Karakteristik Tahapan Kanker Payudara Berdasar Stadium 0, 1, 2,3,4

Tahapan atau kanker payudara stadium 0 1 2 3 4 menjadi penting karena digunakan dalam menentukan jenis apa pilihan pengobatan yang sesuai dan direkomendasikan.

Stadium kanker payudara diberi ditandai dengan angka 0 1 2 3 sampai 4: – Stadium 0 mengacu pada kanker payudara ‘pra-invasif atau kanker jinak’ seperti karsinoma duktal in situ (DCIS) atau karsinoma lobular in situ (LCIS)

– Stadium I, Stadium IIA dan Stadium IIB (awal) mengacu pada gejala awal kanker payudara, atau kanker payudara tahap awal.

– Stadium IIB, Stadium IIIA, Stadium IIIB, Stadium IIIC dan Stadium IV mengacu pada kanker payudara stadium lanjut (kanker payudara metastatik, atau kanker payudara sekunder).

Karakteristik

Kriteria Kanker Payudara Stadium 0

Pada tahap 0, Sel kanker tetap berada di dalam saluran mamma, tanpa menginvasi ke jaringan payudara luar yang berdekatan.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 1A

Jika tumor berukuran kurang atau sampai 2 cm, DAN Kanker belum menyebar di luar payudara; Belum atau tidak ada kelenjar getah bening yang terinvasi.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 1B

Tumor belum terbentuk di payudara; Namun, ada kelompok kecil sel kanker – lebih besar dari 0,2mm tapi kurang dari 2 cm – ditemukan di kelenjar getah bening. ATAU Ada tumor di payudara namun kurang dari 2cm, dan ada kelompok kecil sel kanker – lebih besar dari 0,2 milimeter tapi tidak lebih besar dari 2 milimeter berada di kelenjar getah bening.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 2A

Tumor tidak ditemukan di payudara, namun sel kanker ditemukan di kelenjar getah bening aksila (kelenjar getah bening di bawah lengan) ATAU Tumor berukuran 2 cm atau kurang namun telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila ATAU Tumor lebih besar dari 2 cm namun kurang dari 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening aksila.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 2B

Tumor lebih besar dari 2cm tapi kurang dari 5cm dan telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila ATAU Tumor lebih besar dari 5 cm namun belum menyebar ke kelenjar getah bening aksila.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 3A

Tumor tidak ditemukan di payudara. Kanker ditemukan di kelenjar getah bening aksila yang menempel bersama atau ke struktur lain, atau kanker ditemukan di kelenjar getah bening di dekat tulang dada. ATAU Ada tumor dalam ukuran apapun. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila, yang menempel bersama atau ke struktur lain, atau kanker dapat ditemukan di kelenjar getah bening di dekat tulang dada.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 3B

Tumor mungkin telah berukuran lebih besar dan telah menyebar ke dinding dada dan / atau kulit payudara DAN Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila atau menempel pada struktur lain, atau kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat tulang dada. Untuk jenis kanker payudara inflamasi dianggap masuk ke stadium tahap 3B.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 3C

Tanda-tanda kanker di payudara mungkin belum ada; atau tumor mungkin sudah berukuran dan telah menyebar ke dinding dada dan / atau kulit payudara. DAN Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, baik di atas atau di bawah tulang selangka DAN Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila atau ke kelenjar getah bening di dekat tulang dada.

Kriteria Kanker Payudara Stadium 4

Kanker telah menyebar – atau bermetastasis – ke bagian tubuh yang lain seperti tulang, otak, paru-paru, hati, dll.

Sistem TNM

TNM (Tumor, Node, Metastasis) adalah sistem pementasan untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana kanker payudara terlihat dan berperilaku. Sistem TNM didasarkan pada tiga karakteristik: – Ukuran (T: tumor) – Keterlibatan kelenjar getah bening (N: node) – Apakah kanker telah bermetastasis (M : metastasis)

Kategori T – Ukuran tumor

Kategori T menggambarkan ukuran tumor asli (primer): TX berarti tumor tidak bisa diukur atau ditemukan. T0 berarti tidak ada bukti adanya tumor primer. Tis berarti kankernya “in situ” (tumor lokal yang belum bersifat invasif).

T1, T2, T3, T4: Merupakan angka dan jumlah yang didasarkan pada ukuran tumor dan sejauh mana ia tumbuh ke jaringan payudara di dekatnya. Semakin tinggi jumlah T, maka semakin besar tumor dan / atau semakin besar pertumbuhannya ke jaringan payudara.

Kanker payudara kategori N

N (Node: kelompok kelenjar getah bening) kategori menggambarkan apakah kanker telah mencapai kelenjar getah bening di dekatnya:

NX berarti kelenjar getah bening di dekatnya tidak dapat diukur atau ditemukan. N0 berarti kelenjar getah bening di dekatnya tidak mengandung kanker.

N1, N2, N3: Angka-angka ini didasarkan pada jumlah kelenjar getah bening yang terlibat dan berapa banyak kanker ditemukan di dalamnya. Semakin tinggi jumlah N, semakin besar tingkat keterlibatan kelenjar getah bening.

Kanker Payudara kategori M

Kategori M (metastasis) memberikan gambaran bahwa kanker telah atau belum menyebar ke bagian tubuh yang lain: MX berarti metastasis tidak dapat diukur atau ditemukan.

M0 berarti belum bermetastasis lebih jauh. M1 berarti kanker telah bermetastasis lebih jauh. Cara menentukan stadium kanker menggunakan sistem TNM Ahli patologi menggunakan sistem T, N, dan M untuk menentukan stadium kanker.

Sebagai contoh, kanker payudara T1 N0 M0 berarti ukuran tumor primer kurang dari 2 sentimeter (T1), namun belum atau tidak melibatkan kelenjar getah bening (N0), dan belum menyebar ke bagian tubuh yang jauh (M0). Maka, kanker payudara ini akan dikelompokkan sebagai stadium 1

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kriteria Kanker Payudara Stadium Awal Mulai Tahap 0 ke 1 Kanker payudara stadium awal disebut juga kanker payudara tahap 0 hingga 1. Kanker payudara stadium awal menunjukkan ukuran tumor dan apakah sel-sel tumor tersebut tetap di tempat asal (in situ) atau tidak. Jenis kanker payudara […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 2 Dan Rumus TNM Kanker payudara stadium 2 menunjukkan bahwa ukuran dan bentuk kanker agak sedikit lebih maju. Pada kanker payudara tahap 2 ini, sel kanker telah menyebar di luar lokasi asalnya dan mulai masuk ke jaringan mammae di sekitarnya. Ukuran […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 3 Dan Sistem TNM nya Kanker payudara stadium 3 adalah bentuk kanker payudara ganas yang telah menyebar ke area sekitar, namun belum menyebar lebih jauh ke bagian tubuh lain. Ciri khas kanker payudara stadium 3 ini dilihat dari ukuran dan situs […]
  • Kanker Payudara Stadium 3: Sel Kanker Menyebar Ke Getah Bening Kanker payudara stadium 3 artinya sel-sel kanker telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening di daerah ketiak atau kelenjar getah bening di dekat tulang dada, namun belum ke organ lain Karena kelenjar getah bening mengalirkan darah, […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 4, Gejala Dan Rumus TNM Kanker payudara stadium 4 juga disebut kanker payudara stadium lanjut. Pada tahap 4 ini, kanker ditemukan di mamma dan telah menyebar ke area lain lebih jauh di tubuh Anda. Situs penyebaran sel kanker biasanya ditemukan di paru-paru, […]