Penyebab Benjolan Di Payudara Namun Bukan Gejala Kanker

Ada beberapa bentuk benjolan di payudara yang tidak berbahaya karena bukan gejala kanker payudara, apa yang menyebabkan perubahan ini? Sebagian besar, 90% benjolan payudara bukan akibat kanker payudara.

Beberapa penyebab benjolan di payudara yang bukan gejala kanker payudara seperti tercantum di bawah ini.

Perubahan hormonal

Perubahan hormonal dapat menyebabkan mammae bengkak dan nyeri pada waktu yang berbeda dan sesekali hadir dalam siklus haid. Perubahan ini bukan pertanda kanker payudara dan biasanya tidak memerlukan perawatan.

Perawatan tersedia untuk nyeri mammae akibat hormonal bila diperlukan. Kunjungi dokter untuk informasi lebih lanjut.

Kista

Kista adalah kantung berisi cairan. Kista payudara sering terjadi pada wanita berusia 35 sampai 50 tahun dan pada wanita sedang atau pernah menjalani terapi sulih hormon.

Kista bukan kanker dan tidak akan berubah menjadi kanker. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, kista mungkin mengandung kanker yang tumbuh di dalamnya atau didekatnya. Perubahan ini bisa dilihat pada USG, atau ditemukan setelah cairan kista diambil.

Banyak wanita memiliki kista atau sejumlah kista tanpa menyadarinya, dan ini biasanya tidak memerlukan perawatan.

Beberapa wanita pertama kali mendeteksi kista sebagai benjolan yang menyakitkan dan mereka mungkin memutuskan untuk mengeluarkan cairan jika terasa sakit atau membuat panik.

Mengeluarkan cairan kista dilakukan dengan memasukkan jarum halus ke dalam kista untuk menarik cairan, dan biasanya merupakan prosedur medis sederhana dengan sedikit menimbulkan rasa sakit.

Fibroadenomas

Fibroadenoma mammae adalah benjolan lunak di mammae yang terbentuk dari jaringan fibrosa dan kelenjar. Istilah ‘breast mouse’ juga digunakan untuk merujuk pada fibroadenoma.

Belum diketahui apa yang menyebabkan fibroadenomas. Namun, penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita muda yang muncul pada hari-hari sebelum menstruasi atau tumbuh lebih besar selama kehamilan.

Fibroadenoma bukan kanker dan biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Jika ingin diobati, pengoperasiannya relatif sederhana. Anestesi umum biasanya diperlukan.

Baca: Jenis-Jenis Tumor Payudara Jinak