Manfaat Dan Efek Samping Obat Kemoterapi

Apa itu obat kemoterapi? Kemoterapi adalah jenis pengobatan standar untuk kanker payudara dengan menggunakan obat anti kanker sebagai sitotoksik. Tujuan kemoterapi adalah untuk menghancurkan sel kanker payudara secara sistemik.

Apa Manfaat obat kemoterapi

Obat Kemoterapi menghalangi kemampuan sel kanker untuk membelah dan tumbuh. Namun, obat kemoterapi juga bekerja mempengaruhi sel sehat. Inilah sebabnya mengapa kombinasi obat sering digunakan.

Kemoterapi juga sebagai obat kanker payudara sekunder, dimana sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti tulang atau paru-paru.

Prosedur kemoterapi

Untuk menentukan apakah butuh kemoterapi atau tidak, berbagai faktor dipertimbangkan, seperti ukuran kanker, apakah sel kanker bersifat ganas dan menyebar, seberapa cepat sel kanker tumbuh, dan bagaimana status HER2 termasuk reseptor estrogen (ER) dan status reseptor HER2.

Kemoterapi biasanya dimulai beberapa minggu setelah operasi dan sebelum radioterapi disebut terapi ajuvan (lanjutan).

Beberapa orang ditawarkan kemoterapi sebelum operasi. Ini disebut neo-ajuvan atau kemoterapi primer. Tujuan terapi neo-ajuvan untuk memperlambat perkembangan kanker dan mengecilkan ukuran kanker.

Setiap sebelum kemoterapi dimulai, Anda akan menjalani tes darah untuk memastikan bahwa tingkat sel darah Anda dalam batas aman. Sampel darah bisa diambil pada hari yang sama tapi bisa diambil lebih awal, misalnya hari sebelumnya.

Siklus pengobatan kemoterapi kanker payudara

Siklus obat kemoterapi untuk kanker payudara biasanya diberikan sebagai rangkaian perawatan setiap dua sampai empat minggu dalam kurun waktu beberapa bulan.

Namun, itu bisa bervariasi tergantung pada jenis kanker payudara dan stadium kanker payudara Anda. Selain itu, juga tergantung pada kondisi kesehatan Anda secara umum dan kombinasi obat apa yang telah digunakan.

Setiap periode siklus kemoterapi diberi jeda, dengan tujuan untuk memberi kesempatan waktu tubuh pulih dari efek samping jangka pendek.

Kemoterapi juga bisa diberikan sebagai rawat jalan, Anda bisa pulang ke rumah pada hari setelah menjalani kemo. Kemoterapi juga diberikan sebagai rawat inap. Anda akan menginap beberapa hari di rumah sakit.

Apa saja efek samping obat kemoterapi?

Meskipun obat kemoterapi mampu membunuh sel kanker payudara ganas, namun efek samping obat-obatan tersebut juga dapat membahayakan sel normal yang membelah dengan cepat.

Berikut uraiannya

1. Efek terhadap sel darah merah

Anda mungkin mengalami pengurangan sel darah merah. Anda lebih cenderung terkena infeksi, memar atau mudah berdarah, letih dan lelah.

Tim kesehatan Anda akan memeriksa rendahnya tingkat sel darah. Jika kadar darah rendah, tim layanan kesehatan akan menghentikan kemoterapi untuk sementara waktu atau mengurangi dosis obat.

Namun, kini tersedia juga obat-obatan penambah darah yang bisa membantu tubuh Anda membuat sel darah baru.

2. Efek terhadap rambut rontok

Kemoterapi dapat mempengaruhi sel-sel penumbuh rambut. Kemoterapi dapat menyebabkan rambut rontok. Jika Anda kehilangan rambut Anda, itu akan tumbuh kembali setelah perawatan, namun warna dan teksturnya berubah.

3. Mengurangi nafsu makan

Anda mungkin memiliki perubahan dari keseimbangan sel yang melapisi saluran usus. Kemoterapi dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, mual dan muntah, diare, atau luka di mulut dan bibir. Dokter akan memberi resep obat-obatan dan menyarankan cara lain untuk mengatasi masalah ini.

4. Obat kemo mengganggu saraf

Kemoterapi dapat mempengaruhi sel saraf. Beberapa obat yang digunakan untuk kanker payudara bisa menyebabkan kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki. Masalah ini sering hilang setelah perawatan usai.

5. Obat Kemoterapi bisa mengganggu kerja jantung.

Beberapa obat yang digunakan untuk kanker payudara bisa melemahkan jantung. Dokter Anda mungkin memeriksa jantung Anda sebelum, selama, dan setelah perawatan kemo.

6. Anda berisiko leukemia

Efek samping yang jarang dari kemoterapi adalah kanker darah atau leukemia akibat penggunaan obat kemo bertahun-tahun setelah perawatan.

7. Infertilitas

Beberapa obat anti kanker bisa merusak ovarium. Jika Anda belum mengalami menopause, Anda mungkin mengalami hot flashes dan kekeringan. Masa menstruasi menjadi tidak teratur atau berhenti sama sekali. Anda mungkin menjadi tidak subur (mandul).

8. Efek kemo pada Kehamilan

Sebelum perawatan dimulai, Anda harus berbicara dengan dokter tentang rencana kehamilan karena banyak obat yang diberikan selama trimester pertama diketahui menyebabkan cacat lahir.

Meskipun kemoterapi seringkali memberi efek samping, namun banyak bahkan ribuan orang saat ini bersyukur atas potensi kemoterapi yang menyelamatkan nyawa dan memperpanjang hidupnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Obat Cisplatin? Apa itu obat Cisplatin? Sisplatin atau Cisplatin adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer. Biasanya, obat sisplatin diberikan dengan kombinasi obat kemo lainnnya. […]
  • Apa Itu Obat Paclitaxel (Taxol)? Apa itu obat paclitaxel? Bagaimana mekanisme kerja obat paclitaxel? Obat Paklitaksel (Taxol) adalah obat kemo yang digunakan untuk mengobati kanker payudara primer yang belum menyebar termasuk DCIS dan LCIS. Paclitaxel adalah nama obat […]
  • Apa Itu Obat Kapesitabin – Xeloda – Capecitabine Obat Kapesitabin (capecitabine) - Xeloda adalah obat kemo yang dikonsumsi sebagai tablet untuk mengobati kanker payudara rekuren setelah pengobatan dan kanker payudara sekunder telah menyebar ke daerah sekitar mammae. Manfaat obat […]
  • Apa Itu Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide adalah dua jenis obat kemoterapi yang dikombinasi, disebut Kemoterapi AC. Adriamycin dan Cyclophosphamide ini tersedia di beberapa rumah sakit kanker. Tentang manfaat, kapan kemo AC diberikan dan […]
  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]