Jika Muncul Ciri-Ciri Ini, Lakukan Pencegahan Kanker Payudara Segera!

Jika Muncul Ciri-Ciri Ini, Lakukan Pencegahan Kanker Payudara Segera!

Pencegahan kanker payudara dan waspada. Kewaspadaan terhadap bahaya kanker payudara merupakan gerakan kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengurangi stigma terkait dengan gejala dan pengobatan.

Jika kasus kanker payudara dapat dideteksi lebih awal, ini adalah kesempatan memulai perawatan sebelum kanker menyebar dan menjadi perhatian serius.

Cara yang paling umum untuk mendeteksi potensi masalah adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dengan mempelajari setiap gejala dan tanda-tanda kanker payudara termasuk perubahan struktur, nuansa dan penampilan payudara mereka.

Di Indonesia, kanker payudara adalah penyakit kanker umum kedua setelah kanker serviks, dan penyebab utama kematian kedua setelah kanker paru-paru.

Mayoritas individu yang menderita kanker payudara berusia di atas 50 tahun, namun risiko juga untuk wanita yang lebih muda.Pada kesempatan langka, pria pun bisa mendapatkan penyakit ini.

Oleh sebab itu, mengenal gejala, tanda-tanda, maupun ciri-ciri penyakit adalah langkah terbaik dalam usaha pencegahan kanker payudara sejak dini.

Ciri-ciri kanker payudara

Tanda-tanda dan ciri-ciri kanker payudara yang bisa diidentifikasi antara lain:

1. Benjolan di payudara yang menempel pada kulit di atasnya atau dinding dada dan struktur di dalamnya.
2. Ada jaringan menebal di atas kulit.
3. Terjadi perubahan ukuran atau bentuk salah satu atau kedua nya.
4. Perubahan bentuk kulit terutama saat lengan diangkat atau bergerak dan perubahan warna kulit yang disebut Peau d’oranye atau penampilan kulit jeruk.
5. Perubahan bentuk dan penampilan salah satu atau kedua puting susu. Saat mengangkat kedua lengan ke atas, posisi puting bisa menyimpang.
6. Mengeluarkan cairan kuning, hijau atau merah darah dari satu atau kedua puting susu.
7. Terjadi Ruam atau luka di sekitar puting susu.
8. Muncul benjolan di ketiak akibat pembengkakan kelenjar getah bening.
9. Muncul rasa nyeri di salah satu p4yudara atau ketiak saat Anda tidak menstruasi.
10. Pembengkakan lengan samping akibat gangguan kelenjar dan aliran getah bening dari lengan.

Pencegahan

Pencegahan dini menggambarkan setiap tindakan untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Meskipun ada beberapa faktor risiko yang tidak bisa dicegah atau diubah seperti riwayat keluarga kanker payudara, namun beberapa faktor lain bisa Anda lakukan untuk mengurangi tingkat risiko menjadi lebih rendah, seperti

1. Perubahan gaya hidup

Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat diadopsi individu untuk membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara meliputi: hindari penyalahgunaan alkohol dan Stopmerokok

2. Pengendalian berat berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara, terutama setelah menopause. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kadar estrogen, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan karena itu mengurangi risiko kanker payudara. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

4. Tetap menyusui bayi Anda

Studi telah menunjukkan bahwa wanita yang menyusui bayinya cenderung tidak mengembangkan kanker payudara daripada mereka yang tidak menyusui.

Mengapa harus menyusui bayi? Mereka wanita-wanita yang menyusui akan menjaga tingkat estrogen tetap stabil.

5. Diet Kanker payudara

Diet sehat yang kaya akan sayuran, buah, ikan, unggas, dan produk susu rendah lemak dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pada beberapa penelitian

Diet sehat bisa membantu menjaga berat badan tetap sehat, merupakan faktor penting dalam mencegah kanker payudara.

6. Mengenal ciri-ciri kanker payudara lebih awal

Selain perubahan gaya hidup, tindakan penting lain yang dapat dilakukan wanita untuk mencegah risiko kanker payudara adalah mengikuti panduan termasuk melakukan pemeriksaan diri secara rutin, berkonsultasi dengan dokter jika terjadi perubahan.

Jika Anda menemukan benjolan atau perubahan kulit yang tidak biasa, informasikan pada dokter mengenai riwayat keluarga Anda terkait kondisi tersebut.

7. Perawatan dini

Risiko kanker payudara seseorang ditentukan berdasarkan evaluasi faktor-faktor seperti usia, riwayat keluarga, dan temuan dari pemeriksaan fisik atau tes genetik.

Bagi wanita yang terbukti berisiko tinggi karena memiliki: riwayat keluarga kanker payudara yang kuat, mutasi genetik gen BRCA atau telah terbukti memiliki perubahan pra-kanker di payudara, beberapa perawatan utama tersedia adalah operasi pengangkatan payudara (mastektomi) dan obat-obatan.

8. Mastektomi

Mastektomi dapat digunakan untuk mengobati kanker payudara terdiagnosis dan juga mengurangi kemungkinan berkembangnya kondisi pada individu berisiko tinggi.

Dengan menghapus sebanyak mungkin jaringan payudara, mastektomi dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 90%.

Payudara prostesis – seorang individu biasanya dapat memilih untuk melakukan rekonstruksi payudara baik selama atau setelah mastektomi di kemudian hari.

9. Obat-obatan

Pada bulan Juni 2013, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mengumumkan dua obat, tamoxifen dan raloxifene, dapat digunakan untuk mengobati kanker payudara.

NICE menyatakan bahwa perawatan ini dapat membantu menyelamatkan penderita kanker payudara pada sekitar 488.000 untuk wanita berusia 35 tahun ke atas.

Salah satu obat tersebut dapat digunakan oleh wanita yang telah mengalami menopause. Namun, tamoxifen yang harus digunakan oleh wanita yang belum menopause.

Sumber Referensi

http://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/prevention.htm
http://www.cancer.gov/cancertopics/factsheet/Risk/menopausal-hormones/
http://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/prevention.htm
http://www.cancer.gov/cancertopics/factsheet/Risk/menopausal-hormones/
http://www.cancer.org/research/cancerfactsstatistics/
http://www.nhs.uk/Conditions/Cancer-of-the-breast-female/Pages/Prevention.aspx
http://www.mayoclinic.com/health/breast-cancer-prevention/WO00091

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait