Patofisiologi Dan Proses Terjadinya Sel-Sel Kanker Payudara

Patofisiologi kanker payudara - mutasi DNA

Patofisiologi Kanker Payudara. Ada triliunan sel dalam tubuh. Sel-sel ini memiliki siklus yang diatur secara ketat oleh DNA terkait pertumbuhan, kematangan, pembelahan dan kematian sel-sel tersebut.

Sel normal anak-anak membelah lebih cepat untuk memungkinkan seseorang bisa tumbuh dewasa. Setelah sel dewasa, mereka membelah dan mengganti sel-sel yang sudah usang atau memperbaiki luka.

Pembelahan dan pertumbuhan sel ini dikendalikan oleh 2 peran, yaitu sebuah blue print seluler atau dikenal sebagai DNA; dan gen yang berada di dalam inti sel.

Mekanisme dan proses terjadinya sel-sel kanker

Bagaimana sel normal berubah menjadi sel-sel kanker? Sel normal bisa menjadi sel kanker jika mengalami kerusakan pada DNA.

DNA berperan penting dalam mengatur siklus pertumbuhan dan kematian sel. Jadi, perubahan atau kerusakan DNA akan mempengaruhi sel.

Bagi sebagian kasus, jika DNA rusak maka sel akan memperbaiki kerusakan tersebut atau sel-sel itu mati. Pada sel kanker, DNA yang rusak tidak bisa diperbaiki dan membuat sel normal menjadi sel abnormal, atau melahirkan sel-sel kanker yang baru.

DNA yang rusak akibat mutasi bisa diwariskan dari orang tua atau saudara. Kerusakan DNA juga bisa terjadi akibat paparan toksin seperti rokok, alkohol dll.

Sifat-sifat sel kanker

Kanker dimulai saat sel-sel di bagian tubuh mulai tumbuh tak terkendali. Semua jenis kanker, terlepas dari asal-usulnya, terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yg berujung pada pembentukan tumor dan lesi.

Selain itu, sel kanker tersebut memiliki beberapa sifat unik seperti:

– Mereka memiliki rentang hidup yang lebih panjang dan terus tumbuh, membentuk sel baru yang tidak normal
– Sel kanker bersifat menyerang jaringan lain atau menyebar, disebut metastasis.
– Sel kanker menjadi tumor dipasok oleh jaringan pembuluh darah baru yang disebut angiogenesis. Pembuluh darah angiogenesis ini sangat unik dalam menjaga suplai darah dan suplai nutrisi ke semua sel-sel kanker.

Patofisiologi Kanker Payudara

Kanker payudara adalah tumor ganas yang dimulai di sel-sel abnormal. Seperti kanker lainnya, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Kerusakan DNA dan mutasi genetik menyebabkan kanker payudara dikaitkan secara eksperimental dengan paparan estrogen.

Beberapa individu mewarisi cacat pada DNA dan gen seperti BRCA1, BRCA2 dan P53. Mereka yang memiliki riwayat keluarga atau memiliki orang tua atau saudara dengan kanker ovarium atau kanker payudara, dia akan berisiko mengalami kanker payudara.

Salah satu tugas dari sistem kekebalan tubuh adalah mencari sel-sel kanker dan sel-sel DNA yang rusak, kemudian menghancurkannya. Kanker payudara mungkin akibat dari kegagalan pertahanan dan pengawasan dari sistem kekebalan tubuh yang tidak efektif.

Kanker payudara juga bisa dipicu oleh kekacauan di beberapa sistem sinyal dari faktor pertumbuhan dan mediator lain terkait sel stroma dan sel epitel.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait