Apa Itu Kanker Payudara Triple Negative?

Apa Itu Kanker Payudara Triple Negative?

Kanker payu*dar* triple negative adalah jenis breast cancer yang tidak memiliki reseptor baik reseptor estrogen, progesteron dan HER2.

Kanker payu*dar* triple negatif termasuk kategori breast cancer ganas dan rekuren (sering kambuh), namun sedikit merespon baik terhadap kemoterapi sehingga harus dikombinasi dengan pengobatan lainnya.

Penyebab

Siapapun bisa mendapatkan karsinoma mammae tipe ini, namun faktor risiko yang paling mungkin menyebabkan adalah:

1. Mutasi BRCA

Setiap orang memiliki gen BRCA1 dan BRCA2. Gen berperan penting dalam pencegahan perkembangan sel-sel abnormal termasuk tumor atau kanker. Namun, penderita Ca Mammae tanpa reseptor breast cancer (estrogen, progesteron dan HER2) memiliki mutasi gen BRCA1 atau BRCA2 mereka.

Namun, tidak semua breast cancer yang disebabkan oleh mutasi BRCA bersifat triple negative. Mutasi BRCA2 lebih mungkin terjadi pada breast cancer yang memiliki reseptor estrogen, termasuk breast cancer estrogen positif (ER +), atau progesteron positif (PR+)

2. Faktor keturunan

Jika Anda memiliki riwayat keluarga breast cancer yang sangat kuat, mungkin Anda bisa mengalami mutasi BRCA. Jika usia anda 40 atau lebih, pastikan memiliki skrining mammogram rutin untuk mencegah perkembangan ca mammae (Carsinoma Mammae – Kanker payu*dar*)

3. Menopause dini

Wanita pramenopause atau mengalami menopause dini memiliki risiko tinggi breast cancer triple negatif dibandingkan wanita pascamenopause (menopause normal). Para ilmuwan belum mengerti mengapa terjadi menopause dini. Penelitian saat ini sedang dilakukan.

Stadium

Tahapan breast cancer triple negative didasarkan pada ukurannya dan seberapa jauh penyebarannya. Nilai kanker didasarkan di bawah mikroskop.

Nilai tersebut memberi gambaran seberapa cepat kanker bisa berkembang. Ada tiga nilai:

1. kelas 1 (kelas rendah)

2. kelas 2 (kelas sedang atau menengah)

3. kelas 3 (sangat ganas).

Kanker payu*dar* Triple negatif stadium 3 artinya sel terlihat jelas dan abnormal, tumbuh lebih cepat dan berpotensi menyebar(bermetastasis)

Pengobatan

Pengobatan biasanya melibatkan mastektomi (pengangkatan jaringan mammae), radioterapi setelah mastektomi dilakukan, dan kemoterapi adjuvant.

Kemoterapi adjuvant, berarti kemo diberikan setelah operasi breast cancer. Kadang-kadang, kemo diberikan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor agar memungkinkan operasi lebih kecil dan mudah, disebut kemoterapi neoadjuvant.

Orang dengan breast cancer triple negative tidak akan merespon pengobatan terapi hormon, seperti tamoxifen atau penghambat aromatase, atau obat Herceptin. Obat-obatan ini tidak efektif melawan breast cancer triple negative.

Meskipun kemoterapi kadang berhasil mengobati untuk sebagian penderita kanker. Namun pada sebagian orang lain, kemo tidak menjamin kesembuhan total, dan sel kanker berpotensi kambuh kembali (rekuren)

Kini, penelitian sedang mengembangkan teknologi baru untuk mengobati karsinoma mammae triple negative. Saat ini, sedang dilakukan penelitian tentang obat Beta Interferon dimana obat ini sejenis antimikroba yang langsung menargetkan sel induk breast cancer

Apa Itu Kanker Payudara Triple Negative?
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: