Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Kanker Mammae / Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Lobular Invasif

Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Lobular Invasif

/
/
/
img
4
(1)

Karsinoma lobular invasif atau kanker payudara lobular invasif adalah kanker payudara ganas dimulai saat sel-sel di di dalam lobulus (kelenjar penghasil susu) mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal, kemudian menyebar keluar jaringan mammae di sekitarnya.

Karsinoma lobular invasif (ILC – Invasive lobular carcinoma) menguasai hingga 15% dari semua kanker payudara ganas. Hal itu bisa terjadi pada usia berapa pun tapi paling sering terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause.

Pria juga bisa terkena kanker payudara lobular invasif tapi ini sangat jarang. Karsinoma lobular invasif (ILC), juga disebut infiltrasi karsinoma lobular, merupakan jenis breast cancer kedua setelah karsinoma duktal invasif (kanker yang dimulai di saluran pembawa susu – duktus).

Invasif berarti bahwa kanker berada di tingkat keganasan yang “menyerang” atau menyebar ke jaringan mammae di sekitarnya. Lobular berarti bahwa kanker payudara dimulai pada lobulus penghasil susu.

Kanker payudara lobular invasif mengacu pada kanker payudara yang telah menembus dinding lobulus dan mulai menyerang jaringan luar mammae.

Seiring waktu, karsinoma lobular invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan mungkin ke daerah lain di tubuh. Meskipun ILC dapat mempengaruhi wanita pada usia berapapun, hal ini lebih sering terjadi karena wanita berusia 55 atau lebih.

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa penggunaan terapi pengganti hormon selama dan setelah menopause dapat meningkatkan risiko ILC.

Gejala kanker payudara karsinoma lobular invasif

Apa gejala karsinoma lobular invasif? Awalnya, kanker payudara lobular invasif (ILC – Invasive lobular carcinoma) mungkin tidak menyebabkan perubahan nyata pada mammae.

Anda mungkin memperhatikan area mammae yang mengeras atau menebal daripada ada atau tidaknya benjolan. Perubahan lain di mammae juga bisa terjadi, seperti dimpling atau perataan suatu daerah, atau puting susu masuk ke dalam.

Terkadang, area abnormal muncul pada mammogram skrining (sinar X mammae), ini mengundang pengujian lebih lanjut karena karsinoma lobular invasif cenderung lebih sulit dilihat pada mammogram daripada karsinoma duktal invasif.

Itu bukan karena ada atau tidaknya sebuah benjolan, namun sel kanker lebih banyak menyebar ke jaringan ikat sekitarnya (stroma) dalam formasi garis. Menurut American Cancer Society, salah satu dari perubahan mammae yang tidak biasa berikut ini bisa menjadi pertanda pertama kanker payudara, termasuk karsinoma lobular invasif:

  •  Pembengkakan seluruh atau sebagian mammae
  •  iritasi kulit atau dimpling
  •  nyeri
  • puting nyeri
  •  kemerahan, penebalan puting atau kulit mammae
  • Puting keluar cairan bukan ASI
  • Kadang, ada benjolan di area ketiak

Ciri-ciri kanker payudara karsinoma lobular invasif pada awalnya adalah penebalan atau pengerasan mammae yang bisa dirasakan, namun bukan seperti benjolan. Gejala lain terjadi pembengkakan, perubahan tekstur kulit, atau puting susu yang masuk ke dalam

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :