buruk dan penderita kesulitan menghadapi penyakit kanker ganas ini. Tapi, mengikuti rencana pengobatan yang direkomendasikan dokter, mengubah kebiasaan gaya hidup sehat, akan dapat meningkatkan masa hidup Anda secara signifikan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Karakteristik Tahapan Kanker Payudara Berdasar Stadium 0, 1, 2,3,4 Tahapan atau kanker payudara stadium 0 1 2 3 4 menjadi penting karena digunakan dalam menentukan jenis apa pilihan pengobatan yang sesuai dan direkomendasikan. Stadium kanker payudara diberi ditandai dengan angka 0 1 2 3 sampai 4: – […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 3 Dan Sistem TNM nya Kanker payudara stadium 3 adalah bentuk kanker payudara ganas yang telah menyebar ke area sekitar, namun belum menyebar lebih jauh ke bagian tubuh lain. Ciri khas kanker payudara stadium 3 ini dilihat dari ukuran dan situs […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 2 Dan Rumus TNM Kanker payudara stadium 2 menunjukkan bahwa ukuran dan bentuk kanker agak sedikit lebih maju. Pada kanker payudara tahap 2 ini, sel kanker telah menyebar di luar lokasi asalnya dan mulai masuk ke jaringan mammae di sekitarnya. Ukuran […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium Awal Mulai Tahap 0 ke 1 Kanker payudara stadium awal disebut juga kanker payudara tahap 0 hingga 1. Kanker payudara stadium awal menunjukkan ukuran tumor dan apakah sel-sel tumor tersebut tetap di tempat asal (in situ) atau tidak. Jenis kanker payudara […]
  • 8 Jenis Kanker Payudara Ganas Berdasarkan Diagnosis Ada banyak jenis kanker payudara ganas dan setiap kasus biasanya diklasifikasikan menurut jenisnya berdasarkan proses diagnostik, karena setiap jenis kanker payudara akan mempengaruhi pilihan perawatan yang tepat untuk setiap pasien. 8 […]