Apa Itu Mastektomi? Bagaimana Prosesnya? Apa Efek Sampingnya?

mastektomi kanker payudara

Mastektomi kanker payudara adalah operasi pengangkatan payudara beserta jaringan terdekat lainnya jika dokter mengetahui bahwa kanker mungkin telah menyebar ke area lain. Semua mastektomi akan menghapus seluruhnya disebabkan ukuran, lokasi tumor dan penyebaran sel kanker.

Jenis mastektomi

Ada 3 jenis mastektomi meliputi:

1. Mastektomi total, yaitu pengangkatan seluruh p4yudara.
2. Mastektomi radikal modifikasi, yaitu pengangkatan seluruh payud4ra dan kelenjar getah bening di bawah lengan (kelenjar getah bening aksila).
3. Radikal mastektomi, adalah pengangkatan payud4ra, otot dada, dan semua kelenjar getah bening di bawah lengan (diseksi kelenjar getah bening aksila). Operasi ini jarang digunakan sekarang.

Beberapa wanita memilih melakukan rekonstruksi setelah melakukan mastektomi. Rekonstruksi dapat dilakukan selama operasi mastektomi, atau dapat dilakukan kemudian setelahnya sebagai prosedur terpisah.

Prosedur mastektomi

Mastektomi dilakukan dengan menggunakan anestesi umum. Selain operasi, Anda mungkin menjalani terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, atau kombinasi dari perawatan ini.

Setelah operasi selesai, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan. Perawat kesehatan akan menangani masalah seperti mual, rasa sakit, atau kegelisahan yang mungkin Anda alami.

Ketika Anda bangun dari operasi, Anda akan menemukan perban di atas tempat operasi. Anda juga diberi satu atau dua tabung drainase sebagai wadah cairan untuk menjaga agar tidak terkonsentrasi di sekitar area operasi. Tabung ini bisa Anda bawa pulang, perawat akan mengajari Anda cara menggunakannya.

Biasanya, pasien boleh pulang dalam waktu 24 jam setelah mastektomi. Jika Anda akan menjalani rekonstruksi payudara bersamaan dengan mastektomi, Anda akan tinggal di rumah sakit selama beberapa hari.

Seorang terapis fisik akan mengajari gerak fisik saat Anda masih berada di rumah sakit. Ini akan membantu agar bahu Anda tidak kaku. Anda perlu menghindari aktivitas berat selama beberapa minggu. Dokter Anda akan memberi tahu kapan Anda akan memulai aktifitas rutin harian.

Mengapa mastektomi harus dilakukan

Mastektomi dilakukan untuk menghilangkan sebanyak mungkin kanker dan memberikan kesempatan terbesar untuk Anda agar sembuh dari kanker.

Kapan harus menjalani mastektomi

Mastektomi bisa dilakukan di tahap awal kanker payudara, dimana benjolan atau bagian kanker yang diangkat (breast-conserving surgery) bersamaan dengan terapi radiasi.

Efek samping mastektomi kanker payudara

Komplikasi akibat mastektomi dapat meliputi infeksi, pendarahan, penyembuhan luka yang buruk, atau reaksi alergi terhadap anestesi yang digunakan selama operasi.

Darah atau cairan bening juga bisa terkonsentrasi di luka bekas operasi dan ini perlu dikeringkan. Anda mungkin mengalami nyeri, sakit, kesemutan, atau mati rasa.

Jika Anda menjalani pengangkatan kelenjar getah bening di bawah lengan, ada kemungkinan menderita lymphedema (pembengkakan lengan) akibat cairan tidak bisa mengalir keluar dari jaringan melalui sistem getah bening (karena telah dihapus).

Baca: Cara mencegah lymphedema

Beritahu dokter atau perawat Anda segera jika Anda mengalami pembengkakan dan nyeri di lengan Anda di sisi tempat Anda menjalani operasi Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kemoterapi Kanker Payudara: Jenis, Dosis Dan Efek Samping Kemoterapi kanker payudara merupakan pengobatan sitotoksik yang bekerja untuk menghancurkan sel-sel kanker yang bersifat cepat membelah. Dalam kebanyakan kasus, kemoterapi dikombinasi dengan teknik lain seperti bedah mastektomi, […]
  • Kriteria Kanker Payudara Stadium 3 Dan Sistem TNM nya Kanker payudara stadium 3 adalah bentuk kanker payudara ganas yang telah menyebar ke area sekitar, namun belum menyebar lebih jauh ke bagian tubuh lain. Ciri khas kanker payudara stadium 3 ini dilihat dari ukuran dan situs […]
  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]
  • Akromegali Apa itu akromegali? Nama Akromegali berasal dari bahasa Yunani, akro berarti ekstremitas; dan megali bermakna berlebihan. Akromegali adalah kelainan hormonal yang diakibatkan oleh terlalu banyak hormon pertumbuhan (Growth Hormone -GH) […]
  • Hipopituitarisme Apa Itu Hipopituitarisme? Kelenjar pituitari menghasilkan sejumlah hormon atau bahan kimia yang dilepaskan ke dalam darah untuk mengendalikan kelenjar lain di dalam tubuh. Jika hipofisis tidak memproduksi satu atau lebih dari hormon ini, […]