Mastektomi Radikal Modifikasi

Mastektomi Radikal Modifikasi

Mastektomi Radikal Modifikasi (MRM) adalah prosedur operasi breast cancer untuk menyingkirkan semua kanker sebanyak mungkin. Ini merupakan salah satu pengobatan utama untuk breast cancer yang sekarang menjadi terapi bedah standar untuk breast cancer tahap awal.

Ini sangat membantu untuk mengobati breast cancer stadium awal yang telah menyebar ke kelenjar getah bening. Studi menunjukkan bahwa MRM sama efektifnya dengan mastektomi radikal. MRM tidak menghilangkan otot dada seperti pada mastektomi radikal.

Bagaimana prosedur bedah MRM?

Selama prosedur, dokter bedah menghapus kulit, jaringan payu*dar*, areola, puting, dan sebagian besar kelenjar getah bening di bawah lengan. Operasi Mastektomi Radikal Modifikasi memakan waktu sekitar 2 sampai 4 jam. Saat Anda berada di bawah anestesi umum, ahli bedah akan membuat sayatan tunggal di satu sisi dada.

Kulit disayat lalu ditarik ke belakang, dan dokter akan mengeluarkan seluruh jaringan payud4ra, bersamaan dengan lapisan pectoralis. Biasanya, dokter juga akan menghapus beberapa kelenjar getah bening di bawah lengan Anda.

Tujuan dari operasi ini adalah untuk menghilangkan kanker semaksimal mungkin namun masih mempertahankan kulit dan jaringan sebanyak mungkin sehingga Anda dapat melakukan rekonstruksi payu*dar* jika Anda menginginkannya.

Efek samping Mastektomi Radikal Modifikasi

Meskipun penelitian telah menemukan bahwa MRM umumnya aman dan efektif, seperti semua prosedur bedah, dapat memiliki risiko berupa efek sampingan, termasuk:

– Pendarahan
– Infeksi
– Pembengkakan lengan – limfedema
– Seromas, kantung cairan terbentuk di bawah sayatan
– Alergi anestesi umum

Beberapa mengalami mati rasa di lengan atas setelah operasi. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada saraf kecil di daerah dimana kelenjar getah bening diangkat. Namun, rasa nyeri akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Setelah operasi

Setelah operasi MRM, Anda akan tinggal di rumah sakit selama satu atau dua malam. Tabung plastik tipis akan ditempatkan di daerah p4yudara Anda untuk mengalirkan cairan selama +/- 3 minggu. Perawat akan menunjukkan cara merawat dan penggunaannya sampai waktu kontrol berikutnya

Dokter juga akan meresepkan obat pereda rasa sakit yang Anda rasakan setelah operasi pada satu atau dua minggu, Ada kemungkinan Anda akan merasa lelah setelah operasi. Usahakan beristirahat selama 2 minggu sebelum beraktifitas berat.

Adakah terapi tambahan?

Bergantung pada ukuran tumor dan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda menjalani terapi radiasi setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tersisa.

Siapakah yang mendapat mastektomi radikal modifikasi

Perlu diingat, tidak semua wanita dapat manjalani mastektomi radikal yang dimodifikasi, dan ada banyak pilihan operasi untuk breast cancer.

Dokter akan merekomendasikan operasi untuk Anda berdasarkan ukuran tumor, tingkat stadium, dan nilai keganasan kanker. Usia Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan preferensi pribadi akan membantu dokter untuk memutuskan operasi mana yang tepat untuk Anda.

Referensi:

– Manouras, A. Archives of Surgery, June 2008.
– Mayo Clinic: “Modified Radical Mastectomy.”
– Breastcancer.org: “What is Mastectomy?”
– Townsend, C. Sabiston Textbook of Surgery, Saunders Elsevier, 2007.

Mastektomi Radikal Modifikasi
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: