Prosedur Dan Proses Kemoterapi Kanker Payudara

Proses kemoterapi kanker payudara dilakukan dengan beberapa cara. Untuk kanker payudara, proses pemberian obat kemoterapi biasanya diberikan melalui intravena dan secara obat oral.

1. Proses Kemoterapi secara intravena

Selang kecil yang disebut kannula dimasukkan ke pembuluh darah (biasanya di lengan atau tangan) dan obat kemo yang diencerkan disuntikkan selama periode waktu tertentu, biasanya beberapa menit.

Jika sulit menemukan titik vena, terkadang piranti vena sentral (kateter) digunakan. Berbagai jenis perangkat akses vena sentral sebagai berikut:

2. Proses Kemoterapi dengan Kateter tunneling

Ini bagian dari kemoterapi intravena. Kateter tunneling ditempatkan di bawah kulit, biasa disebut Hickman, adalah selang silikon halus yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah besar melalui potongan kecil di dinding dada Anda.

Kateter tunneling bisa digunakan selama beberapa bulan, yang berarti Anda tidak perlu memakai kanula yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah setiap kali perawatan.

Kateter dimasukkan dengan anestesi lokal atau umum. Setelah perawatan selesai, kateter akan dilepas dengan anestesi lokal.

3. Proses Kemoterapi dengan Kateter sentral perifer

Kateter sentral perifer (PICC – Peripherally inserted central catheter) adalah kateter yang dimasukkan secara intravena ke dalam pembuluh darah di lengan atau di atas siku Anda, menuju ke pembuluh darah besar yang mengarah ke jantung Anda.

4. Proses Kemoterapi dengan Port implan

Port implan (kadang-kadang disebut Portacath) adalah selang tipis dan lembut yang terbuat dari plastik yang bisa dimasukkan ke pembuluh darah (intravena), biasanya di dada atau lengan.

Salah satu ujung selang masuk ke pembuluh darah besar tepat di atas jantung dan ujung lainnya terhubung ke port di bawah kulit.

Obat kemoterapi bisa diberikan langsung ke port dengan menusuknya setiap kali dibutuhkan dengan jarum khusus.

5. Proses Kemoterapi dengan obat oral

Kemoterapi oral adalah obat yang diminum sebagai tablet atau kapsul sebagai sebagian perawatan rumah Anda. Perawat kemoterapi akan memberi tahu Anda kapan harus menggunakan tablet / kapsul kemo dan kapan memberi jeda.

Anda juga akan diberi instruksi cara menyimpan obat kemo oral yang aman di rumah.

6. Proses Kemoterapi dengan alat Elektrokemoterapi

Elektro kemoterapi adalah jenis pengobatan baru dan tidak banyak tersedia, digunakan untuk mengobati kanker payudara yang telah menyebar ke kulit dengan bantuan elektrik.

Kemoterapi disuntikkan baik secara langsung ke daerah kulit yang terkena kanker atau langsung ke dalam aliran darah. Pulsa elektrik digunakan untuk membantu obat kemoterapi berjalan mencapai sel kanker. Begitu berada di dalam sel kanker, kemoterapi akan bekerja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Apa Itu Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide Obat Adriamycin Dan Cyclophosphamide adalah dua jenis obat kemoterapi yang dikombinasi, disebut Kemoterapi AC. Adriamycin dan Cyclophosphamide ini tersedia di beberapa rumah sakit kanker. Tentang manfaat, kapan kemo AC diberikan dan […]
  • Apa Itu Obat Cisplatin? Apa itu obat Cisplatin? Sisplatin atau Cisplatin adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara sekunder, lokal stadium lanjut dan kanker payudara primer. Biasanya, obat sisplatin diberikan dengan kombinasi obat kemo lainnnya. […]
  • Apa Itu Obat Gemcitabine (Gemzar)? Gemsitabin (Gemzar) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara tahap 4 atau kanker payudara stadium lanjut yang telah menyebar di luar payudara. Nama merek Gemzar. Obat kemoterapi gemcitabine biasanya diberikan sebagai […]
  • Apa Itu Obat Docetaxel (Taxotere) Obat docetaxel (Taxotere) adalah obat kemoterapi untuk mengobati kanker payudara primer/lokal yang belum menyebar ke area sekitar mammae, atau belum menjalar ke area getah bening sekitar ketiak. Docetaxel adalah nama obat generik, […]
  • Apa Itu Obat Paclitaxel (Taxol)? Apa itu obat paclitaxel? Bagaimana mekanisme kerja obat paclitaxel? Obat Paklitaksel (Taxol) adalah obat kemo yang digunakan untuk mengobati kanker payudara primer yang belum menyebar termasuk DCIS dan LCIS. Paclitaxel adalah nama obat […]