7 Jenis Komplikasi Kemoterapi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Semua obat kanker akan menghasilkan efek samping namun Anda punya cara untuk meringankan gejala. Kuncinya, beritahu dokter Anda tentang masalah yang Anda hadapi, agar dia merekomendasikan perubahan untuk membantu masalah Anda.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin mengubah resep atau menyesuaikan dosis. Meskipun dokter mengubah dosis, namun obat masih tetap bekerja melawan tumor dan tubuh Anda masih bisa mentoleransinya.

Kemoterapi menyebabkan efek samping tapi Anda bisa meringankan gejala. Berikut Adalah beberapa tips dan cara mengatasi efek samping akibat kemoterapi:

1. Cara mengatasi mual dan muntah

Kemoterapi bisa meningkatkan mual perut, mungkin Dokter meresepkan obat anti mual. Ada beberapa obat yang diminum sebelum dan setelah kemoterapi untuk meminimalkan gejala mual atau muntah.

Tips: Buat perubahan dalam diet Anda untuk menenangkan perut, termasuk:

– Makanlah secukupnya saat waktu makan, jangan mengambil porsi besar.
– Makan permen jahe alami
– Jangan makan makanan berminyak, digoreng, sangat asin, terlalu manis, atau pedas.
– Hindari makanan bermicin kuat.
– Penuhi kebutuhan air dan tingkatkan aktifitas sepanjang hari.

Kunjungi ahli akupunktur untuk membantu mengobati mual dan muntah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupuntur bisa mengatasi masalah ini.

2. Cara mengatasi rasa kelelahan

Banyak orang merasa sangat lelah saat menjalani perawatan kanker meskipun bangun tidur.

Tips: gerakkan otot badan Anda.

“Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga teratur setelah perawatan kanker merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi,” kata Virginia Borges, MD, dari University of Colorado-Denver School of Medicine.

Anda tidak perlu olahraga keras, lakukan apa yang kamu bisa. Cobalah jalan cepat, atau olahraga ringan lainnya.

3. Mengatasi rasa nyeri atau kesemutan di tangan dan kaki

Dokter menyebutnya “neuropati perifer.” Ini adalah efek samping dari beberapa obat kemoterapi. Bisa juga terjadi setelah operasi kanker atau radiasi, atau untuk alasan lain, disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Tip: Beritahu dokter Anda segera setelah Anda merasakan gejala. Dia mungkin mengubah dosis obat kanker atau menambahkan obat lain untuk membantu mengatasi masalah ini

4. Kulit tangan atau kaki kemerahan dan mengelupas

Beberapa obat yang mengobati kanker payudara dapat menyebabkan sindrom “tangan-kaki” yang menyakitkan. Ini menyebabkan kemerahan seperti ternakar sinar matahari, dan terkadang kulit mengelupas di telapak tangan atau telapak kaki.

Tip: Gunakan krim emolien beberapa kali sehari. Pada malam hari, kenakan kaus kaki atau sarung tangan sebelum tidur. Suplemen vitamin B6 juga bisa membantu.

5. Mulut dan gusi berdarah

Beberapa jenis kemoterapi bisa menyebabkan mulut berdarah. Radiasi juga bisa menyebabkannya. Mereka menyakitkan dan menyulitkan untuk makan dan minum.

Tips:

– Gunakan sikat gigi yang lembut.
– Hindari pasta gigi whitening atau obat kumur yang bisa mengiritasi luka.

– Hindari makanan pedas atau keripik.
– Hindari minuman asam, seperti jus tomat dan jeruk.
– Minum melalui sedotan.

6. Bengkak di ketiak atau tangan – lymphedema

Jika Anda telah menjalani pengangkatan bedah kelenjar getah bening selama operasi kanker payudara, kemungkinan Anda akan mendapatkan lymphedema, yaitu ada penumpukan cairan di jaringan lemak bawah kulit.

Tips mengatasi pembengkakan:

– Pakailah sarung tangan pelindung saat melakukan pekerjaan atau memasak.
– Gunakan krim antibiotik
– Pakai lengan kompresi saat Anda naik pesawat.
– Hindari angkat berat di sisi yang terkena.

Jika Anda memiliki lymphedema, mintalah dokter untuk merekomendasikan fisioterapi untuk mengatasi pembengkakan dan memberi Anda pakaian kompresi, perban khusus, dan beberapa latihan yang harus dilakukan.

7. Rambut rontok

Beberapa obat kemo membuat Anda kehilangan rambut. Jika Anda mendapat rambut rontok, Anda memiliki pilihan tentang; apakah dan bagaimana menutupi kepala Anda. Tip: Cobalah wig atau topi dingin untuk menutupi kepala Anda.