Macam-Macam Kanker Payudara Berdasar Tingkat Keganasannya

Ada beberapa jenis kanker payudara, yang dikategorikan menjadi 2 tingkat berdasar keganasannya, yaitu kanker payudara tidak ganas (non-invasif) dan kanker payudara ganas (invasif)

Jenis Kanker payudara tidak ganas (non-invasif)

Sel kanker ditemukan di saluran payudara (karsinoma duktal in situ, DCIS) dan belum punya kemampuan untuk menyebar di luar payudara. Biasanya ditemukan dalam skrining mammogram dan jarang terlihat sebagai benjolan payudara. Berbagai jenis kanker payudara tidak ganas bisa Anda dapatkan informasinya di bawah ini

1. DCIS – Ductal carcinoma in situ

Ini adalah tipe kanker payudara tidak ganas atau non-invasif yang terbatas pada saluran payudara.

2. LCIS – Lobular carcinoma in situ

Karsinoma lobular in situ adalah tipe kanker payudara tak ganas non-invasif yang terbatas pada lobulus payudara.

3. Tumor payudara jinak

Tumor payudara jinak mengacu pada benjolan, kista, infeksi, perubahan lemak dll yang tidak bersifat kanker. Perubahan terjadi sejak perkembangan baik melalui masa haid, kehamilan atau menopause. Hal ini karena perubahan hormon estrogen dan progesteron di tubuh wanita.

Jenis Kanker payudara ganas (invasif)

Sel kanker biasanya berkembang di sel yang melapisi saluran payudara (kanker payudara duktal invasif) dan merupakan jenis kanker payudara yang paling umum. Kanker tipe ini bisa menyebar ke luar payudara, meski tidak selalu didiagnosis sudah menyebar.

Ada tipe kanker payudara ganas menyebar ke bagian tubuh yang lain, biasanya melalui aliran darah atau kelenjar getah bening aksila, dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastatik. Jenis-jenis kanker payudara ganas bisa Anda akses di bawah ini

1. Kanker payudara awal – Early breast cancer

Ini adalah jenis kanker payudara ganas (invasif), namun belum atau tidak menyebar ke kelenjar getah bening di payudara atau ketiak. Beberapa sel kanker mungkin telah menyebar di luar daerah payudara atau ketiak tapi sulit untuk dideteksi.

Jika kanker berada di saluran payudara disebut karsinoma duktal invasif. Jika kanker ada di lobulus payudara disebut karsinoma lobular invasif. Jika kanker payudara dini melibatkan daerah puting susu, disebut penyakit Paget

2. Penyakit Paget – Paget’s disease

Ini adalah bentuk kanker payudara langka yang mempengaruhi puting susu dan daerah sekitar puting susu (areola), dan umumnya terkait dengan kanker payudara invasif.

3. Kanker payudara inflamasi – Inflammatory breast cancer

Kanker payudara ini adalah bentuk langka dari kanker payudara ganas yang mempengaruhi pembuluh limfatik di kulit payudara, menyebabkan kulit payudara menjadi merah dan meradang.

4. Kanker payudara lokal stadium lanjut – Locally advanced breast cancer

Ini adalah tipe kanker payudara invasif yang telah menyebar ke daerah dekat payudara, seperti dinding dada.

5. Kanker payudara metastatik

Kanker payudara metastatik juga disebut kanker payudara stadium lanjut adalah kanker payudara ganas yang telah menyebar dari payudara ke bagian tubuh yang lain. Situs penyebarannya disebut kanker skunder.

6. Karsinoma duktal invasif

Karsinoma duktal invasif adalah jenis kanker payudara awal ganas yang dimulai saat sel-sel di dalam saluran susu mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal. IDC ( Invasive ductal carcinoma) atau kanker payudara duktal invasif berarti sel kanker tidak lagi hanya di saluran mammae.

Mereka telah menyebar di luar saluran ke jaringan mammae di sekitarnya dan berpotensi menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian tubuh lainnya.

7. Karsinoma lobular invasif

Karsinoma lobular invasif atau kanker payudara lobular invasif adalah kanker payudara ganas dimulai saat sel-sel di di dalam lobulus (kelenjar penghasil susu) mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal, kemudian menyebar ke jaringan mammae di sekitarnya.

8. Kanker payudara tubular

Apa itu kanker payudara tubular? Kanker payudara tubular adalah jenis kanker payudara ganas. Ini disebut kanker payudara tubular karena sel kanker membentuk struktur seperti tabung saat melihat di bawah mikroskop. Jenis kanker ganas ini paling sering terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun, meskipun bisa mempengaruhi wanita usia berapapun.

9. Kanker payudara metaplastik

Kanker payudara metaplastik adalah jenis kanker payudara ganas yang sangat langka, sekitar 1% dari jenis-jenis kanker payudara. Pada jenis kanker payudara metaplastik, sel kanker berubah (transform) dari satu jenis sel kanker menjadi sel kanker lainnya. Kanker payudara metaplastik biasanya dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu jenis kanker epitel murni dan kanker epitel campuran.

10. Kanker payudara tripel negatif

Triple negatif adalah nama yang diberikan pada kanker payudara yaitu: – reseptor estrogen negatif (ER-) – reseptor progesteron negatif (PR-) – HER2 negatif Beberapa kanker payudara memiliki reseptor di dalam sel yang berikatan dengan hormon estrogen.

Saat estrogen mengikat reseptor ini, ia akan memicu sel kanker untuk tumbuh dan membelah. Semua kanker payudara ganas akan diuji untuk reseptor estrogen dengan biopsi atau operasi.

Jika kanker payudara tidak memiliki reseptor estrogen, maka disebut kanker payudara reseptor estrogen negatif (ER -). Jika tidak memiliki reseptor progesteron, disebut kanker payudara reseptor progesteron negatif (PR -).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Kanker Payudara Triple Negative? Kanker payudara triple negative adalah jenis kanker payudara yang tidak memiliki reseptor baik reseptor estrogen, progesteron dan HER2. Kanker payudara triple negatif termasuk kategori kanker payudara ganas dan rekuren (sering […]
  • Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Duktal Invasif? Karsinoma Duktal Invasif adalah jenis kanker payudara awal ganas yang dimulai saat sel-sel di dalam duktus (saluran susu) mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal dan tak terkendali. IDC ( Invasive ductal carcinoma) atau […]
  • Apa Itu Kanker Payudara Lokal Invasif Kanker payudara lokal stadium lanjut juga disebut sebagai kanker payudara lokal invasif (kanker ganas). Tidak ada definisi khusus untuk kanker mammae tipe ini, namun ada beberapa elemen umum yang diidentifikasi selama diagnosis. […]
  • Apa Itu Kanker Payudara Karsinoma Lobular Invasif Karsinoma lobular invasif atau kanker payudara lobular invasif adalah kanker payudara ganas dimulai saat sel-sel di di dalam lobulus (kelenjar penghasil susu) mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal, kemudian menyebar […]
  • Apa Itu Kanker Payudara HER2 Positif? Tubuh manusia tersusun atas Gen yang mengatur perkembangan jutaan sel dalam tubuh. Setiap gen mengandung berbagai unsur protein untuk menjaga sel-sel tetap sehat dan berfungsi normal. Beberapa perilaku gen dan protein dapat mempengaruhi […]