Studi: Cara Minyak Zaitun Membunuh Sel-Sel Kanker Payudara HER Positif

Minyak zaitun mengandung bahan fitokimia yang melawan sel-sel kanker payudara dan menyebabkan opoptosis sel kanker terutama kanker payudara tipe HER Positif. Minyak zaitun bekerja mirip obat Herceptin yang mereduksi tingkat konsentrasi protein HER2.

Daily Express melaporkan, minyak zaitun extra virgin mengandung bahan kimia pembunuh tumor yang membuat sel kanker payudara merusak dirinya sendiri (opoptosis). Menurut laporan tersebut, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ada sebuah zat dalam minyak zaitun bekerja dengan cara yang mirip dengan obat Herceptin dengan mengurangi konsentrasi protein HER2, dimana protein ini adalah pemicu kanker payudara HER2 positif untuk tumbuh.

Efek minyak zaitun terhadap opoptosis sel-sel kanker

Dr Javier Menendez dan rekan-rekannya dari Catalan Institute of Oncology dan akademis lainnya di Catalonia, Spanyol, melakukan penelitian ini. Penelitian ini didukung dan didanai oleh Instituto de Salud Carlos III, kemudian dipublikasikan dalam jurnal medis BMC Cancer medical.

HER2 adalah protein yang ditemukan di permukaan beberapa sel kanker, termasuk kanker payudara. Protein ini dapat mengikat molekul lain (dikenal sebagai faktor pertumbuhan epidermal manusia), yang kemudian mendorong pertumbuhan dan replikasi sel tumor. Tidak semua kanker payudara memiliki protein HER2 di permukaannya; Diperkirakan satu dari lima wanita dengan kanker payudara akan memiliki reseptor HER2.

Dalam studi ini, para peneliti meneliti efek minyak zaitun pada pertumbuhan sel kanker payudara di laboratorium. Dengan menggunakan metode yang disebut ekstraksi fasa padat, mereka memindahkan dan memurnikan bahan kimia tertentu yang disebut fenol dari minyak zaitun extra virgin yang kemudian ditambahkan ke media pertumbuhan untuk kanker payudara HER2-positif dan HER2-negatif untuk melihat efek apa yang terjadi.

Beberapa tes laboratorium kemudian dilakukan untuk menentukan seberapa cepat sel tumor tumbuh, aktivitas metaboliknya, dan apakah fenol menyebabkan kematian sel, apakah fenol bisa mengurangi akitifitas kadar protein HER2 dan apakah fenol berpengaruh terhadap tingkat kadar protein HER2

Apa hasil penelitiannya? Para peneliti menemukan bahwa beberapa senyawa fenolik tunggal (termasuk hydroxytyrosol, tyrosol dan lainnya) dan semua polifenol (beberapa fenol digabungkan) dari minyak zaitun extra virgin menginduksi “efek tumouricidal yang kuat” pada sel kanker payudara yang memiliki protein HER2 di permukaannya. Fenol juga mengurangi kadar protein HER2 dan aktivasinya.

Minyak Zaitun Mendegradasi Sel Kanker Payudara

Para peneliti menyimpulkan bahwa fenol dalam minyak zaitun memiliki kemampuan untuk menyebabkan degradasi protein HER2 pada sel kanker payudara. Ini mungkin berarti mereka dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang agen penargetan baru untuk kanker payudara HER2

Studi ini menemukan bahwa fenol yang diambil dari minyak zaitun extra virgin memiliki efek pada sel kanker payudara HER2 positif dengan mempengaruhi proliferasi dan kultur hidup sel kanker.

Properti ini sebagian dapat membantu menjelaskan mengapa makanan Mediterania yang kaya minyak zaitun dapat menawarkan beberapa perlindungan dari kanker ganas, walaupun para periset melaporkan bahwa hasil dari efek perlindungan ini saling bertentangan.

Akan tetapi, temuan ini menarik bagi komunitas ilmiah, namun masih ada beberapa langkah penting dalam meneliti lebih dekat sebelum dikonfirmasi bahwa makanan yang kaya minyak zaitun dapat melindungi dari kanker payudara.

Cara mengonsumsi minyak zaitun untuk kanker payudara

Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun extra virgin per hari untuk diet Anda. Tambahkan ke salad atau oleskan minyak zaitun pada ikan, daging atau sayuran sebelum memanggang atau menumis, atau tambahkan minyak zaitun di roti bakar pagi Anda.

Kini, ilmuwan di seluruh dunia berlomba menemukan terobosan baru dalam penelitian terhadap kanker payudara. Meskipun banyak silang pendapat dari para ilmuwan terkait bagaimana minyak zaitun mengurangi risiko kanker payudara. Tapi satu catatan: Diet Mediterania dan konsumsi minyak zaitun extra virgin memang terbukti membantu mengurangi protein HER2 sebagai faktor risiko dan pemicu kanker payudara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!