Cara Mencegah Kanker Payudara Utk Wanita Pekerja Shift Malam

Cara Mencegah Kanker Payudara Utk Wanita Pekerja Shift Malam

Pola tidur yang tidak teratur telah ‘secara tegas’ terbukti menyebabkan kanker payudara, bukti terekam dalam sebuah tes pada tikus. Para ilmuwan khawatir efek yang sama dapat terjadi pada wanita yang bekerja shift malam.

Studi besar telah dilakukan oleh peneliti dari National Institute for Public Health and Environment (RIVM), Erasmus University Medical Center dan Leiden University Medical Center, semuanya di Belanda, dan Ludwig-Maximilian University di Jerman, yang didanai oleh RIVM Strategic Programme and the Dutch Ministry of Social Affairs and Employment.

Hasil penelitian diterbitkan dalam sebuah jurnal kedokteran ” The Current Biology” secara terbuka, sehingga bisa diakses bebas secara online

Temuan pada tikus yang terpapar 12 jam cahaya nampaknya mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan antara kerja shift malam dan kanker payudara

Para peneliti merekomendasikan bahwa wanita dengan predisposisi diketahui berisiko tinggi terhadap kanker payudara (seperti memiliki mutasi genetik) harus menghindari kerja shift malam.

Jika Anda bekerja shift malam, Anda dapat menghindari risiko kanker payudara dan kanker lainnya dengan stop merokok, mempertahankan berat badan yang sehat, mengonsumsi makanan seimbang dan sehat, stop alkohol dan berolahraga teratur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausal antara gangguan ritme sirkadian kronis (chronic circadian rhythm disturbance / CCRD) dan peningkatan risiko kanker. CCRD adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gangguan persisten pada siklus jam tubuh, yaitu siklus tidur normal dan siklus bangun.

Pergeseran kerja bisa mengganggu apa yang dikenal sebagai ritme sirkadian – jam tubuh internal. Hal ini dapat mengganggu kerja normal hormon yang disebut melatonin, menyebabkan tidur yang buruk dan kelelahan kronis.

Perputaran kerja shift dan kurangnya tidur berkualitas juga mengganggu produksi insulin, yang berkontribusi pada diabetes tipe 2, obesitas, depresi, dan penyakit jantung.

Tips sehat untuk wanita pekerja shift malam

The Health and Safety Executive memiliki beberapa saran dan panduan untuk wanita yang bekerja shift malam agar terhindar dari risiko kanker payudara, yaitu:

1. Kenali jadwal tidur yang sesuai minimal tujuh jam sehari – mungkin Anda merasa perlu membuat buku harian untuk menilai waktu tidur berkualitas yang sesuai dengan Anda.
2. Cobalah untuk menciptakan lingkungan tidur yang mendukung untuk nyenyak – misalnya gunakan masker mata untuk membantu tidur nyaman di siang hari
3. Buat perubahan pada diet Anda untuk memperbaiki tingkat kewaspadaan dan kualitas pencernaan. Contoh: konsumsi cemilan sehat dalam porsi kecil namun sering selama Anda bekerja di jam shift malam. Ini adalah ide bagus dan lebih baik daripada Anda makan besar dalam satu kali di waktu makan.
4. Batasi penggunaan stimulan seperti minuman berkafein atau minuman berenergi, jangan menggunakan obat penenang tidur karena sementara obat ini mungkin memberi keuntungan jangka pendek, namun obat tidur tidak menolong dalam jangka panjang.
5. Cobalah berolahraga minimal 30 menit sehari

Ada yang lebih penting, yaitu memperbaiki gaya hidup untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk stop mer0kok, menjaga berat badan sehat, diet seimbang yang sehat, hindari alk0hol dan berolahraga teratur.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait