Apa Itu Penyakit Mondor Payudara – Mondor’s Disease

Penyakit Mondor

Mondor’s disease atau penyakit Mondor adalah tumor payudara jinak yang sangat langka akibat pembengkakan pembuluh darah di bawah kulit dada atau dinding dada. Pembengkakan ini juga dikenal sebagai tromboflebitis.

Tromboflebitis mempengaruhi pembuluh darah, tapi paling sering muncul di sisi luar payudara atau di bawah puting susu.

Penyebab penyakit mondor

Seringkali tidak jelas apa yang menyebabkan Mondor’s Disease. Bisa jadi, olahraga yang terlalu over, luka, akibat memakai bra ketat dll. Penyakit Mondor bisa menjadi efek samping operasi, atau bisa terjadi setelah biopsi inti.

Meski Mondor’s Disease tidak menyebabkan kanker payudara, pada kesempatan yang sangat langka, bisa jadi pertanda adanya gejala karsinoma mammae.

Penyakit Mondor bersifat non kanker, tidak berbahaya. Meski pun sering terjadi pada wanita, pria pun juga bisa menderita penyakit ini.

Ciri-ciri dan gejala penyakit mondor

Ciri-ciri Mondor’s disease tampak seperti kabel kecil yang panjang di bawah kulit, kadang berwarna merah dan menyakitkan jika disentuh. Seiring waktu, kabel sempit menjadi band yang sangat menyakitkan jika kulit tertarik, atau saat menggerakkan lengan.

Jika lengan diangkat, kulit akan meregang, alur merah seperti kabel dapat dilihat dengan jelas dan lebih terlihat.

Diagnosa

Spesialis di rumah sakit kanker akan memastikan bahwa Anda mungkin menderita Mondor’s Disease setelah pemeriksaan fisik.

Atau, Anda mungkin akan disarankan mammogram dan / atau pemindaian ultrasound untuk membuat diagnosis penyakit mondor.

Pengobatan

Anda biasanya tidak memerlukan perawatan spesifik untuk penyakit Mondor’s Disease karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Rasa sakit biasanya muncul selama beberapa minggu, tapi pembesaran pembuluh seperti kabel tetap ada beberapa bulan sebelum sembuh sama sekali.

Obat anti-inflamasi (baik salep atau sebagai tablet), biasanya bisa meredakan rasa sakit. Rileksasi lengan dan memakai bra yang pas bisa membantu meredakan perasaan ketidaknyamanan.

Meskipun Anda mungkin merasa lega bahwa ini adalah tumor jinak, tapi Anda mungkin masih khawatir dengan resiko kanker payudara.

Memiliki penyakit Mondor’s Disease tidak menyebabkan kanker payudara. Namun, penting untuk segera diobati dan tanyakan ke dokter umum jika Anda melihat ada perubahan lain, setelah diagnosis ditegakkan