Ciri-ciri dan Gejala Kanker Payudara Telah Menjalar ke Hati

kanker hati sekunder

Metastasis kanker payudara ke hati adalah kanker payudara stadium 4 yang telah menyebar ke hati, sel–sel kanker di tumor primer melepaskan diri atau membuat salinan dirinya kemudian mengikuti aliran darah atau getah bening hingga sampai ke jaringan hati.

Pada awalnya, kanker masuk ke kelenjar getah bening di dekat ketiak dikenal sebagai kelenjar getah bening aksila. Setelah memasuki sistem limfatik, sel-sel kanker meneruskan perjalanannya hingga mencapai liver (hati;hepar)

Proses penyebaran kanker payudara ke hati

Kanker payudara bermetastasis ke hati adalah secara bertahap, dan mengambil jalur tertentu secara bertahap. Ini adalah:

1. Kalenjar Lokal

Sel kanker menyerang jaringan payudara lokal dan membentuk tumor. Sel kemudian tumbuh menjadi jaringan di sekitarnya.

2. Kelenjar getah bening

Setelah menguasai jaringan lokal, lalu kanker memasuki sistem limfatik di kelenjar getah bening, dan berpindah lebih jauh ke organ lain di tubuh.

3. Sirkulasi darah

Setelah memasuki kelenjar getah bening, kanker bergerak melalui aliran darah ke organ jauh, termasuk paru-paru, hati, otak, dan tulang.

4. Menyerang Hati

Begitu sel kanker payudara mencapai hati, mereka menyerang pembuluh darah untuk mendapatkan suplay makanan agar tumbuh berkembang menjadi kanker hati sekunder.

Tanda dan gejala metastasis kanker payudara ke hati

Sulit untuk mengetahui tanda-tanda awal dari kanker payudara metastatik karena mereka tumbuh, diam dan belum membuat reaksi di dalam tubuh.

Seiring pertumbuhan kanker dan berjalannya waktu, Anda mungkin mengalami pembengkakan hati, ciri-cirinya berikut:

– Perut buncit terisi cairan (asites)
– Kurang nafsu makan
– Kehilangan berat badan
– Urin gelap
– Kulit kuning (penyakit kuning)
– Sakit bahu kanan
– Mual dan muntah
– Nyeri perut bagian atas
– Perut atas bagian kanan seperti mengganjal
– Demam, menggigil, berkeringat
– Kebingungan

Dengan sedikit mengetahui gejala, ini dapat membantu Anda menemukan dan mengobati kanker payudara yang telah bermetastasis ke hati sejak dini dan memperlambat perkembangan penyakit kanker hati sekunder.

Pengobatan

Kebanyakan orang dengan kanker payudara sekunder di hati menerima obat antikanker.

1. Pengeringan cairan dari perut Anda

Jika Anda memiliki banyak cairan di perut (asites), ini bisa dikeringkan dengan menggunakan jarum parasentesis.

2. Steroid

Steroid juga bisa membantu untuk mengobati beberapa gejala kanker sekunder di hati, seperti dexamethasone dan prednisolone.

3. Obat penghilang rasa sakit

Jenis obat penghilang rasa sakit akan diresepkan dokter disesuaikan dengan tingkat rasa sakit yang Anda miliki.

4. Pembedahan atau radioterapi

Pembedahan dan radioterapi biasanya kurang digunakan untuk mengobati kanker hati sekunder karena cenderung kembali setelahnya.

Salah satu jenis operasi yang sering digunakan adalah ablasi frekuensi radio. Alat ini membuat panas yang dihasilkan oleh gelombang radio untuk membunuh sel kanker.

Jika operasi atau perawatan lain merupakan pilihan untuk kanker Anda, hubungi ahli onkologi atau ahli bedah, mereka akan menjelaskan risiko dan manfaatnya bagi Anda.

Jika Anda ditawari operasi, ahli onkologi akan menjelaskan efek samping yang mungkin Anda alami. Beberapa operasi hati dapat dilakukan dengan menggunakan laparoskopi (bedah lubang kunci) karena efek samping lebih sedikit daripada operasi terbuka.

Harapan hidup kanker payudara metastasis

Saat kanker payudara bermetastasis ke hati, sekitar 37 persen wanita hidup minimal 3 tahun setelah metastasis didiagnosis. Namun, ada kasus wanita yang hidup selama 10 tahun. Terapi hormon terbaru menjadi harapan besar atas peningkatan harapan hidup untuk para penyandang kanker payudara stadium 4.