Mastitis Karsinomatosa

Mastitis Karsinomatosa

Wanita dengan kanker payudara keluar nanah atau darah, atau cairan lainnya, terkait dengan 2 keadaan, yaitu Mastitis Karsinomatosa atau Kanker payudara duktal invasif

Mastitis Karsinimatosa menyumbang 1 sampai 4 persen dari semua kasus kanker payudara. Hanya 3 sampai 6 persen pasien bertahan selama 5 tahun, dan sejumlah besar pasien meninggal dalam waktu 1 sampai 2 tahun.

Berdasar penelitian para ahli, embolis tumor pada limfatik kulit payudara adalah dasar patohistologis dari penyakit fatal ini. Dengan demikian konsekuensinya terlihat pada semua tanda klinis, dan memiliki prognosis sangat buruk.

Apa itu Mastitis Karsinomatosa

Mastitis Karsinomatosa (karsinoma inflamasi) adalah bentuk kanker payudara metastasis yang jarang terjadi dengan penyebaran yang cepat, generalisasi dan diseminasi ke organ vital lain yang mengancam jiwa.

Gejala Mastitis Karsinimatosa

Secara klinis, gejala kanker payudara mastitis karsinomatosa ditandai puting keluar cairan darah atau nanah, hangat, lembut dan nyeri. Kulitnya menebal dan berair dengan tampilan warna orange terlihat jelas. Kadang, terjadi pelepuhan atau lepasnya puting susu.

Kanker payudara duktal invasif

Kanker payudara duktal invasif adalah kanker payudara yang berasal dari sel yang melapisi saluran payudara yang mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya, dan berpotensi menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Gejala Kanker payudara duktal invasif (IDC)

Gejala potensial dari IDC yang harus diperiksa dalam pemeriksaan sendiri meliputi:

– Perubahan ukuran atau bentuk
– Ada benjolan di daerah payud4ra atau ketiak
– Penebalan kulit p4yudara
– Perubahan tampilan puting yang berbeda dengan biasa
– Payudara keluar nanah atau darah, atau cairan
– Ruam atau kemerahan
– Nyeri atau bengkak di payudara, puting atau ketiak

Skrining untuk kanker payudara duktal invasif dan mastitis karsinomatosa

Kanker payudara dapat dideteksi pada skrining rutin sebelum timbul gejala dan beberapa wanita didiagnosis dengan kanker payudara duktal invasif atau mastitis karsinimatosa setelah menjalani skrining, meskipun tidak ada gejala seperti yang dijelaskan di atas.

Skrining secara fisik termasuk: mammogram, ultrasound, needle aspiration dan / atau biopsi.

Pengobatan

Untuk menentukan pengobatan yang paling tepat, dokter umumnya mempertimbangkan stadium kanker, grade dan status reseptor.

Dokter juga akan memeriksa apakah sel kanker payudara telah menyebar ke kelenjar getah bening di bawah lengan dan mungkin mengambil sampel kelenjar getah bening atau mengeluarkan semua nodus (kelenjar getah bening).

Terapi adjuvant atau tambahan seperti kemoterapi, radioterapi, terapi hormon bisa ditargetkan kepada pasien setelah operasi, untuk mengurangi risiko sel kanker payudara kambuh kembali di posisi yang sama, atau menyebar ke tempat lain di tubuh.

1. Kemoterapi, yang dikenal sebagai kemoterapi neo-ajuvan, dapat diberikan sebelum operasi.
2. Pasien yang menjalani operasi, akan diberi radioterapi untuk mengurangi risiko kanker kambuh kembali.
3. Mereka yang menjalani mastektomi juga dapat diberikan radioterapi jika ada risiko tinggi bahwa sel kanker mungkin tertinggal atau ketika sel kanker ditemukan di kelenjar getah bening.
4. Terapi hormonal. Obat penghambat hormon seperti tamoxifen, dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan kanker

Terapi yang ditargetkan seperti trastuzumab (Herceptin) dapat ditawarkan kepada individu yang positif HER2, yang dapat dipastikan melalui pengujian jaringan selama biopsi atau operasi.

Sumber Referensi

http://www.cancerresearchuk.org/cancer-help/type/breast-cancer/about/types/invasive-ductal-breast-cancer
http://www.hopkinsmedicine.org/avon_foundation_breast_center/breast_cancers_other_conditions/invasive_ductal_carcinoma.html
http://www.cancerresearchuk.org/cancer-help/type/breast-cancer/about/types/invasive-ductal-breast-cancer
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17977400

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Kanker Payudara Inflamasi? Kanker payudara inflamasi (IBC) adalah jenis kanker payudara langka dan ganas yang cepat tumbuh. Peradangan disebabkan karena sel kanker menghalangi saluran limfa kecil di payudara dan kulit. Saluran getah bening adalah bagian dari […]
  • Paget’s Disease Penyakit kanker paget payudara, atau penyakit Paget puting susu – adalah jenis kanker payudara dimana sel kanker terkumpul di dalam atau di sekitar puting susu. Perjalanan sel kanker biasanya dimulai saluran puting terlebih dahulu, […]
  • Apa Itu Kanker Payudara Lokal Invasif Kanker payudara lokal stadium lanjut juga disebut sebagai kanker payudara lokal invasif (kanker ganas). Tidak ada definisi khusus untuk kanker mammae tipe ini, namun ada beberapa elemen umum yang diidentifikasi selama diagnosis. […]
  • Ektasia Duktus Apa itu Ektasia Duktus? Ektasia duktus adalah salah satu jenis dari tumor payudara jinak yang tidak berbahaya (bukan kanker) akibat oleh perubahan normal yang terjadi seiring bertambahnya usia, atau adanya infeksi di saluran duktus. […]
  • Adenoma Prolaktinoma Apa itu Prolaktinoma? Prolaktinoma adalah tumor penghasil prolaktin di kelenjar pituitari. Yakinlah bahwa ini adalah tumor jinak, dan bukan tumor atau kanker otak Dokter menggunakan kata 'tumor', 'adenoma' atau 'growth' yang berarti […]